Tips Memilih Susu Formula Yang Tepat Untuk Si Buah Hati

Memilih susu formula untuk Si Kecil bisa menjadi masalah bagi sebagian orang tua, terutama mereka yang baru. Untuk itu beruntunglah bagi ibu yang produksi ASI sudah mencukupi, baik itu secara langsung maupun dengan ASI perah. Dan bagi ibu yang ASInya tidak mencukupi, atau bahkan tidak keluar sama sekali, sebaiknya tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain untuk memberikan asupan nutrisi kepada Si Buah Hati Anda yaitu dengan memberinya susu formula dengan tepat.
tips memilih susu formula
Image courtesy of Jomphong at freedigitalphotos.net

Jangan sembarangan memberi susu formula kepada Buah Hati Anda, sebab bisa saja Si Buah Hati terkena alergi susu. Pemberian susu formula yang tidak tepat bukannya menyehatkan, tapi hanya akan menambah masalah kesehatan bagi Si Kecil.

Baca juga:  Pentingnya Vaksinasi Terhadap Anak

Bagi ibu yang bingung bagaimana cara memilih susu formula yang tepat untuk Si Buah Hati, silahkan simak beberapa tips memilih susu formula di bawah ini.

Tips Memilih Susu Formula

  • Pilihlah susu formula yang sesuai dengan usia Buah Hati Anda. Saat ini, produk susu formula yang beredar dipasaran sudah dibuat bertingkat sesuai dengan bertambahnya usia anak sehingga kandungan nutrisinya telah disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang anak. Misalnya untuk anak yang baru berusia 3 bulan, pilihlah susu formula untuk anak usia 0-6 bulan dan seterusnya.
  • Pilihlah susu formula yang kandungannya lengkap yaitu terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral serta nutrisi tambahan penting lainnya. Hampir semua produk susu formula yang ada saat ini sudah memenuhi standar angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk bayi, yang membedakan adalah jumlah kandungan mineral dan nutrisi tambahanya. Untuk bayi yang hanya diberikan susu formula maka pilihlah susu formula yang memiliki zat besi (sulfas ferosus) ≥ 4 mg/liter. Adapun untuk nutrisi tambahan yang dianjurkan adalah susu formula yang mengandung DHA (docosahexaenoic acid), ARA (arachidonic acid), prebiotik, dan probiotik.
  • Untuk anak yang alergi dengan susu formula berbahan dasar susu sapi, dapat diberikan susu formula yang terbuat dari kacang kedelai (soy bean formula).
  • Untuk anak yang tidak dapat atau kurang dapat mencerna laktosa sebagai sumber karbohidrat pada susu formula berbahan dasar susu sapi, dapat diberikan susu formula yang bebas laktosa (free lactose formula).
  • Untuk anak yang lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) atau lahir dengan kondisi prematur (kurang bulan), sebaiknya diberikan susu formula khusus untuk bayi BBLR atau prematur (bisa dilihat pada label khusus di kemasan produknya).
  • Untuk anak yang terlahir dengan kondisi khusus seperti penyakit bawaan atau kondisi kelainan fungsi metabolik, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada ahli atau dokter spesialis anak untuk pemilihan susu formula yang tepat.
  • Pilihlah susu formula yang dikeluarkan oleh pabrik yang sudah terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) karena sudah terjamin kualitas dan aman untuk dikonsumsi Buah Hati Anda.
Nah itulah beberapa tips memilih susu formula yang tepat agar tidak salah dalam mencukupi asupan nutrisi Buah Hati Anda. Sebaiknya jangan memaksakan ego untuk memberikan susu formula tertentu, tanpa memperhatikan permasalahan dan tingkat kecocokan susu formula dengan si buah hati. Satu hal yang harus Anda perhatikan, carilah susu formula yang karakteristiknya mirip dengan ASI. Karena pada dasarnya ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan dalam rangka memberikan perawatan terbaik untuk Buah Hati Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *