14 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Buah anggur banyak digemari oleh sebagian besar orang,  selain segar dan enak dimakan ternyata juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama anggur merah. Buah ini dikenal karena rasanya yang khas, manis dan asam, serta kandungan gula yang cukup tinggi membuat anggur merah mudah dicerna dan cocok untuk meningkatkan energi dalam tubuh.
manfaat buah anggur
Image courtesy of Beautifulcataya at flickr.com (CC)

Dalam pengobatan tradisional anggur merah juga terkenal untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti menyembuhkan flebitis, varises, wasir dan kerapuhan kapiler. Selain itu masih banyak manfaat yang didapat dari nutrisi yang terkandung dalam anggur merah. Berikut manfaat anggur merah selengkapnya:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Buah anggur merah mengandung kalium dan potasium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah, khususnya menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Menyembuhkan Migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyakit kepala yang sering dialami oleh sebagian orang. Nah jika anda mengalami hal yang demikian mungkin dengan minum jus anggur merah murni tanpa gula dan air di setiap pagi hari akan membantu penyembuhan migrain secara alami.

Baca juga: Penyebab dan 11 Cara Ampuh Mengobati Sakit Kepala

3. Mengatasi Sembelit. Manfaat anggur merah juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit. Jika anda memiliki masalah dengan buang air besar (sembelit) atau gangguan pencernaan, maka anggur merah adalah ahlinya, konsumsi anggur merah secara rutin untuk memperbaiki pencernaan anda kembali lancar.

4. Mencegah Penuaan Dini. Kandungan zat antioksidan dan berbagai nutrisi vitamin lainnya dalam anggur merah terbukti membantu menjaga kesehatan kulit serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

5. Menjaga Sistem Imun. Anggur merah mengandung senyawa vitamin C yg cukup tinggi, kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan vitamin sebesar 27 % untuk setiap harinya. Vitamin C menurut para ahli sangatlah baik untuk menjaga sistem imun / sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem imun tetap terjaga dengan baik, maka tubuh akan sulit untuk terkena berbagai macam serangan penyakit.

6. Meningkatkan Oksida Nitrat Dalam Tubuh. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dan mencegah terjadinya serangan jantung.

7. Kesehatan Mata. Kandungan Flavonoid dalam anggur merah memiliki fungsi penting yaitu untuk menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang bisa menyebabkan katarak.

8. Mencegah Kanker.  Kandungan resveratrol dalam anggur merah sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan tumor dan kanker.

9. Membersihkan Darah. Anggur merah bisa menjadi pembersih darah dari berbagai racun dan mencegah kelainan darah serta dapat membersihkan darah kotor.

Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

10. Mencegah Anemia. Anemia seringkali terjadi ketika kehamilan memasuki trimester kedua karena sel darah merah dalam tubuh terbagi menjadi dua, untuk sang janin dan ibu. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi anggur merah karena jenis anggur ini memiliki kandungan zat besi lebih banyak yang bisa membantu pembentukan sel darah merah.

11. Memperbaiki Nafsu Makan. Anggur merah memiliki rasa kecut manis yang biasanya di sukai oleh ibu hamil. Hal ini karena dapat mengurangi rasa mual dan meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil karena mengandung Vitamin B1 yang berfungsi memperbaiki nafsu makan.

12. Mencegah Konstipasi. Konstipasi merupakan salah satu masalah yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Nah, Anda dapat memperlancar pencernaan dengan mengonsumsi anggur merah yang kaya serat sehingga dapat membuat pencernaan lancar tanpa adanya gangguan sembelit.

13. Mengurangi Bengkak Pada Bagian Tubuh. Biasanya ibu hamil mengalami masalah pada kaki yang membengkak dan untuk mengurangi bengkak dapat di lakukan dengan olah raga untuk ibu hamil agar otot mengalami peregangan. Mengkonsumsi anggur merah yang mengandung kalsium dan magnesium dapat dengan efektif mengurangi bengkak pada kaki ibu hamil.

14. Pembentukan Otak Bayi. Anggur Merah juga mengandung asam folat tinggi. Asam folat memiliki peranan penting dalam pembentukan otak bayi, pembentukan saraf dan juga untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi bayi serta menjaga kesehatan ibu hamil tetap terjaga.

Meskipun buah anggur merah tergolong aman, namun ibu hamil tidaklah dianjurkan mengkonsumsinya dengan porsi yang berlebihan. Makan anggur terlalu banyak bagi ibu hamil dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah sehingga berisiko terhadap timbulnya penyakit diabetes selama masa kehamilan. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur juga akan menyebabkan diare serta akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *