Tingkatkan Kesehatan Tubuh Dengan Posisi Tidur Miring Kiri

Tahukah anda, bahwa posisi tidur miring kiri memiliki banyak manfaat? Dilansir dari beberapa sumber, posisi tidur miring kiri memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat yang bisa anda dapatkan melalui posisi tidur miring kiri.

Baca juga: 15 Cara Hidup Sehat Untuk Mendapatkan Kehidupan Yang Lebih Baik

posisi tidur miring kiri

• Mencegah asam lambung naik
Bagi anda yang menderita asam lambung, mungkin paham betul rasa sakit yang dirasakan jika asam lambung sampai naik ke kerongkongan. Tidur dalam posisi miring kiri, merupakan salah satu cara mencegah supaya asam lambung tidak naik ke kerongkongan. Mengapa bisa demikian?

Tidur dengan posisi miring ke kiri dapat memindahkan asam lambung ke dalam perut dan menghindari dorongan asam lambung ke kerongkongan. Di sisi lain, tidur miring ke kanan justru dapat menaikkan asam lambung dan menimbulkan rasa panas terbakar di kerongkongan. Hal ini dikarenakan pada posisi tidur miring ke kiri, posisi lambung menggantung secara alami, sehingga memiliki ruang yang memadai untuk melakuan pencernaan. Pada posisi ini pula, terjadi penutupan sambungan antara perut dan kerongkongan yang memicu mual dan insomnia.

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri sangat disarankan. Terutama jika anda setelah mengonsumsi makanan pedas. Tidur dengan posisi miring kiri setelah makan pedas dapat mencegah munculnya asam lambung atau perut mulas.

• Mengurangi dengkuran
Apa yang menyebabkan dengkuran? Salah satu penyebab yang memicu dengkuran yaitu karena tidur telentang. Namun pernahkah anda mencoba untuk tidur dengan posisi miring ke kiri? Tidur dengan posisi miring kiri akan mencegah terjadinya dengkuran. Berbeda dengan posisi telentang, di mana akan mendorong otot lidah ke bagian atas mulut yang menyebabkan masalah pernapasan dan berakhir dengan munculnya dengkuran. Sementara itu, tidur miring ke kiri dapat menetralkan posisi tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya dengkuran. Selain itu, tidur dengan posisi miring ke kiri juga bermanfaat mencegah obstructive sleep apnea atau osa.

• Memperbaiki kesehatan pencernaan
Anda ingin sistem penecernaan anda menjadi lebih baik dan sehat? Lakukan tidur dengan posisi miring kiri. Mengapa demikian? Ternyata tidur dengan miring ke kiri mempermudah pergerakan limbah makanan dari usus kecil ke usus besar. Selanjutnya, usus besar akan mengangkut bahan limbah melalui perut sebelah kanan, dan membuangnya ke dalam usus turun terletak di sisi kiri tubuh anda. Selain itu, metabolisme juga mudah bergerak karena meningkatnya gaya gravitasi.

Tidur dengan posisi miring kiri, juga menyebabkan pankreas menggantung secara alami. Hal ini membantu pankreas untuk menghasilkan enzim pankreas supaya bekerja secara maksimal. Sehingga proses penyerapan makanan dan hormon yang dihasilkan lebih efisin.

• Menyehatkan sistem kelenjar getah bening
Jika anda tidur dengan posisi miring kiri, maka anda telah memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk menyaring racun, limbah dalam tubuh, serta cairan getah bening. Posisi tidur miring dapat menyebabkan sisi limfatik sebelah kiri menjadi lebih dominan, sehingga merangsang aliran limbah ke saluran toraks yang terletak di sebelah kiri.

• Meningkatkan sistem sirkulasi darah
Bukan itu saja, karena berdasarkan hasil penelitian, tidur dengan posisi miring kiri juga bermanfaat bagi wanita hamil serta penderita varises. Bagi bumil atau ibu hamil, tidur miring kiri akan mendukung kesehatan janin, jantung, dan ginjal. Hal ini terjadi karena tidur miring kiri membuat aliran darah dan nutrisi menjadi optimal dan sirkulasi darah membaik. Selain itu, posisi ini akan membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan pada bumil, sehingga bisa meminimalisir/mengurangi pembengkakan di kaki serta pergelangan tangan

Bagi penderita varises, tidur miring ke kiri membantu mengambil tekanan dari pembuluh darah besar yang disebut vena cava inferior yang letaknya di sisi kanan tubuh. Vena berfungsi membawa darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

Selain bermanfaat sebagai kesehatan di atas, tidur miring kiri juga bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan limfa, mencegah penyakit punggung dan leher, serta mengurangi tekanan di tulang belakang.

Bagaimana, menarik bukan? Hanya dengan tidur miring kiri, banyak manfaat yang kita dapatkan untuk kesehatan tubuh. Jadi, mulailah untuk membiasakan diri tidur miring ke kiri!

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *