Perawatan Gigi ini Ampuh Mencegah Gigi Berlubang dan Tetap Sehat

Perawatan Gigi – Apakah Anda pernah mengalami gigi berlubang? Dan bagaimana rasanya? Tentunya gigi berlubang membuat Anda saat makan menjadi tidak nikmat, dan beraktivitas pun tidak semangat.

Perawatan Gigi
Image courtesy of Marc Samsom at flickr.com (CC)

Karena letaknya yang tersembunyi didalam organ mulut membuat gigi jarang mendapatkan perawatan secara rutin. Padahal gigi merupakan salah satu organ penting yang berperan dalam proses pencernaan sebelum makanan masuk kedalam lambung.

Baca juga: Makanan & Minuman Penyebab Gigi Keropos Yang Perlu Anda Ketahui

Oleh karena itu, Anda perlu merawat gigi secara rutin untuk menghindari gigi berlubang dan sakit gigi. Ada beberapa perawatan gigi yang ampuh mencegah gigi berlubang dan tetap sehat, antara lain:

1. Menyikat gigi rutin setiap hari, minimal dua kali sehari.
Menurut American Dental Association, menyikat gigi yang paling baik adalah dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi sebelum tidur penting untuk mencegah bakteri dan kuman berkembang biak pada sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi. Plak gigi yang menempel selama 1×24 jam masih bisa dibersihkan dengan menyikat gigi.

2. Mengganti sikat gigi yang sudah rusak.
Masih berasal dari dari sumber yang sama, disarankan untuk selalu mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Hal ini sangatlah penting, sebab bulu sikat yang sudah mekar dan rusak tidak lagi efektif untuk membersihkan permukaan gigi.

3. Meletakkan sikat gigi dengan posisi sikat berdiri.
Ingat, jangan lupa untuk selalu meletakkan sikat gigi Anda dengan posisi berdiri agar bulunya selalu kering dan tidak lembab.

4. Menyikat gigi dengan menggunakan pasta.
Pasta gigi yang mengandung zat fluoride terbukti ampuh melindungi gigi dari serangan asam yang dihasilkan dari olahan kuman yang dapat membuat gigi menjadi keropos. Dan tentunya gunakanlah pasta secukupnya serta tidak berlebihan untuk menghindari efek negatif fluoride terhadap kesehatan.

5. Melakukan perawatan pit dan fissure sealant.
Pit dan fissure sealant adalah salah satu perawatan yang melapisi permukaan gigi yang belum berlubang dengan menggunakan bahan tambalan yang melepas fluor. Penelitian menunjukan bahwa, perawatan ini lebih efektif dibandingkan dengan pemberian fluor yang dioleskan setiap enam bulan sekali. Selain itu, perawatan ini juga paling baik untuk mencegah kerusakan pada permukaan gigi geraham.

6. Rutin untuk selalu membersihkan karang gigi.
Perawatan yang satu ini bermanfaat untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang menempel pada permukaan gigi. Membersihkan karang gigi sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali. Jika Anda sudah melakukan perawatan ini, besar kemungkinan gigi Anda akan bebas dari masalah gigi selama enam bulan. Untuk melakukan perawatan ini biasanya diperlukan waktu sekitar 30-45 menit. Untuk mempercepat proses perawatan ini, sebaiknya menyikat gigi hingga bersih terlebih dahulu.

Bila Anda ingin terhindar dari gigi berlubang dan mendapatkan gigi yang bersih dan sehat, perawatan gigi diatas cukup ampuh dan patut Anda coba. Bagi Anda yang masih memiliki masalah gigi berlubang atau sisa akar, maka diperlukan perawatan tambal, pembukaan saluran akar, hingga cabut gigi terlebih dahulu.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *