Fakta Tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Apa yang dimaksud puasa senin kamis? Puasa senin kamis adalah jenis puasa sunah yang sering diamalkan oleh Rasulallah saw, para sahabatnya, dan semua umat pengikutnya. Namun, tidak semua orang mengetahui jenis amalan sunah ini. Meskipun mereka tahu, tak semuanya menyadari beragam keajaiban dan manfaat penting di balik puasa sunah senin kamis tersebut.
manfaat puasa senin kamis
Image Source: freedigitalphotos.net
Manfaat puasa senin kamis memang sangat banyak jika dilakukan dengan cara yang benar, selain mendapatkan pahala juga berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan seseorang yang menjalaninya. Dengan berpuasa senin kamis juga dipercaya dapat membantu mempermudah kita  dalam menjalani kehidupan yang dinamis dan harmonis. Di agama lain, selain islam pun umatnya juga dianjurkan dan diperintahkan untuk berpuasa, meskipun dengan tata cara yang berlainan. Berikut akan kami sampaikan beberapa manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan yang mungkin sebagian dari anda belum mengetahuinya.

Beragam Manfaat Sehat Puasa Senin Kamis

Meremajakan sel kulit secara alami.
Tak selamanya sel-sel kulit manusia bisa bertahan hidup, hal ini disebabkan adanya pengaruh radikal bebas, pola hidup tidak sehat, dan berbagai faktor internal maupun eksternal penyebab kematian sel kulit. Yang jelas sel-sel kulit manusia pasti akan mati dan ini diperlukan yang namannya peremajaan sel, yang bertujuan menjaga fungsi kulit sebagai organ luar tubuh. Anda tidak perlu susah payah mencari produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi. Anda cukup melakukan puasa senin kamis secara rutin dan teratur, serta mengatur pola makan yang baik. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, proses metabolisme dalam tubuh manusia berhenti sementara, dan itulah yang menyebabkan sel-sel tubuh dapat kembali aktif bekerja, seperti halnya sel-sel kulit yang sehat.

 

Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.
Berpuasa senin kamis juga dapat membantu mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh secara efektif. Tanpa harus dilakukan penelitian pun, jika kita mau berfikir secara logika, toksin atau racun dalam tubuh yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lainnya itu berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Cara untuk mengeluarkannya tak hanya dengan berolah raga saja. Namun, anda juga dapat melakukanya dengan berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar toksin atau racun dalam tubuh tidak menumpuk dan dapat keluar secara alami. Proses keluarnya racun tersebut bisa lewat keringat, urine, atau saat anda buang air besar. Oleh karena itu, puasa senin kamis dipercaya ampuh dan alami dalam membantu proses detoksifikasi racun yang mengendap dalam tubuh. Jika toksin atau racun sudah keluar, maka anda akan merasa lebih sehat dan bugar kembali.

 

Menjaga fungsi organ pencernaan.

Apakah anda tahu mesin? Saya yakin sebagian besar dari anda pasti mengetahuinya. Sebuah mesin tak mungkin dapat dihidupkan dan dijalankan terus menerus tanpa dimatikan, hal ini karena hanya akan merusak dari salah satu atau lebih onderdil atau sparepart bagian mesin itu sendiri. Oleh karena itu, mesin kendaraan bermotor juga perlu istirahat agar komponen didalamnya tidak cepat rusak. Selain perlu istirahat, juga pasti membutuhkan perawatan rutin dan teratur setiap bulanya.

Baca juga: Makanan dan Minuman Probiotik Untuk Kesehatan Pencernaan

Seperti halnya organ pencernaan kita, yang juga perlu istirahat agar dapat berfungsi secara normal. Dengan berpuasa senin kamis, organ pencernaan memiliki waktu untuk beristirahat minimal sehari hingga dua hari dalam seminggu. Hal ini bermanfaat mengurangi pengendapan racun dalam organ pencernaan, serta sebagai wujud perawatan rutin agar tidak cepat rusak. Silahkan mencoba untuk mengistirahatkan organ pencernaan anda dengan cara berpuasa dua hari dalam seminggu yaitu puasa senin kamis agar organ pencernaan anda sehat dan berfungsi secara normal.

 

Mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.
Dengan berpuasa senin-kamis dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Lemak memang salah satu nutrisi penting, namun jika kadarnya berlebihan hanya akan menjadi pemicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, kelebihan lemak sebaiknya anda hindari. Ada tiga cara efektif untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh, diantaranya berolah raga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan berpuasa senin kamis. Ketiga cara tersebut jika anda mau melakukannya dengan cara yang benar dan konsisten, dijamin akan mampu membantu menurunkan kadar lemak yang ada didalam tubuh anda.

 

Mengatasi stress.
Dalam dunia kesehatan, stress merupakan salah satu faktor utama penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit baik penyakit ringan maupun berat. Seseorang yang sering berpuasa senin kamis biasanya memiliki tingkatan stress yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Hal ini karena dengan berpuasa orang akan lebih mampu mengontrol pikiran dan perasaannya. Seperti contoh, dengan berpuasa mereka akan lebih memiliki kesabaran dan dapat menghindari pikiran-pikiran negatif atau kotor, sehingga ketenangan jiwa pun tercipta. Bagi anda yang selama ini dihantui dengan rasa takut, depresi, atau perasaan dan pikiran lainnya yang menjadi pemicu stress pada diri, alangkah baiknya jika mencoba mempraktikkan puasa senin kamis agar kondisi pikiran atau jiwa anda lebih tenang, sehingga stress pun dapat teratasi.

 

Mempercantik tubuh secara alami terutama bagi kaum wanita.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berpuasa senin kamis dapat membuat sel-sel tubuh mengalami regenerasi atau pergantian secara teratur. Sehingga organ dalam maupun luar tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar. Contohnya, pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit akan membuat kulit wajah lebih bersih, segar, dan terlihat cantik. Jadi, untuk menjadi cantik, tidak perlu pergi ke salon yang mahal dan menghabiskan banyak uang. Cukup berpuasa senin kamis secara rutin, akan membuat anda para wanita bisa terlihat selalu tampil cantik.

 

Itulah beragam manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai umat muslim, ada baiknya jika kita berpuasa sunah dua kali dalam seminggu yaitu hari senin dan kamis, apalagi kita sudah tahu banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari berpuasa senin kamis. jangan menunggu hingga bulan ramadhan tiba. Karena belum tentu usia kita bisa sampai ke ramadhan mendatang. Dan ketika berpuasa sebaiknya jangan lupa untuk sahur dan berbuka sesuai dengan anjuran Rasulullah saw. Semoga tuhan memberikan hidayah-NYA serta kita semua selalu diberi kesehatan baik lahir maupun batin. Amin..Semoga bermanfaat!!!
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *