12 Manfaat Daun Pepaya & Cara Menghilangkan Kepahitannya

Manfaat Daun Pepaya – Daun pepaya ternyata memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Manfaat ini bisa didapat karena banyaknya kandungan nutrisi penting yang terkandung dalam daun pepaya. Beberapa nutrisi penting tersebut antara lain yaitu: vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, lemak, fosfor, hidrat arang, protein, dan air. Beragam nutrisi ini membuat daun pepaya bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

manfaat daun pepaya
Image courtesy of Mokkie at commons.wikimedia.org

Selain itu, daun pepaya juga mengandung senyawa carposide yang bisa dimanfaatkan sebagai obat cacing. Kandungan zat papainnya yang tinggi menyebabkan daun pepaya memiliki rasa pahit, namun zat tersebut justru bersifat stomakik yaitu bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Lalu apa saja manfaat daun pepaya yang bisa kita dapat? Mari simak pembahasan beberapa manfaat daun pepaya dibawah ini agar kita mengetahuinya.

Baca juga: Manfaat Mengkonsumsi Jus Pepaya Secara Rutin

Manfaat Daun Pepaya

1. Melancarkan ASI
Bagi seorang ibu yang sedang menyusui, manfaat daun pepaya adalah untuk melancarkan ASI secara alami. Ambil beberapa lembar daun pepaya (3 lembar daun muda) dan remas, kemudian panaskan di diatas api hingga layu. Dan selanjutnya tempelkan daun pepaya tersebut pada bagian payudara, kecuali di area puting.

2. Mengurangi Nyeri Saat Haid
Haid merupakan fase yang menyiksa bagi seorang perempuan. Sebagian perempuan mempunyai siklus haid yang sangat menyakitkan. Salah satu cara ampuh untuk mengurangi rasa nyeri saat sedang haid adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun pepaya. Ambil 1 lembar daun papaya, kemudian rebus dengan segelas air yang dicampur dengan asam jawa dan garam. Selanjutnya, minum saat masih hangat, maka rasa nyeri haid yang menyakitkan nantinya akan berkurang.

3. Anti-diabetes
Manfaat daun pepaya berikutnya adalah sebagai anti-diabetes. Daun pepaya mengandung senyawa bermanfaat yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol kadar gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan tetap menjaga pola makan sehat sehari-hari. Jadi, semuanya harus berjalan secara beriringan dan seimbang.

4. Kekurangan Nutrisi Pada Balita
Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang terdapat dalam daun pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gizi pada balita. Kekurangan gizi biasanya ditandai dengan kondisi perut yang membuncit. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan gizi pada balita dapat berakibat buruk terhadap penurunan IQ anak, sistem imun menurun, dan menghambat pertumbuhan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat memanfaatkan daun pepaya dengan cara merebusnya dengan 1 ½ gelas air hingga mendidih. Saring dan minumkan dua sendok makan rutin setiap hari pada balita yang sedang mengalami kekurangan gizi.

5. Menambah Nafsu Makan Anak
Terkadang Anda memiliki anak yang susah makan. Maunya hanya makan ini itu tetapi setelah Anda turuti hanya dimakan sebagian atau bahkan parahnya cuma dilihat saja. Daun pepaya ternyata bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut, akan tetapi Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam penyajiannya karena kebanyakan anak-anak tidak suka terhadap sayur apalagi rasanya yang pahit. Anda bisa mencampurnya dengan makanan yang disukai oleh anak Anda atau bisa mengolahnya menjadi mie maupun gorengan.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Salah satu manfaat daun pepaya selanjutnya adalah untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Rebus 5 lembar daun papaya dengan setengah liter air, kemudian ambil air rebusan tersebut dan tambahkan pemanis madu murni atau bisa juga gula merah. Minum selagi masih hangat.

7. Menyembuhan Kanker
Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti oleh sebagian besar masyarakat dunia hari ini termasuk di Indonesia. Ternyata, kanker dapat dibantu proses penyembuhannya dengan menggunakan daun pepaya. Air rebusan daun pepaya mampu membantu menyembuhkan kanker. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung senyawa anti kanker yang cukup kuat. Minum air rebusan daun papaya secara rutin dan teratur, niscaya penyakit kanker akan sembuh.

8. Mencegah Demam Berdarah
Ternyata daun pepaya juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit demam berdarah secara alami. Anda dapat melakukannya dengan cara rutin minum air rebusan daun papaya setiap hari. Agar anda merasa nyaman saat meminumnya, tambahkan sedikit pemanis seperti madu atau gula merah. Dengan mengkonsumsi ramuan ini, Anda akan terminimalisir terjangkit penyakit demam berdarah sehingga hidup Anda akan lebih nyaman dan sehat.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan
Apakah Anda sering memiliki masalah sistem pencernaan seperti sembelit atau lainya? Anda bisa mencoba cara alami dengan menggunakan daun papaya untuk mengatasinya. Hal ini karena daun papaya mengandung zat karpin yang dapat membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam sistem pencernaan. Umumnya bakteri-bakteri ini akan mempengaruhi kinerja dari sistem pencernaan itu sendiri. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai lalapan atau sebagai teh.

10. Mengobati Masuk Angin
Kandungan berbagai zat bermanfaat dalam daun pepaya mampu membantu mengatasi masuk angin. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun pepaya dan daun sembung, jinten, sereh, jahe dan gula jawa. Saring terlebih dahulu sebelum diminum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah selagi masih hangat.

11. Mengatasi Jerawat
Untuk menghilangkan jerawat Anda bisa menggunakan daun pepaya yakni dengan cara dijadikan sebagai masker. Jemur beberapa daun pepaya yang sudah tua kemudian haluskan dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu gunakan dengan cara diopleskan pada bagian yang muncul jerawat.

12. Menghilangkan Ketombe
Daun pepaya mengandung senyawa yang disebut karpain yang cukup ampuh dalam menghilangkan ketombe, kotoran, dan minyak yang menempel dirambut akibat aktifitas harian diluar ruangan. nah, untuk itu Anda bisa menggunakan cara tradisioanal ini yakni dengan merebus daun papaya kemudian air rebusannya digunakan untuk mencuci rambut.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

  • Rebus daun pepaya bersama dengan tanah liat hingga empuk kemudian cuci hingga bersih. Ini merupakan cara yang sudah biasa dilakukan oleh para ibu zaman dahulu.
  • Rebus daun pepaya bersama dengan daun jambu biji. Setelah ditiriskan beberapa menit kemudian rebus sekali lagi.
  • Campur daun pepaya dan daun jambu mete, lalu rebus bersama-bersama. Setelah mendidih dan ditiriskan, kedua daun dipisah.
  • Rebus daun pepaya dan daun singkong bersama-sama hingga mendidih, tiriskan, dan pisahkan. Tetapi ada juga yang lebih memilih memakannya bersama dengan daun singkong.
  • Remas daun pepaya hingga layu dengan segenggam garam. Diamkan kurang lebih 5 menit, kemudian daun pepaya dibersihkan dan direbus sebentar.
  • Yang paling praktis adalah remas daun pepaya untuk menghilangkan getahnya. Akan lebih baik lagi jika meremas di bawah air keran atau air yang mengalir sehingga getah larut. Remas hingga daunnya layu dan tidak hijau lagi.

Demikian manfaat daun papaya yang bisa Anda ketahui. Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda dalam upaya mendapatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *