Beragam Manfaat Buah Sirsak, Inilah 10 Diantaranya!

Manfaat Buah Sirsak – Buah sirsak adalah salah satu dari jenis buah-buahan yang mengandung beragam nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Buah yang lezat dan manis ini, tak hanya nikmat di lidah, namun juga kaya akan manfaat yang mana sangat berguna untuk tubuh.

Hal ini sangatlah wajar, karena buah sirsak mengandung berbagai macam senyawa atau nutrisi bermanfaat seperti serat, karbohidrat, kalium, kalsium, Vitamin C, air, dan lemak. Nah, dari kandungan itulah membuat buah sirsak memiliki beragam manfaat bagi kesehatan terutama bagi tubuh manusia.

Baca juga: 9 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Serat – Buah sirsak mengandung serat yang tinggi dan bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat tersebut juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal.

Karbohidrat – Dalam satu gelas jus buah sirsak mengandung zat karbohidrat sebanyak 38 gram sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat yang terkandung dalam buah pastinya lebih sehat dibandingkan dengan karbohidrat dalam kue yang justru dapat memberikan efek buruk terhadap jumlah kadar gula dalam darah seseorang.

Kalium – Mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk mengatasi stroke, tekanan darah tinggi, stres, kekuatan otot, jantung, metabolisme, dan juga masalah gangguan ginjal.

Vitamin C – Buah Sirsak mengadung tinggi vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang bermanfaat untuk melawan berbagai macam bentuk penyakit yang menyerang tubuh, termasuk untuk penyembuhan luka dan mencegah kerusakan kulit.

Air – Secangkir sirsak mengandung air sebanyak 183 gram. Maka hal ini wajar jika buah sirsak dapat mencegah dehidrasi pada tubuh.

Fosfor dan Kalsium – Kandungan zat mineral lain yang terdapat dalam buah sirsak adalah fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak mengandung fosfor sebanyak 27 mg dan kalsium sebanyak 14 mg. Mineral-mineral inilah yang bermanfaat untuk tulang dan juga menghambat osteoporosis.

Buah sirsak memiliki rasa yang lezat dan segar apalagi jika dijadikan jus. Dibalik kelezatannya, buah sirsak ternyata menyimpan beragam manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Semua zat dan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan. Sebenarnya banyak sekali manfaat buah sirsak bagi kesehatan, namun disini hanya kami bahas beberapa diantaranya yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasanya:

manfaat buah sirsak
Image courtesy of One 1 at flickr.com (CC)

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

1. Melawan Sel Kanker
Melawan sel kanker merupakan salah satu manfaat utama dari Vitamin C. Vitamin C didaulat sebagai sebuah Vitamin yang merupakan racun bagi penyakit kanker. Lalu apa kaitannya dengan buah sirsak? Jika Anda sudah membaca penjelasan sebelumnya, tentunya sudah tahu kalau didalam buah sirsak juga mengandung vitamin C tinggi, oleh karena itu buah sirsak juga bermanfaat untuk melawan sel kanker dalam tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Imun
Berbagai survey menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 300g buah sirsak mampu mencukupi asupan harian vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sirsak menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan system imun tubuh. Jika dengan mengkonsumsi buah ini Anda dapat menjadi lebih sehat, untuk apa harus mengkonsumsi obat-obatan yang menggunakan bahan dasar kimia yang terkadang juga menimbulkan efek samping.

3. Kesehatan Pencernaan
Kandungan tinggi serat larut yang dimiliki buah sirsak sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan untuk saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan sembelit.

4. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik (HDL) dan Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)
Hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung nutrisi penting seperti niacin yang mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat (LDL) pada dinding pembuluh darah.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dan teratur dapat bermanfat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, karena buah ini mengandung kalsium dan fosfor yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tulang dan gigi.

6. Sumber Energi Bagi Tubuh
Kandungan zat karbohidrat dalam buah sirsak mempunyai manfaat sebagai sumber energi. Selain terdapat kandungan vitamin B1 yang juga menambahkan kadar energi untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh seperti jantung, paru-paru, otak, dan ginjal dengan cara bertindak sebagai ko-enzim untuk mengubah glukosa menjadi energi.

7. Mengobati Tekanan Darah Tinggi
Beberapa penelitian, telah membuktikan manfaat buah sirsak ini yang mampu mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan, buah sirsak mengandung beragam zat penting yang mampu menstabilkan tekanan darah. Jadi, jika Anda ingin sehat maka konsumsilah buah sirsak setiap hari, dan pastinya tidak berlebihan.

8. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Dari hasil penelitian terungkap bahwa ada keistimewaan terhadap buah sirsak yaitu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi dimana arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung akan mudah terjadi. Hal yang menakjubkan ini dikatakan oleh para ahli sebagai reaksi atas vitamin C yang terkandung dalam buah sirsak.

9. Menjaga Fungsi Otak
Keistimewaan lain dari vitamin yaitu menjaga fungsi otak dan meningkatkan konsentrasi berpikir. Adanya vitamin ini juga bermanfaat untuk membantu otak terlepas dari beban (stres) serta memperkuat sistem saraf motorik yang ada didalam otak.

10. Mengurangi Risiko Diabetes
Meskipun rasanya manis, kadar gula yang terkandung didalam buah sirsak tidaklah begitu tinggi sehingga hal ini mampu mengurangi risiko terhadap penyakit diabetes. Namun jika Anda tidak ingin berisiko apa-apa terhadap kondisi kesehatan Anda, akan lebih baik jika menghindari konsumsi aneka olahan dari buah sirsak yang berlebihan jika kadar gula dalam darah Anda sudah tinggi.

Nah itulah beberapa manfaat buah sirsak yang penting untuk Anda ketahui agar tidak menyia-nyiakannya
Nah itulah ulasan sedikit mengenai kandungan dan manfaat buah sirsak yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan memberi wawasan tentang kesehatan untuk Anda semua!

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *