8 Manfaat dan Khasiat Jintan Hitam yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat dan Khasiat Jintan Hitam – Banyak orang yang belum tahu mengenai manfaat jintan hitam atau tidak memiliki keyakinan atas kemampuan penyembuh yang diberikan sebagai karunia dari Allah SWT. Meskipun telah banyak catatan dalam hadits tentang manfaat yang tersimpan dan kualitas penyembuhan yang berasal dari jintan hitam, banyak muslim yang belum percaya pada manfaat jintan hitam sebagai suplemen vitamin atau obat.

Manfaat dan Khasiat Jintan Hitam
Image courtesy of Philipp Alexander at flickr.com

Rasulullah SAW bersabda ”Sesungguhnya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian” -H.R.Muslim. Oleh karena itulah sebagian ummat muslim diseluruh dunia memanfaatkan tanaman ini sebagai obat herbal alami karena mengikuti perintah atau sunnah Rasul. Tak main-main, sabda Rasulullah SAW tentang jintan hitam itupun memang manjur dan telah terbukti secara medis juga empiris.

APA ITU JINTAN HITAM?

Jintan hitam merupakan salah satu jamu tradisional yang telah digunakan sejak lama, bahkan ribuan tahun oleh orang-orang yang tinggal di wilayah Timur tengah dan beberapa Negara di Asia serta Afrika untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan melawan berbagai penyakit. Tumbuhan satu ini juga sering disebut dengan istilah “blessed Seed/Biji yang dberkahi”.

KANDUNGAN JINTAN HITAM

Meskipun manfaat jintan hitam sudah dipercaya sejak jaman dahulu, bukti secara ilmiahnya baru ditemukan baru-baru ini.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan jintan hitam mengandung zat karminatif (carminative), antibakteri, antihistamin, dan bersifat anti-inflamasi.

Memiliki kandungan lebih dari seratus senyawa penting yang beberapa diantaranya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Komponen aktif yang ditemukan dalam jintan hitam adalah nigellone, beta-sitosterol, nigilline, tanin, damascene, sterol, dan antioksidan.

Selain itu, minyak yang terbuat dari biji jintan hitam mengandung tinggi asam lemak esensial, vitamin, dan mineral.

MANFAAT DAN KHASIAT JINTAN HITAM

1. Sumber Nutrisi Penting
Jintan hitam mengandung senyawa beta-karoten (pro – vitamin A), kalsium, sodium, zat besi, dan kalium. Jintan hitam juga mempunyai delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial ini tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga dalam hal ini tubuh memerlukan asupan dari sumber luar.
Untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh, Anda bisa mengonsumsi setengah sendok teh ekstrak atau minyak Habbatus sauda (Jintan hitam) sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Menu Menjijikkan yang Ternyata Sangat Kaya Nutrisi

2. Mengatasi Masalah Perut dan Gangguan Pencernaan
Jintan hitam memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan perut, seperti sembelit dan perut kembung. Selain itu, jintan hitam juga efektif dalam melawan bakteri yang tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, jintan hitam juga bisa digunakan untuk mengobati masalah pencernaan yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber .
Untuk mengobati gangguan pencernaan dengan menggunakan jintan hitam, ambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Minumlah dua kali dalam sehari.

3. Mengobati Peradangan
Jintan hitam mengandung senyawa thymoquinine yang berkhasiat sebagai obat anti inflamasi yang sangat efektif. Anda dapat menggunakan minyak Jintan hitam sebagai salep yang dioleskan pada jerawat yang meradang. Untuk mencegah munculnya jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun, kemudian campur dengan setengah sendok teh minyak Jintan hitam. Lalu gosokkan pada bagian wajah, dan cuci wajah Anda dengan air sabun setelah satu jam.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (imunitas tubuh)
Jintan hitam berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama bagi mereka yang menderita gangguan sistem imunitas. Menurut sebuah penelitian, 1 gram kapsul Jintan hitam yang dikonsumsi sebanyak dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 persen. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini sangatlah penting untuk membantu proses penyembuhan penyakit seperti pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang terkait dengan sistem imunitas tubuh.

5. Obat Asma
Histamin merupakan senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Senyawa Crystalline nigellone yang terkandung dalam jintan hitam memiliki protein kinase C, yaitu substansi yang dikenal mampu menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam bisa mengurangi reaksi alergi terhadap sebagian besar pasien penderita bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa menimbulkan efek samping .

Untuk mengobati asma dan alergi, ambil secangkir air hangat, kemudian tambahkan satu sendok madu, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatus sauda. Minumlah di pagi hari sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan, sebaiknya hindari makanan yang dingin dan mengandung zat alergen .

6. Obat Kanker
Kandungan asam lemak dalam jintan hitam berkhasiat menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh. Jintan hitam memiliki kemampuan dalam menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, melindungi sel-sel normal, serta produksi interferon, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel sehat .
Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dengan setengah sendok teh Minyak Habbatus sauda. Minum sebanyak tiga kali sehari. Dalam proses pengobatan ini mungkin bisa berlangsung selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosokkan minyak jintan hitam pada bagian tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.

7. Melancarkan ASI
Adanya kombinasi dari unsur-unsur zat tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya, jintan hitam bisa digunakan untuk membantu meningkatkan jumlah ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Selain itu, kandungan zat arginine dalam jintan hitam juga penting untuk pertumbuhan bayi.
Untuk melancarkan ASI caranya cukup mudah, campurkan Jintan hitam dan madu dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian ambil dua sendok campuran tersebut, lalu konsumsi bersama satu sendok teh minyak habbatus sauda rutin setiap hari.

8. Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Mencegah Alzheimer
Jintan hitam mengandung zat asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), yang merupakan nutrisi penting bagi sel otak dalam meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak mudah pikun. Jintan hitam juga mampu memperbaiki mikro (peredaran darah) ke bagian otak, dan sangat cocok untuk anak diusia pertumbuhan dan lansia. Untuk meningkatkan kecerdasan otak caranya cukup dengan mencampur satu sendok teh minyak Habbatus sauda kedalam 100mg daun mint, lalu rebus hingga mendidih dan minum airnya satu gelas per hari selama setidaknya 15 hari.

Nah itulah manfaat dan khasiat jintan hitam yang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan kesehatan Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat dan bisa membantu bagi yang sedang mumbutuhkan informasi ini. Jangan lupa share ya! agar pengetahuan ini bermanfaat bagi yang lain juga.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *