Olah Raga Ringan Dikantor Agar Tubuh Tetap Segar dan Bugar

Tetap Segar dan Bugar – Sebagai seorang pekerja kantoran, rutinitas harian dan setumpuk pekerjaan di kantor akan membuat tubuh menjadi lelah. Selain itu, menghabiskan waktu di depan computer dalam waktu yang lama dapat menimbulkan rasa kaku di beberapa bagian tubuh, terutama daerah sekitar punggung dan leher. Tidak hanya itu, posisi tubuh yang kurang baik juga bisa membuat otot tidak seimbang, sehingga menimbulkan rasa pegal pada bagian tertentu.

tetap sehat dan bugar

 

Agar tubuh tetap bugar, sebaiknya peregangan otot dilakukan secara periodik saat bekerja di kantor. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan peregangan adalah sekali setiap 1,5 jam. Sebenarnya tidak butuh waktu lama, cukup luangkan waktu 5 sampai 10 menit saja. Hal ini sudah di anggap cukup untuk mendapatkan kebugaran tubuh kembali. Duduk selama berjam-jam di kantor dapat membuat posisi kedua bahu membungkuk ke depan, Otot-otot perut menjadi kendur, dan tulang punggung melengkung.

Selain itu efek negatif lainnya juga bisa terjadi pada organ penglihatan (mata). Apalagi, umumnya bekerja dikantor mengharuskan seseorang berinteraksi langsung dengan perangkat computer. Bagi yang memiliki masalah penglihatan, menggunakan komputer secara terus-menerus akan berdampak lebih buruk. Hal ini disebabkan karena adanya radiasi komputer dan kelelahan pada organ mata.

Untuk tetap menjaga kesehatan mata, setiap 1,5 jam sebaikya mata harus melihat kearah depan dengan jarak pandang minimal 6 meter. Atau melihat kearah luar ruangan sambil memandang tumbuh-tumbuhan hijau yang dapat menyegarkan mata.

Setelah menyadari bahwa olah raga dikantor itu penting, maka mulailah melakukan latihan-latihan ringan dengan meregangkan otot-otot tubuh. Untuk memulai berolahraga sebaiknya lakukan pernapasan yang dalam untuk merelakskan tubuh dan pikiran. Berikut gerakan-gerakan ringan yang dapat memberikan energi baru saat anda mulai terasa lelah dikantor:

Melakukan peregangan

  • Pertemukan kedua telapak tangan kanan dan kiri dengan ujung jari mengarah keatas. Posisi siku ditekuk dan diangkat keatas sejajar dengan bahu. Lalu tekan telapak tangan secara bergantian, ke kiri kemudian ke kanan dan sebaliknya.
  • Duduk tegak di kursi. Letakkan tangan kiri di samping pinggul kiri. Putar badan ke kiri, tahan 3-4 detik. Ulangi pada sisi sebaliknya. Lakukan 5-8 kali.

Melenturkan otot tangan

  • Duduk tegak dikursi. Gunakan botol air mineral yang penuh terisi air sebagai barbell. Angkat tangan kanan sambil memegang botol air mineral. Lengan merapat badan, posisi tangan ditekuk. Gerakkan hingga mendekati pundak. Ulangi 5-6 kali. Selanjutnya lakukan dengan tangan kiri.
  • Pegang sebotol air mineral di tangan kanan. Angkat tangan hingga belakang kepala. Posisi siku ditekuk. Secara perlahan, tarik tangan ke atas hingga lurus. Ulangi 5-6 kali. Kemudian lakukan gerakan serupa pada tangan kiri.

Melenturkan otot kaki, pinggul, dan paha

  • Duduk tegak dikursi. Tahan perut ke dalam. Luruskan kaki kanan hingga sejajar pinggul. Tahan 3-4 detik. Lakukan gerakan serupa pada kaki kiri. Kemudian ulangi 5-8 kali secara bergantian.
  • Masih dalam posisi duduk tegak, angkat kaki kanan beberapa sentimeter dari lantai. Posisi lutut tertekuk. Tahan 3-4 detik. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri. Ulangi 5-8 kali secara bergantian.

[Sumber: Nirmala, Gambar dipublikasikan oleh: istockphoto.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *