5 Tips Jitu Memilih Produk Suplemen Yang Tepat

Produk Suplemen – Suplemen menurut definisi BPOM adalah produk yang dimaksudkan guna melengkapi kebutuhan zat gizi makanan yang mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino atau bahan lainnya (berasal dari tumbuhan atau bukan tumbuhan) yang memiliki nilai gizi dan efek fisiologis dalam jumlah terkonsentrasi.  Suplemen dapat berupa vitamin, elemen mineral, atau nutrisi lain seperti asam lemak, asam amino, dan zat esensial lainnya. Misalnya serat. Termasuk didalamnya bahan berkhasiat, yang biasanya berasal dari alam.

produk suplemen

Fungsi suplemen baik vitamin ataupun mineral sejatinya hanyalah untuk melengkapi kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh. Jadi suplemen vitamin sama sekali tak dapat digunakan untuk menggantikan vitamin alami (yang diperoleh dari bahan makanan). Satu jenis makanan mempunyai berbagai jenis kombinasi vitamin dan zat gizi lain (seperti nutrisi utama, mineral, sampai dengan zat antioksidan) yang diperlukan oleh tubuh. Contohnya, Buah jeruk tak hanya kaya vitamin C, tapi juga mengandung asam folat, kalsium, dan serat; kemudian telur selain mengandung tinggi protein juga mengandung vitamin D, E, bahkan vitamin A dan B.

Baca juga: Pentingnya Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Lalu bagaimana memilih produk suplemen yang tepat? Tentunya yang paling berpengaruh selain fungsi, tentu harus mudah diserap dan juga aman dikonsumsi. Untuk itu kita harus dapat memilah produk suplemen yang akan dikonsumsi dengan baik dan tepat. Berikut beberapa tips dalam memilih produk suplemen.

Tips Memilih Produk Suplemen

  1. Pilihlah produk yang telah di chelate-kan, yaitu telah diproses dengan pengikatan molekul sehingga penyarapan di dalam usus menjadi lebih sempurna (dapat diketahui dari komposisi dan informasi produk). Dengan proses ini, dapat dipastikan zat-zat yang terbuang akan minimal.
  2. Pilihlah suplemen multivitamin karena lebih efektif dan juga memudahkan Anda dalam mengonsumsinya.
  3. Pilihlah produk yang telah melalui penelitian yang dapat dipercaya dan telah disetujui oleh FDA, bukan dari kesaksian sejumlah orang.
  4. Pilihlah suplemen yang diproduksi dari bahan alami seperti ekstrak buah-buahan, tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan, dan pengawet.
  5. Bila Anda alergi terhadap zat tertentu, perhatikan pula zat tambahan yang biasa ditambahkan ke dalam suplemen.

Nah itulah 5 tips memilih produk suplemen guna mendapatkan manfaat yang baik dan sesuai dengan kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Perlu diingat bahwa suplemen makanan kesehatan hanya akan menjamin seseorang agar tidak kekurangan zat gizi tersebut, dan tidak serta merta memberikan tingkat kesehatan yang optimal. Hal ini disebabkan karena suplemen tersebut tidak mengandung serat alami dan zat fitokimia yang terdapat dalam makanan yang sebenarnya.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *