8 Manfaat Tersembunyi Buah Apel Bagi Kesehatan

Manfaat buah apel bagi kesehatan memang tidak di ragukan lagi, bahkan para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi satu buah apel setiap hari bisa memperpanjang usia kita. Buah apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang semuanya mampu bekerja sama untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap sistem tubuh manusia agar sehat dan terlindungi dengan baik.

manfaat apel
Image courtesy of Tom Gill at flickr.com (CC)

Kandungan nutrisi dalam buah apel seperti flavonoid, polifenol dan vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus yang mengancam kesehatan. Kandungan senyawa beta-karoten (Vitamin A) di dalamnya juga mampu melawan sel kanker dan menurunkan kadar kolesterol darah. Terdapat pula turunan dari vitamin B komplek seperti tiamin, riboflavin dan piridoksin untuk memperkaya manfaat dari buah apel ini. Berikut beberapa manfaat buah apel yang dapat Anda ketahui.

Manfaat Buah Apel

1. Menjaga Kesehatan Organ Jantung. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa fenolik (Biokimia dasar) yang terdapat pada bagian kulit apel yang berfungsi sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, cucilah terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih yang mengalir agar buah apel dapat dimakan beserta kulitnya.

2. Mencegah Diabetes. Kandungan serat larut pektin dalam buah apel yang cukup tinggi mampu mengendalikan gula darah dengan melepas sedikit lebih lambat kedalam aliran darah sehingga hal ini dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Untuk itulah, sebaiknya rutin dalam mengkonsumsi buah apel setiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Baca juga:  25 Pilihan Buah Terbaik Bagi Penderita Diabetes

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal. Memiliki berat badan yang berlebihan dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit. Kulit buah apel memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk kesehatan dengan mengontrol dan menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, buah apel juga merupakan buah yang rendah kalori sehingga jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat mampu memberikan rasa kenyang tanpa khawatir tubuh menjadi gemuk.

4. Menjaga Sistem Imun Tubuh. Kandungan senyawa antioksidan yang bernama quercetin dalam buah apel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik, sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit disaat kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.

5. Mencegah Diare dan Mengatasi Sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel mampu menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu Anda dalam pencegahan diare. Selain mencegah diare, buah aple juga terbukti berkhasiat dalam mengatasi sembelit atau susah BAB. Hal ini juga dikarenakan kandungan serat yang ditemukan dalam buah apel.

6. Mencegah dan Mengobati Kanker. Kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam buah apel serta berbagai senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya sangat efektif untuk pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit kanker. Penelitian terbaru menyatakan bahwa memakan satu buah apel sehari ditambah dengan pola diet sayuran / pola makan vegetarian adalah sebuah cara yang sangat efektif untuk mencegah kanker.

7. Kesehatan Penglihatan. Kandungan vitamin A yang terdapat pada kulit apel mampu memperbaiki sistem penglihatan dan pertumbuhan sel. Rutin mengkonsumsi apel setiap hari, berperan besar dalam mencegah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada organ mata yang mana salah satunya yaitu katarak.

8. Menangkal Radikal Bebas. Kulit apel merupakan salah satu sumber makanan terbaik penghasil zat yang dikenal dengan quercetin. Antioksidan potensial ini mampu menghancurkan radikal bebas penyebab penyakit di dalam tubuh. Selain itu, juga membantu melawan peradangan yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat buah apel yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat dan tidak berlebih. Anda dapat menkonsumsinya dengan cara dimakan langsung atau bentuk jus untuk perawatan kesehatan tubuh baik luar maupun dalam.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *