Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Agar Bayi Tetap Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil – Bagi setiap pasangan yang telah menikah proses kehamilan adalah salah satu momen terpenting dan yang paling membahagiakan dalam hidup. Pada saat hamil para calon ibu sering berhadapan dengan kondisi-kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan, misalnya mual di waktu pagi hari, keinginan makan makanan tertentu (ngidam), lebih sensitif terhadap bau dan lain sebagainya.

Baca juga: 14 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Namun dari semua pengalaman itu terdapat hal utama yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, yaitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan calon bayi agar tetap sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Bagi ibu hamil ternyata kesehatan memiliki efek yang sangat besar terhadap calon buah hati. Untuk itu jika Anda menginginkan buah hati Anda dapat terlahir sehat, Anda pun harus tetap menjaga kesehatan tubuh Anda saat masa kehamilan berlangsung. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda:

 

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Menjaga Pola Makan Sehat
Menjaga pola makan dengan baik serta mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil. Hal ini untuk mendukung masa kehamilan agar tetap dalam kondisi fit dan sehat selama mengandung calon bayi dalam rahim. Para ibu hamil juga diharapkan agar senantiasa mengupayakan dirinya untuk selalu mengonsumsi makanan yang bisa memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna yang memiliki gizi seimbang.

Memiliki Waktu Istirahat Yang Cukup
Seorang ibu hamil harus mendapatkan istirahat yang cukup dalam hal ini agar kesehatan calon bayi dalam kandungannya tetap terjaga. Istirahat yang cukup merupakan langkah atau cara yang tepat untuk menjaga kesehatan ibu hamil sehingga dapat memberikan energi baru setelah melakukan aktifitas yang cukup melelahkan dalam kesehariannya.

Mengendalikan Emosional
Kehamilan dapat memicu berbagai macam kondisi emosional seorang ibu, seperti gembira, bersemangat, hingga gelisah dan lelah. Ibu hamil seringkali merasakan cemas mengenai kondisi bayi dalam kandungan, kemampuan mengasuh, hingga kondisi finansial. Namun, jangan biarkan hal-hal tersebut menyebabkan stres yang berlebihan. Sangat normal jika ibu hamil mengalami perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba merasa ingin menangis. Nikmatilah setiap proses dalam menjaga kehamilan, jangan terlalu memaksakan atau menghakimi diri Anda. Minta dukungan dari keluarga dan pasangan Anda. Jika terjadi perubahan mood menjadi sangat intensif, sebaiknya konsultasi dengan dokter atau psikolog.

Melakukan Pemeriksaan Medis
Lakukan pemeriksaan secara medis pada bidan atau dokter kandungan secara teratur. Kunjungan pertama, umumnya membahas seputar kesehatan ibu hamil dan menentukan usia kehamilan. Pemeriksaan awal kehamilan trimester pertama juga ada kemungkinan untuk mengidentifikasi faktor risiko dan memeriksa kelainan kromosom pada janin. Pemeriksaan kehamilan trimester pertama yang normal yaitu per enam minggu. Jangan malu untuk bertanya mengenai kehamilan atau rencana persalinan nanti pada bidan atau dokter kandungan Anda.

Share:

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *