Manfaat Rebung Bambu Kuning Untuk Penyembuhan Penyakit Batu Ginjal

Manfaat Rebung Bambu Kuning – Bambu kuning dengan nama ilmiah Bambusa vulgaris merupakan salah satu tanaman yang berasal dari kelompok bambu. Bambu jenis ini mempunyai ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan batangnya berwarna kuning. Biasanya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis.

Namun bukan bambu yang kuning yang sudah tua akan tetapi bambu kuning yang masih muda seperti pada gambar di bawah ini.

Manfaat Rebung Bambu Kuning

Kandungan dan Nutrisi Yang Ada Pada Rebung Bambu Kuning.

Nutrisi utama yang terkandung dalam rebung bambu kuning antara lain protein, asam amino, lemak, gula dan garam anorganik. Rebung mengandung kaya akan protein, dengan kadar antara 1,49 dan 4,04 gram (rata-rata 2.65g) per 100g rebung segar. Rebung bamboo kuning menghasilkan 8 protein penting dan dua asam amino semi esensial. Kandungan lemak dalam rebung bamboo kuning relatif rendah yaitu hanya sekitar 0,26-0,94% saja, manfaat rebung bambu kuning juga sangat kaya akan asam lemak esensial. Kadar gula dalam rebung bambu kuning rata-rata berkisar 2,5% lebih rendah dibanding dengan sayuran lainnya. Kandungan air dalam rebung bambu kuning +/- mencapai 90%.

Cara Mengolah Rebung Bambu Kuning Untuk Mengobati Batu Ginjal.

Untuk mengobati batu ginjal, kita akan menggunakan bambu kuning yang masih sangat muda atau yang sering kita sebut rebung bambu atau (Tunas Bambu).

  1. Ambil secukupnya dan bersihkan bagian luar rebung tersebut dan cuci hingga bersih.
  2. Setelah dicuci bersih, cincang atau iris tipis-tipis rebung bambunya.
  3. Siapkan air dalam kompor lalu masukan dan rebus rebung yang telah di cincang tadi.
  4. Setelah di rebus tunggu beberapa menit, sampai air rebusan berubah warna seperti Teh, kemudian angkat dan minum air rebusannya.

Mempunyai penyakit Batu ginjal memang sesuatu yang sungguh menyiksa diri, terutama saat ingin buang air kecil, mual dan ingin muntah kerap sekali di rasakan, badan terasa menggigil dan kadang-kadang rasa sakit pada bagian punggung sering timbul, selain mengkonsumsi rebusan rebung bambu kuning, Anda juga bisa mengkonsumsi obat yang tentunya sesuai dengan anjuran dokter untuk membantu memperlancar dan mempercepat keluarnya batu empedu atau batu ginjal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *