Sehat Dengan Sayuran, Buah, dan Tempe

Sayuran, Buah, dan Tempe – Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting dan diharapkan oleh setiap manusia yang hidup. Tak dipungkiri bahwa banyak orang yang selalu berusaha dengan mencoba berbagai macam cara hanya agar tubuh mereka sehat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Pada situasi pengobatan yang semakin mahal seperti sekarang ini, anjuran dalam menjaga kesehatan sebelum sakit pantas untuk diterapkan dan dilaksanakan dengan konsisten.

Ternyata, untuk perawatan kesehatan itu tidak memerlukan biaya tambahan yang cukup mahal, asal tahu bagaimana cara mendayagunakan pola makan yang sehat dengan tepat dan benar. Pola makan yang baik akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menangkal serangan berbagai jenis penyakit. Pola makan yang sehat itu mengacu pada terpenuhinya semua nutrisi yang diperlukan tubuh agar sel-sel tubuh dapat berfungsi secara optimal. Karena itu, kekuatan penyembuhan dari nutrisi yang terkandung semakin terbukti keampuhannya, sebagaimana juga sebaliknya jika kekurangan nutrisi akan sangat mudah terserang berbagai penyakit.

Untuk memperoleh asupan nutrisi yang cukup, kita perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya zat antioksidan yang bermanfaat baik bagi tubuh seperti sayuran, buah, dan tempe. Peranan nutrisi dari ketiga komponen ini sebagai cara mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan, berikut ulasanya:

Pentingnya konsumsi sayuran
Pentingnya konsumsi sayuran
Sayuran merupakan sumber utama vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai pemasok zat pengatur metabolisme tubuh. Dalam sehari kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran berwarna-warni sebanyak kurang lebih 4-5 porsi perhari, satu porsinya setara dengan 60 gram sayuran mentah. Sayuran memiliki nilai gizi dan kekuatan penyembuh yang sangat luar biasa. Kandungan zat antioksidannya yang berlimpah dianggap mampu menghalau berbagai jenis penyakit.

Perlunya konsumsi buah
Perlunya konsumsi buah yang kaya antioksidan
Buah sebagai pendamping sayuran untuk memenuhi nutrisi tubuh kita yang bermanfaat sebagai zat pengatur metabolisme. Selain itu, buah juga sebagai sumber pemasok serat pangan, dan beberapa diantaranya berfungsi sebagai penyembuh, yaitu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, gula darah, mencegah penyebaran sel kanker; sebagai anti biotik, buah menyembuhkan luka lambung, mengurangi serangan rematik, mencegah karies gigi, mencegah diare, dan mengatasi sakit kepala.

Tempe mengandung khasiat yang luar biasa
Tempe mengandung khasiat yang luar biasa
Tempe adalah makanan warisan budaya bangsa yang luar biasa khasiatnya dalam hal kandungan gizi dan potensi baik terhadap kesehatan. Rasanya enak dan harganya terjangkau. Tempe sebagai makanan tradisional masyarakat Jawa yang bahan dasar dari kedelai. Kita tahu bahwa kedelai mengandung protein yang cukup tinggi sehingga bermanfaat dalam memenuhi asupan protein tubuh. Selain tinggi protein, tempe mengandung nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Meskipun dianggap sebagai makanan kelas bawah, tempe memiliki manfaat yang luar biasa dalam memenuhi asupan kebutuhan nutrisi harian tubuh. Oleh karena itu mengkonsumsi tempe dapat mencegah seseorang dari kekurang gizi.

Meskipun ketiga komponen tersebut kelihatannya tidak begitu penting, tapi dengan khasiat yang dimiliki oleh masing-masing perlu kita pertimbangkan sebagai salah satu pilihan untuk menjaga kesehatan sebelum sakit. Tidak ada hal yang tidak mungkin jika kita mau konsisten untuk menjaga kesehatan kita sendiri dengan melakukan bebagai usaha seperti olah raga rutin dan teratur, pola hidup sehat, serta menjaga pola makan yang baik.

[Gambar dipublikasikan oleh: morguefile.com, istockphoto.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *