Polifenol Sebagai Antioksidan Kuat

Antioksidan Kuat – Anda pasti pernah mendengar tentang besarnya manfaat zat antioksidan dan betapa pentingnya mereka dalam susunan diet sehat anda, tetapi apakah anda mengetahui tentang senyawa yang disebut polifenol ? Ini adalah super nutrisi gagah berani melawan radikal bebas yang harus terkandung dalam makanan sehari-hari anda – jika anda mengikuti diet sehat. Berikut pembahasan lebih lanjut tentang polifenol dan mengapa anda membutuhkan mereka untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

antioksidan kuat

Polifenol merupakan senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuh-tumbuhan dan bersifat antioksidan kuat. Antioksidan yang pada awalnya dikenal sebagai vitamin P ini memiliki efek antioksidan yang bahkan lebih kuat dibanding vitamin C dan vitamin E. Polifenol ini berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dengan cara mengikat radikal bebas sehingga mencegah proses inflamasi atau peradangan pada sel tubuh. Karenanya polifenol bermanfaat memperlambat penuaan sel dan menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, Alzheimer, dan kanker.

Semua jenis teh – terutama teh hijau – mengandung polifenol dalam bentuk epigallocatechin gallate (EGCG). Kandungan EGCG inilah yang melambungkan nama teh sebagai minuman antikanker dan pencegahan serangan jantung. Sebenarnya teh bukan satu-satunya sumber antioksidan polifenol. Polifenol juga banyak terdapat didalam pangan nabati seperti buah-buahan (apel, anggur, delima, melon, ceri, pir, dan stroberi), sayuran (brokoli,kol, seledri), anggur merah, cokelat, kopi, minyak zaitun, kacang-kacangan (walnut, kedelai, dan kacang tanah), dan serealia. Polifenol umumnya banyak terkandung didalam kulit buah. Beberapa contoh polifenol yang paling dikenal dan sudah terbukti manfaatnya bagi kesehatan adalah katekin dan tannin (terkandung dalam teh dan cokelat), quercetin (dalam apel), resveratrol (dalam anggur), serta isoflavon (dalam kedelai).

Karena efek antioksidannya yang kuat, polifenol mendapat sorotan dari para ahli dunia. Pangan nabati yang kaya polifenol juga meraih popularitas sebagai superfood dalam dunia kesehatan.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *