Olahraga Berenang Sangatlah Menyehatkan, Berikut 6 Manfaat Utamanya

Manfaat olahraga berenang untuk kesehatan sangatlah penting, tak hanya itu, berenang juga memiliki manfaat luarbiasa untuk tubuh. Olahraga berenang merupakan jenis olahraga air yang banyak disukai dan dilakukan oleh orang-orang sebagai kegiatan atau hobi yang menyenangkan, salah satu manfaatnya adalah dapat membuat badan telihat lebih tinggi. Dalam berenang otot-otot tubuh bereaksi secara otomatis terutama otot tangan dan kaki, selain itu sistem pernafasan pun ikut terlatih.

Olahraga berenang memang menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan dan sekarang ini menjadi sarana rekreasi bagi keluarga. Berenang yang dijadikan sebagai sarana rekreasi ini biasanya diadakan di tempat-tempat yang cukup luas yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas permainan, baik permainan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan tersebut merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan olahraga renang kepada anak-anak lewat beragam permainan.

olahraga berenang
Image courtesy of Elena Bobrovitzkaya at flickr.com (CC)

Manfaat olahraga berenang dapat membuat tubuh terasa sehat dan bugar. Menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi juga harus dibarengi dengan melakukan olahraga untuk meyeimbangkannya, salah satunya adalah dengan olahraga berenang yang baik untuk kesehatan. Manfaat olahraga berenang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Utama Olahraga Berenang

1. Meningkatkan Elastisitas Tubuh

Tak seperti mesin latihan di pusat kebugaran yang cenderung mengisolasi satu bagian tubuh, olahraga berenang melibatkan seluruh anggota tubuh untuk melakukan berbagai gerakan yang membantu sendi dan ligamen tetap longgar dan fleksibel. Lengan bergerak, pinggul terlibat sebagai penompang kaki dalam air, serta kepala dan tulang belakang bergerak dari sisi ke sisi. Hal ini mampu membantu memberikan peregangan yang baik dari bagian kepala sampai ujung kaki.

2. Melatih Sistem Pernafasan

Salah satu olahraga yang bisa melatih sistem pernafasan dan memperkuat nafas adalah olahraga berenang. Olahraga air seperti berenang memerlukan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu yang lebih lama. Sistem kerja pernafasan akan secara otomatis terlatih menjadi lebih panjang saat berenang. Gerakan yang dilakukan saat berenang meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh. Jadi berenang secara teratur dan rutin bisa memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar, sehingga mampu memberikan pernafasan yang lebih panjang.

3. Mencegah Obesitas

Olahraga berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Kegiatan ini mampu membakar lebih banyak kalori yang ada didalam tubuh kita, karena hampir seluruh bagian tubuh terlibat dalam melakukan aktifitas tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam waktu satu jam berenang. Banyak orang yang melakukan olahraga berenang untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan ramping.

4. Membentuk dan Menguatkan Otot

Anda bisa mengamati seorang atlet renang di seluruh dunia, ada banyak kelebihan bagi mereka yang menekuni olahraga ini diantaranya yaitu kuatnya otot dan tulang mereka. Anda pastinya juga bisa melihat bagaimana kondisi otot mereka yang memiliki hobi berenang, terlihat sangat keras dan lebih ideal.

Baca juga: Rahasia Tubuh Sehat dan Kuat

5. Sehat Untuk Jantung

Karena olahraga berenang seperti latihan aerobik, dengan demikian juga baik untuk kesehatan jantung, tak hanya membantu jantung  menjadi lebih besar, tetapi membuatnya lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat memerangi respon inflamasi tubuh – salah satu penyebab penyakit jantung.

6. Membuat Usia Lebih Panjang

Jika Anda ingin memperoleh usia yang lebih panjang dan sehat, tak ada salahnya untuk melakukan olahraga renang secara rutin dan teratur. Olahraga renang dari berbagai bentuk penelitian yang telah dilakukan diyakini dapat membantu seseorang memiliki usia lebih panjang dan tetap bugar di hari tua. Usia memang kuasa Tuhan, akan tetapi dengan berolahraga seperti berenang tentunya merupakan salah satu usaha dalam bentuk fisik dalam upaya menjaga kesehatan agar hidup lebih lama.

Tips Melakukan Olahraga Berenang yang Sehat dan Bermanfaat

  • Lakukanlah pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum berenang, hal ini sangatlah penting agar ketika berenang tubuh tidak mengalami masalah seperti keram atau terjadi suatu cidera.
  • Lakukan pemanasan atau peregangan dengan gerakan yang ringan-ringan saja seperti berjalan, memutar-mutar persendian tangan dan kaki, lari-lari kecil, dan sebagainya.
  • Janganlah berenang dipantai setelah turun hujan deras. Hujan membawa polutan dari jalan, taman, dan pertanian, sebelum masuk ke dalam sungai yang bermuara di laut. Karena itu, jumlah bakteri pasti meningkat sehingga dapat berisiko menimbulkan suatu penyakit. Sebaiknya, tunggu selama 1-3 hari sebelum berenang di pantai atau laut.
  • Jangan pernah berenang jika airnya aneh, memiliki bau yang tidak sedap, keruh, dll, karena merupakan pertanda ada yang tidak beres dengan air tersebut.
  • Ikuti petunjuk yang tertera dalam papan pengumuman di pantai. Jika ada sesuatu yang kurang aman atau berisiko, bahkan membahayakan kesehatan, pasti akan ada pemberitahuan di papan tersebut.
  • Usahakan untuk tidak meminum air saat sedang berenang baik itu air laut ataupun air kolam karena bisa saja banyak kuman dan bakteri yang terkandung didalamnya.
  • Jika anda mempunyai alergi, luka bakar ataupun infeksi, apalagi penyakit kulit jangan coba – coba berenang ya karena bisa menyebabkan orang lain tertular dan penyakit anda menjadi semakin parah.
  • Jangan memaksakan diri jika kondisi kesehatan Anda lagi kurang baik, terutama jika mengalami gangguan pada perut, seperti diare dan mual. Atau, jangan berenang hingga 2 minggu setelah diare. Orang lain akan berisiko tertular bakteri penyakit ini. Ingatlah bahwa bakteri bisa hidup di air kolam hingga berhari-hari.
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *