6 Prinsip Makan Yang Baik dan Sehat Selama Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan momen yang sangat penting sebelum seorang bayi dalam kandungan dilahirkan. Semua orang berharap terutama kaum wanita yang sedang hamil untuk dapat menjalani masa kehamilan yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat pula. Untuk mendapatkan itu semua, diperlukan berbagai macam cara agar kondisi ibu dan calon bayi tetap sehat. Salah satunya adalah menjalankan prinsip makan yang baik selama masa kehamilan dengan melakukan cara dan diet makanan yang sehat. Hal ini tidak hanya membuat ibu hamil sehat dan segar tetapi juga baik untuk perkembangan janin yang sedang dikandungnya.
prinsip makan pada masa kehamilan
Image courtesy of Adamr at freedigitalphotos.net
Pada masa kehamilan salah satu hal penting untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah memiliki pola makan dan cara makan yang baik. Untuk itu, sebaiknya ibu yang sedang hamil mengerti tentang prinsip-prinsip makan yang baik dan sehat selama kehamilan.

Prinsip-Prinsip Makan Yang Baik Selama Kehamilan:

1. Mengetahui nutrisi yang dibutuhkan dengan mengubah pola makan.
Salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil adalah asam folat. Asam folat sendiri memiliki fungsi penting dalam membantu mencegah cacat tabung saraf yang bisa membuat transmisi informasi dari otak berjalan lambat. Zat ini sebaiknya dikonsumsi sebelum hamil dan selama usia trimester pertama. Nutrisi zat folat bisa didapat dari bayam, kacang tanah, jus jeruk, selada, roti gandum,pisang, dan brokoli serta berbagai multivitamin yang mengandung asam folat 400 mcg atau lebih.

 

Selain itu ibu hamil disarankan untuk memperbanyak makan ikan seperti tuna atau salmon. Tetapi sebaiknya jangan mengonsumsi ikan yang mengandung banyak merkuri seperti ikan todak, king makkarel atau ikan hiu karena zat tersebut akan mengendap di tubuh ibu dan bayi.

 

Ubahlah cara makan anda meskipun anda sudah merasa makan dengan baik. Ingat bahwa anda sekarang sedang hamil, maka diet makanan anda harus mengikuti diet makan untuk ibu hamil. Pada masa kehamilan, anda membutuhkan lebih banyak protein, kalori (untuk energy), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi anda juga. Ingat juga, anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.

 

2. Jangan diet selama kehamilan.
Kehamilan bukanlah masa yang tepat untuk melakukan diet karena hanya akan membahayakan ibu dan bayi. Diet selama hamil akan menyebabkan kekurangan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan keduanya. Pertambahan berat badan selama hamil merupakan salah satu tanda yang baik untuk kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang memiliki pola makan baik akan bertambah berat badanya secara bertahap, dan umumnya akan melahirkan bayi yang sehat.

 

3. Makan dengan porsi kecil tapi sering.
Pada trimester pertama biasanya terdapat keluhan mual muntah, cobalah atasi dengan makan  porsi kecil tapi sering , serta hindari makanan pedas dan berminyak. Makanlah beberapa kali setiap empat jam sekali dengan porsi yang kecil, hal ini akan lebih baik daripada makan sekali dengan porsi yang besar. Ingat, meskipun anda tidak lapar tapi bayi anda membutuhkan makanan secara teratur.

 

4. Minum vitamin kehamilan secara teratur.
Minum vitamin kehamilan secara teratur bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin ibu dan bayi selama hamil.  Hal ini karena sumber vitamin yang berasal dari makanan sehari-hari belum tentu cukup untuk memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan selama masa kehamilan, terutama zat besi dan asam folat yang berperan penting dalam perkembangan bayi sehat.

 

5. Minum air yang cukup.
Ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum air 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi selama masa kehamilan. Cairan sendiri diperlukan untuk membangun sel darah merah pada bayi dan juga untuk membantu sistim sirkulasi cairan ketuban. Selain itu cairan juga dibutuhkan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh selama hamil.

 

6. Makan makanan berserat, buah-buahan, dan sayuran
Selama hamil perbanyaklah makan makanan yang mengandung serat tinggi. Buah-buahan dan sayur dapat membantu mengatasi konstipasi selama masa kehamilan.

 

Dengan melakukan prinsip makan yang baik dan sehat selama kehamilan, tak hanya membuat ibu hamil menjadi fit dan segar, tapi juga membantu proses perkembangan janin sehat dalam kandungan. Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya memilih menu sehat dan mengatur pola makan dengan baik demi perkembangan janin yang sedang Anda kandung. Semoga bermanfaat dan kehamilan Anda menjadi masa yang membahagiakan bagi keluarga Anda.
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *