Ini Dia Beberapa Menu Menjijikkan yang Ternyata Sangat Kaya Nutrisi

Menu Menjijikkan Kaya Nutrisi – Berbicara tentang makanan sehat dan kaya akan nutrisi, pasti Anda akan berpikir bahwa makanan tersebut berupa sayur-sayuran hijau, buah-buahan, daging atau ikan segar. Sementara itu, makanan yang berbau kurang sedap, berlendir, dan warnanya kurang cerah atau kurang menarik, pasti selalu identik dengan makanan/asupan yang tidak menyehatkan atau kurang bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi.

Menu Menjijikkan Kaya Nutrisi

Namun jangan salah, walau mungkin makanan yang kami sebutkan berikut ini buruk rupa dan kurang mengundang selera, atau bahkan menjijikkan, namun, faktanya nutrisi yang terkandung didalamnya sangat tinggi dan tentunya sangat baik untuk kesehatan. Nah, penasaran menu apa saja yang dimaksud?

Baca juga: 3 Makanan Sehat Alami Penurun Berat Badan

Menu Menjijikkan Kaya Nutrisi

Babat
Ada yang sudah tahu babat atau bahkan pernah memakannya? Babat adalah bagian akhir dari perut hewan dan biasanya memiliki bau yang kurang sedap, sehingga beberapa orang menganggap bahwa babat tidak layak dikonsumsi. Namun bukan berarti babat kehilangan penggemar. Justru bagi beberapa orang, babat memiliki rasa yang lezat dan membuat ketagihan.

Lantas apa saja nutrisi yang terkandung dalam babat sapi ini? Menurut penelitian di Laboratorium Woodson, Tenant di Atlanta, Georgia, AS, bagian babat, terutama babat hijau mengandung rasio kalsium berbanding fosfor hingga 1:1. Secara keseluruhan mengandung ph yang bersifat asam, sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, setiap 3,5 gram babat mengandung 12 gram protein. Protein ini mampu memenuhi seperlima kabutuhan protein harian.

Sumsum Sapi
Selanjutnya kita akan beralih ke sumsum sapi. Meskipun sumsum sapi memilik banyak penggemar, namun bagi beberapa orang yang kurang familiar untuk mengonsumsi makanan tersebut, akan tetap terdengar aneh dan menjijikkan. Eits, jangan meragukan rasanya, sebab, tulang sumsum yang direbus akan menjadi air kaldu yang lezat.

Sama halnya dengan babat, susmsum sapi kaya akan kolagen dan bermanfaat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Sumsum sapi ini, dapat membantu mencegah kulit bersisik, membantu penyembuhan luka, dan mengontrol fungsi jantung. Kandungan lemak yang mencapai 51 gram per 3 setengah-oz inilah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Ikan Sarden
Ikan sarden yang akan kita bahas di sini adalah ikan sarden segar. Tentu saja Anda bisa membayangkan bagaimana aroma ikan sarden segar yang amis. Dibanding ikan yang lain, bau amis dari ikan sarden ini sering kali membuat mual dan menghilangkan selera makan. Namun, perlu Anda ketahui, bahwa ikan yang amis ini ternyata mengandung asam lemak dan omega 3, serta vitamin B12 yang baik bagi kesehatan tubuh.

Omega 3 yang terkandung dalam ikan sarden mampu mencegah penyakit jantung dengan cara membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu kandungan omega 3 juga berperan dalam menjaga kesehatan mental, seperti mencegah depresi dan kecemasan berlebihan.

Dadih Darah
Di Indonesia, mengonsumsi dadih darah bukan lagi hal yang baru. Namun tentunya, bagi sebagian orang mungkin mengonsumsi dadih darah masih tergolong menjijikkan, namun di beberapa daerah, dadih darah justru dikonsumsi sebagai pelengkap makanan. Dadih atau saren merupakan makanan khas Jawa, yang terbuat dari darah sapi atau ayam.

Masih ada yang belum mengerti dadih darah? Baiklah. Dadih darah adalah darah yang sudah mengental. Jika di Minangkabau dadih sejenis yogurt dan terbuat dari susu, maka dadih darah di sini adalah darah yang diolah hingga kental. Mungkin bagi beberapa orang juga dianggap haram. Namun siapa sangka bahwa dadih darah ini mengandung zat besi dan seng yang bermanfaat untuk menyehatkan darah dalam tubuh Anda.

Hati Sapi
Hati sapi yang juga termasuk dalam jerohan sapi, mungkin membuat beberapa orang enggan mengonsumsi makananan tersebut. Terlebih bagi beberapa orang yang masih berpikir bahwa hati merupakan salah satu organ tubuh yang menyimpan racun. Memang benar bahwa salah satu fungsi hati adalah menetralisir racun, akan tetapi hati tidak menyimpan racun. Justru perlu Anda ketahui bahwa hati adalah organ yang menyimpan banyak nutrisi penting.

Hati sapi mengandung vitamin B yang tinggi. Selain itu, hati sapi juga menawarkan sejumlah besar protein, asam amino essensial, dan mineral. Asam amino yang terkandung dalam hati sapi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu memproduksi kolagen dan elastin dalam tubuh.

Nah, setelah tahu bahwa menu menjijikkan di atas mengandung banyak nutrisi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *