Manfaat Mengkonsumsi Jus Pepaya Secara Rutin

Selain mengatasi rasa dahaga, jus pepaya ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Pepaya adalah salah satu dari buah-buahan yang tinggi akan vitamin C dan kadar potasium nya. Selain itu juga memiliki kandungan antioksidan seperti beta karoten, flavonoid, folat, dan asam pantotenat yang memberikan manfaat gizi yang sangat tinggi. Pepaya  banyak ditemukan didaerah tropis, salah satunya dinegara Indonesia. Buah ini memiliki sejarah sebagai obat sejak zaman kuno sampai saat ini. Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada buah pepaya adalah enzim papain. Enzim ini sebenarnya ada dalam getah pepaya. Jadi tidak hanya pada buah, melainkan juga ada pada daun dan batangnya.

jus pepaya

Cara Membuat Jus Pepaya

1. Siapkan pepaya dan alat-alat yang diperlukan, seperti blender, pisau, dan peralatan yang dibutuhkan lainnya (Semuanya di cuci terlebih dahulu).
2. Potong pepaya dengan ukuran kecil-kecil, kemudian masukkan kedalam blender.
3. Tambahkan secukupnya gel lidah buaya sebagai campuran.
4. Masukkan 2 – 4 cendok makan gula pasir untuk menambah rasa manis sesuai selera anda.
5. Tambahkan susu , lemon, segelas air, dan es batu secukupnya.
6. Kemudian blender secara bersamaan.
7. Tuangkan jus ke dalam gelas yang sudah disediakan dan siap di minum.

Apa manfaatnya?

Banyak sekali manfaat yang kita dapat apabila rutin mengkonsumsinya. Kandungan serat yang tinggi dan enzim papain yang terdapat dalam pepaya sangat baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Zat-zat tersebut dapat mengatasi masalah pencernaan dan susah buang air besar.

Kandungan serat yang baik, telah terbukti juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Asam folat yang ditemukan dalam pepaya dibutuhkan untuk mengkonversi zat yang disebut homocysteine menjadi asam amino jinak seperti sistein atau metionin.

Pepaya merupakan sumber  antioksidan kuat vitamin C dan vitamin A yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam darah. Hanya ketika kolesterol yang teroksidasi itu menempel dan menumpuk di dinding pembuluh darah, dan membentuk plak berbahaya yang akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Enzim pengolah unik yang terkandung dalam pepaya termasuk papain dan chymopapain telah terbukti membantu mengatasi masalah peradangan dan meningkatkan penyembuhan luka bakar. Selain itu, nutrisi antioksidan yang terkandung dalam pepaya, termasuk vitamin C dan beta karote , juga sangat baik untuk mengurangi peradangan pada bagian tubuh.

Senyawa beta karoten vitamin C dan vitamin A yang terdapat dalam pepaya, keduanya dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi telinga, pilek, dan flu.

Kandungan lycopene dalam jus pepaya diklaim cukup efektif dalam mencegah maupun mengobati kanker, terutama kanker usus besar.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *