13 Obat Alami Ampuh Mangatasi Asam urat dan Pembengkakan

Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis radang yang menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan peradangan pada sendi. Hal ini dapat mempengaruhi bagian tubuh lain yang berbeda seperti telinga, pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan sendi kecil pada tangan. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh akan menyebabkan gout, tetapi ada juga beberapa penyebab lain termasuk kurang olahraga, tingginya tingkat konsumsi alkohol, stres, asupan protein yang berlebihan, dan juga faktor genetik. Penyakit asam urat juga terkait terhadap kondisi tubuh lainnya, yang lebih serius terhadap masalah kesehatan sehingga Anda harus mencari perawatan medis yang tepat. Tapi mencoba pengobatan menggunakan obat alami di rumah untuk penyakit asam urat akan dapat membantu meringankan gejala-gejala yang timbul. Berikut Obat Alami Asam urat dan pembengkakan beserta penjelasanya.

obat alami asam urat
Image courtesy of Ellen Macdonald at flickr.com (CC)

1. Ceri

Ceri mengandung zat antioksidan tinggi, yang baik untuk pengobatan penyakit asam urat. Kandungan senyawa anthocyanin  dalam ceri juga membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Cobalah untuk makan 15 sampai 20 ceri sehari agar anda terhindar dari yang namanya penyakit asam urat.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang baik dan dapat digunakan untuk pengobatan asam urat dalam berbagai cara. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampurkan jahe kedalam makanan sehari-hari saat memasak. Cara lainnya, Anda dapat menambahkan setengah sendok teh jahe kedalam air mendidih, dan meminumnya setelah dingin.

3. Air Putih

Jika Anda menderita sakit asam urat dan bengkak, konsumsilah air putih yang banyak. Air putih dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi dan membantu mendorong mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh melalui urin dan keringat.

4. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu obat alami yang baik untuk penyakit asam urat dan bengkak. Keasaman dalam cuka membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Tambahkan satu sendok teh cuka apel kedalam segelas air dan minum dua sampai tiga kali sehari.

5. Air Dingin

Rasa dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan. Oleskan pada bagian yang bermasalah dengan air dingin, hal ini untuk menghilangkan rasa sakit daripada menggunakan es batu. Es dapat merusak kulit dan membuat kondisi lebih buruk.

6. Pisang

Tingkat kadar kalium yang tinggi dalam pisang mampu mengkonversi kristal asam urat dalam tubuh menjadi cair, yang kemudian akan keluar melalui proses buang air kecil. Pisang juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Coba tambahkan satu atau dua buah pisang dalam menu makanan harian Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh supaya terhindar dari penyakit asam urat atau gout.

Baca:  12 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

7. Soda Kue

Soda kue dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama penyakit asam urat, dan meredakan nyeri asam urat. Campur setengah sendok teh ke dalam segelas air dan minum empat kali sehari selama dua minggu, tiga kali sehari bagi Anda yang berusia diatas 60 tahun.

8. Arang aktif

Arang aktif dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi nyeri. Arang menyerap asam urat, yang akan membantu mengurangi efek buruk penyakit asam urat pada tubuh. Campurkan setengah cangkir bubuk arang kedalam air bak mandi dan gunakan untuk berendam atau membuat pasta kemudian balurkan pada bagian tubuh yang bermasalah untuk menghilangkan rasa nyeri.

9. Garam Epsom

Garam Epsom mengandung kadar magnesium tinggi, yang bekerja untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Rendam bagian tubuh yang sakit ke dalam campuran garam Epsom dan air hangat untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

10. Olahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi tingkat asam urat dalam tubuh dengan menormalkan kadar insulin. Dengan olahraga juga akan membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan komplikasi rasa nyeri dan pembengkakan (flare-up).

11. Apel

Satu apel sehari membuat Anda tidak perlu kedokter, terutama ketika Anda memiliki asam urat. Apel mengandung asam malat, yang bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Asam malat bekerja dengan mengurangi pembengkakan dan membantu menghilangkan rasa nyeri.

12. Jus Lemon

Cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit asam urat dan pembengkakan adalah mengurangi kadar asam urat dalam aliran darah. Jus lemon memberikan sifat alkali pada tubuh dan mengurangi jumlah asam. Campur jus dari 1 buah lemon dengan setengah sendok teh soda kue. Setelah berhenti mendesis tambahkan kedalam segelas air dan minum segera. Cara lain adalah dengan menambahkan jus lemon ke dalam air Anda dan minum sekitar tiga gelas sehari.

13. Hindari gula, soda, alkohol, dan kafein

Dengan mengurangi asupan gula dalam tubuh, Anda dapat menurunkan risiko kemungkinan atau keparahan asam urat. Juga, alkohol pemicu dehidrasi dalam tubuh sehingga menyebabkan kadar asam urat dalam darah meningkat.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *