Inilah 8 Manfaat Buah Merah Yang Mungkin Anda Belum Tahu

Manfaat Buah Merah – Buah merah atau dalam istilah ilmiahnya yang sering disebut dengan Pandanus Conoideus ternyata memiliki beragam manfaat terutama bagi kesehatan. Kemampuannya dalam mengobati berbagai jenis penyakit dari yang ringan hingga berat membuat buah ini banyak dicari. Hal ini disebabkan oleh adanya nutrisi penting yang terkandung didalamnya,yaitu tokoferol dan betakaroten.

Sesuai dengan namanya, buah ini berwarna merah dan berbentuk lonjong. Minyak dan ekstrak buah merah sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Manfaat Buah Merah
Image courtesy of Jialiang Gao at commons.wikimedia.org

Buah Merah diperkaya dengan kandungan zat antioksidan tinggi seperti karoten, betakaroten, dan tokoferol. Buah ini juga mengandung senyawa penting lain termasuk omega-3, omega-9, asam oleat, asam linolenat, asam linoleat, dan dekanoat.

Dengan kandungan nutrisi yang beragam seperti yang telah disebutkan diatas, tentunya buah merah memang memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut beberapa diantaranya.

Manfaat Buah Merah

1. AIDS
Dikatakan bahwa buah merah dapat menjadi obat untuk penyakit HIV, meskipun belum pernah mendengar adanya studi penelitian yang dilakukan. Hal ini dimungkinkan karena buah merah mengandung zat penting yakni tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui bahwa kandungan nutrisi tersebut dapat bertindak sebagai antioksidan, yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Penyakit HIV merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang merontokkan sistem imunitas tubuh.

2. Kanker dan Tumor
Buah merah juga memungkinkan untuk dapat digunakan mengobati penyakit kanker, karena memiliki kandungan tokoferol yang sangat tinggi (11.000 ppm) dan betakaroten (7000 ppm ). Kedua senyawa tersebut akan bertindak sebagai antioksidan, dan akan meningkatkan sistem imun tubuh, termasuk mencegah penyebaran sel kanker .

3. Stroke dan Tekanan Darah
Stroke dan tekanan darah tinggi adalah penyakit yang awal mulanya disebabkan oleh terjadinya penggumpalan darah atau penyempitan pembuluh darah. Buah merah yang mengandung senyawa tokoferol ini dapat membantu mengencerkan darah, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh meningkat dan tekanan darah bisa normal kembali.

4. Asam Urat
Asam urat dapat timbul karena adanya masalah pada fungsi hati, sehingga produksi asam urat berlebihan. Kelebihan Asam urat akan mengendap dan mengumpul pada bagian persendian dan menimbulkan gejala nyeri maupun sakit . Kandungan senyawa Tokoferol dalam buah merah dapat membantu mengencerkan darah dan memperbaiki fungsi hati. Dengan demikian hati akan mampu memproduksi asam urat dalam jumlah yang normal kembali.

5. Diabetes Mellitus
Penyakit diabetes mellitus disebabkan karena ketidakmampuan kelenjar pankreas untukmemproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat. Kandungan senyawa tokoferol dalam buah merah akan mampu membantu sistem kerja pankreas, sehingga fungsi pankreas bisa normal kembali.

6. Osteoporosis
Umumnya osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium yang sering terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Buah merah juga kaya akan kalsium, sehingga dapat digunakan untuk mencegah serta membantu mengobati osteoporosis.

7. Gangguan Mata
Kandungan beta – karoten yang tinggi dalam buah merah dapat membantu mengatasi berbagai jenis penyakit mata, yang umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin A. Beta – karoten merupakan senyawa yang diserap oleh tubuh dan diolah menjadi vitamin A.

8. Meningkatkan Gairah dan Kesuburan
Dalam hal ini kandungan Vitamin E (tokoferol) yang sangat tinggi dalam buah merah sangatlah berperan. Vitamin E mampu meningkatkan kesuburan bagi Pria dengan cara membantu meningkatkan produksi sel sperma. Selain itu, buah merah juga mengandung kalori yang cukup tinggi yaitu sekitar 360 kalori, sehingga akan sangat mungkin dapat meningkatkan gairah serta vitalitas fisik sepanjang hari.

Nah itulah 8 Manfaat Buah Merah yang mungkin Anda belum pernah tahu. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya, terutama Anda yang belum pernah tahu tentang manfaat buah merah sebenarnya.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *