Rahasia Selalu Sehat & Bugar Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Rahasia Sehat Selama Puasa – Tak terasa bulan Ramadhan kembali tiba, di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, selama sebulan penuh. Di bulan puasa ini tak jarang kita melihat pemandangan orang-orang yang kurang bersemangat dan lemas. Akan tetapi tidak sedikit pula kita memperhatikan, ada beberapa orang yang walau sedang berpuasa terlihat tetap segar bugar. Pada dasarnya tidak ada alasan untuk bermalas-malasan meskipun sedang berpuasa. Justru dengan berpuasa kita harus memiliki semangat untuk melakukan beragam aktifitas positif sehari-hari. Lalu apa yang bisa kita lakukan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan benar dan selalu sehat bugar sepanjang hari? Berikut rahasianya:
rahasia selalu sehat selama puasa
Image courtesy of Faizal Riza at flickr.com (CC)

Baca juga:  5 Rahasia Tubuh Sehat dan Kuat

Saat Sahur

  • Mengkonsumsi buah-buahan saat sahur dapat mencegah dehidrasi dan menjaga kesegaran tubuh di siang hari. Jika Anda lebih suka makan buah tanpa di jus akan lebih bagus karena mengunyah buah segar bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa.
  • Agar tidak lemas di siang hari, usahakan minum susu saat sahur. Susu mengandung nutrisi penting, seperti protein, vitamin, kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, dan lemak sebagai sumber energi tubuh. Kandungan zat besi dalam susu juga dapat mencegah anemia / kekurangan sel darah merah sehingga tubuh tetap sehat dan segar sepanjang hari.
  • Minum air putih secukupnya, tidak kurang dan tidak berlebihan. Air putih membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa, jika sedikit minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan dan begitu sebaliknya minum air berlebihan berdampak sering buang air kecil yang membuat tidak nyaman saat beraktifitas di siang hari.
  • Hindari makanan dan minuman manis yang berlebihan atau terlalu banyak mengandung zat gula. Gula sederhana dalam makanan dan minuman manis membuat gula darah naik seketika, namun seketika pula membuat gula darah turun. Ketidakstabilan angka gula darah ini menyebabkan badan menjadi lemas dan rasa ngantuk usai sahur.
  • Untuk menjaga  kesehatan sistem pencernaan, sebaiknya menghindari hidangan fast-food, gorengan, ataupun makanan yang terlalu pedas. Karena makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan saat berpuasa, seperti sakit perut, mual, perut terasa panas, dan lain sebagainya.

Ketika Sedang Berpuasa

  • Hindari aktifitas fisik berlebihan dan jangan terlalu lama dibawah terik matahari secara langsung. Jika memiliki waktu luang, sempatkan untuk beristirahat dan tidur siang untuk mengganti waktu tidur yang kurang akibat bangun lebih awal ketika sahur. Tidur selama 15 menit saja setelah sholat dzuhur  sudah dapat membangkitkan kembali semangat untuk beraktifitas.
  • Gunakan waktu luang di sore hari untuk melakukan olah raga ringan seperti jalan santai, yoga, ataupun bersepeda bersama keluarga. Hal ini dapat membantu memperlancar peredaran darah dan memberikan kebugaran pada tubuh.
  • Selesaikan semua pekerjaan dengan perlahan tapi pasti dan usahakan untuk tidak menundanya. Jika banyak pekerjaan yang tertunda, pekerjaan menjadi menumpuk dan mungkin bisa membuat Anda stress. Stress  dapat menghabiskan banyak energi, membuat otak lelah, dan tentunya membuat perut terasa lebih cepat lapar.

Waktu Berbuka

  • Ketika waktu buka puasa tiba, biasakan untuk menyegerakan untuk berbuka, jangan suka menundanya. Menyegerakan buka puasa merupakan salah satu sunah rasul yang sebaiknya tidak ditinggalkan.
  • Sebelum berbuka puasa jangan lupa berdoa, karena dengan berdoa insyaallah akan memberikan berkah dan kenikmatan tersendiri saat berbuka.
  • Ketika terpaksa harus berbuka puasa di jalan akibat macet atau pekerjaan, Sebaiknya siapkan dulu sebelum pulang dengan membawa menu ringan seperti ta’jil, air putih, dan makanan buka puasa lainnya. Kurma merupakan makanan ta’jil terbaik untuk memulai berbuka puasa.
  • Makan secukupnya saat berbuka puasa sesuai dengan porsi, dan sebaiknya jangan berlebihan. Dengan mengikuti sunah rasul, cukup makan buah kurma dan minum minuman yang manis, seperti teh, jus buah, susu, atau air mineral untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
  • Berbuka puasalah dengan tenang, kunyah makanan secara perlahan, dan minumlah dengan pelan, agar dengan cara ini sistem pencernaan lebih mudah beradaptasi pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Nah itulah rahasia selalu sehat bugar selama menjalankan ibadah puasa. Berpuasa dengan kesungguhan hati akan memberikan ketenangan batin dan kesehatan jiwa bagi yang menjalankanya. Selamat berpuasa dan semoga sehat selalu!

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *