Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Tubuh dan Perawatan Wajah

Manfaat Air Garam – Garam merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mudah ditemukan dan murah harganya. Namun garam memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh maupun perawatan wajah. Tahukah Anda, minum air garam rutin setiap pagi ternyata bisa mendatangkan sejumlah manfaat yang cukup mengejutkan untuk kesehatan.

Di dalam garam terkandung senyawa natrium yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, natrium juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, sehingga terkadang banyak orang yang mengatakan bahwa dengan makan garam dapat membuat seseorang menjadi lebih cerdas

manfaat air garam
Image courtesy of Chris 73 at commons.wikimedia.org

Manfaat yang terkenal dari air garam adalah khasiatnya yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit gondok, sejenis penyakit yang dapat menyebabkan bengkak pada bagian leher dalam. Penyebab penyakit gondok sendiri adalah karena kekurangan garam atau zat yodium dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Air Lemon

Garam yang mengandung zat yodium sangatlah baik untuk proses pertumbuhan anak dan juga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasannya. Baiklah, selain manfaat tersebut garam juga memiliki manfaat lain yang lebih banyak jika dilarutkan kedalam air. Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat air garam yang dapat Anda ketahui.

Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Air Dapat Terserap Dengan Sempurna oleh Tubuh
Pernahkah Anda mencoba menyiram tanaman yang sangat kering menggunakan air putih? Biasanya air siraman akan langsung meresap ke bawah pot. Sama halnya ketika Anda minum air putih berlebihan, Anda akan semakin sering buang air kecil. Dengan menambahkan sedikit garam kedalam air yang Anda konsumsi akan sedikit memperlambat proses metabolisme tubuh sehingga semua kandungan nutrisi air dapat diserap dan digunakan oleh tubuh dengan baik.

Kesehatan sel-sel tubuh juga bergantung pada tingkat konsentrasi mineral dan elektrolit dalam jumlah tertentu. Terkadang Anda tidak sadar jika sehabis minum air putih terlalu banyak, akibatnya cairan luar sel akan lebih encer yang bisa menyebabkan stres dan pelepasan hormon adrenalin.

Kesehatan Sistem Pencernaan
Air garam dapat membantu mengaktifkan kelenjar air liur di dalam mulut dan memproduksi enzim amilase. Tahapan awal ini sangatlah penting dalam proses pencernaan. Di dalam perut, garam alami mampu menstimulasi asam klorida dan enzim pencernaan protein, yang keduanya dapat membantu menguraikan zat makanan.

Manfaat lainnya adalah bisa membantu menstimulasi sistem sekresi di usus maupun hati yang dapat memperlancar sistem pencernaan berjalan dengan baik. Minum sole water atau air garam secara rutin dan teratur juga bisa membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Kronis
Tahukah Anda berapa jumlah garam ideal yang dibutuhkan oleh tubuh? Rata-rata tubuh manusia membutuhkan garam sebanyak 1,5 sdt atau sekitar 8 gram per hari. Jika kebutuhan ini tidak dapat terpenuhi, tubuh dapat mengalami masalah pada keseimbangan cairan dan tekanan darah.

Kekurangan garam dapat menyebabkan produksi enzim renin dan hormon aldosteron menjadi berlebihan. Akibatnya sirkulasi darah akan terganggu dan agen anti-flimatori semakin meningkat. Oleh karena itu, Kita pun berisiko menderita sejumlah penyakit kronis seperti sindrom metabolisme, penyakit yang berkaitan denagn kardiovaskular, dan hilangnya kemampuan kognisi. Jadi dengan mengonsumsi air garam setiap pagi, kita bisa mengambil langkah awal untuk mencukupi kebutuhan garam tubuh. Sehingga hal ini dapat mencegah diri menderita penyakit kronis.

Proses Detoksifikasi (Membuang racun dari dalam tubuh)
Mineral yang terkandung di dalam garam alami mampu membantu menenangkan sistem saraf yang tegang. Air garam diyakini dapat mengurangi kortisol dan adrenalin, yang keduanya adalah jenis hormon stres. Sehingga kita bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Selain itu, karena kandungan mineralnya yang tinggi, air garam juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Sole water bisa membantu mengeluarkan bakteri jahat dari dalam tubuh.

Manfaat Air Garam Untuk Perawatan Wajah

Air garam diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Misalnya potasium, belerang dan zat lainnya yang mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bukanlah suatu rahasia lagi jika bumbu dapur yang satu ini kerap kali digunakan untuk perawatan wajah yang mudah dan tanpa menimbulkan efek samping.

Ada banyak sekali cara untuk merawat kulit wajah dengan menggunakan air garam. Diantaranya adalah menggunakannya sebagai scrub, atau dengan mengoleskan air garam pada bagian wajah.

Cara tersebut terbilang sangat mudah dan cukup ampuh untuk perawatan kulit wajah agar terhindar dari berbagai kotoran, racun, dan masalah kulit lainnya seperti jerawat.

Kadungan zat belerang maupun potasium dalam air garam mampu bekerja menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit sehingga bisa menghilangkan kotoran yang dapat menimbulkan jerawat.

Air garam juga bisa menghilangkan bopeng di wajah, tanpa rasa sakit dan tanpa operasi plastik. Selain itu, air garam juga mampu mengontrol sebum atau kandungan minyak dalam kulit wajah sehingga wajah dapat terlihat lebih bersih, bebas kilap, dan membuat lebih percaya diri.

Cara paling mudah untuk perawatan wajah adalah dengan mengusapkan air garam pada bagian wajah.

Caranya cukup campurkan air hangat dengan garam, kemudian aduk hingga garam larut. Lalu masukkan kapas (direndam) dan diamkan kurang lebih dua menit.

Setelah dua menit, ambil kapas yang direndam dengan air garam tersebut dan usapkan pada bagian wajah yang bermasalah. Diamkan selama 10-15 menit dan terakhir bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Untuk mengobati jerawat di wajah, Anda juga bisa menggunakan cotton bud sebagai gantinya kapas dan mengoleskannya pada jerawat. Sebelum Anda melakukan langkah-langkah perawatan ini, pastikan wajah harus sudah dibersihkan terlebih dahulu dari make up maupun kotoran yang menempel.

Nah itulah penjelasan tentang fakta manfaat air garam untuk kesehatan tubuh dan perawatan wajah yang dapat Anda pahami. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat air garam yang bisa kita peroleh bila diminum tiap pagi secara teratur, seperti membantu meningkatkan energi, mengurangi kadar gula darah, mengurangi kram otot, menjaga kesehatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, hingga membantu proses penurunan berat badan.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *