10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Tua Yang Bergizi

Periode hamil tua merupakan masa menuju proses kelahiran bayi. Moment ini menjadi masa yang rawan, karena seorang wanita hamil harus benar-benar menjaga kesehatan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Dan penting untuk anda ketahui jika makanan sehat untuk ibu hamil tua sangat mempengaruhi kelancaran saat melahirkan. Nah, berikut kami telah rangkum 10 makanan sehat untuk ibu hamil tua yang sebaiknya anda ketahui.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Agar Bayi Tetap Sehat

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Tua

1. Yogurt
Saat memasuki usia tua kehamilan, ibu hamil kerap mengalami permasalahan pada sistem pencernaan. Masalah yang sering terjadi adalah sembelit, yang diakibatkan karena perut yang semakin tertekan oleh janin yang semakin lama semakin besar, sehingga mengganggu proses pencernaan makanan dalam perut.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seorang ibu hamil butuh asupan makanan yang mudah di cerna, yaitu yogurt. Yogurt berupa cairan kental dengan kandungan serat, kalsium, dan vitamin C, yang dapat menyehatkan ibu dan bayi dalam kandungan.

2. Pepaya
Buah papaya yang matang cocok dikonsumsi bagi ibu hamil tua untuk membantu melancarkan buang air besar, karena kaya akan serat. Selain itu, buah papaya juga menghindarkan ibu hamil dari kondisi heartburm (lambung terasa terbakar), serta berkhasiat memperlancar air susu setelah melahirkan.

3. Bayam
Makanan sehat untuk ibu hamil tua selanjutnya adalah bayam. Sayuran hijau ini kaya akan kandungan seratnya yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Bayam juga mengandung Folat, vitamin C, serta zat besi yang sesuai dengan kebutuhan asupan gizi mereka.

4. Ubi
Ubi mengandung serat, Vitamin B, C, karbohidrat, serta Antioksidan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin dalam kandungan. Dan yang paling penting adalah, kandungan gizi dalam ubi mampu memenuhi kalori ibu hamil yang terus mengalami peningkatan seiring bertambahnya usia kehamilan.

5. Ikan Salmon
Ikan salmon dapat membantu perkembangan sistem syaraf pada bayi. Kandungan Omega dapat membantu kecerdasan bayi setelah dilahirkan. Meskipun harganya cukup mahal, akan tetapi ikan salmon sangat direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil tua. Di sarankan, bagi para ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi ikan salmon mentah, dikhawatirkan ada bakteri yang masih menempel pada ikan dan ikut termakan.

6. Pisang
Berdasarkan penelitian buah pisang dapat mencegah dan mengurangi kram pada usia kehamilan tua. Kandungan potassium yang terdapat dalam buah pisang dapat mengatasi bengkak pada kaki ibu hamil. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin saat memasuki usia kehamilan 7 bulan. Selain itu, buah pisang juga dapat mengatasi sembelit yang seringkali terjadi pada usia kehamilan tua..

7. Beras Merah
Beras merah dapat dikonsumsi sebagai penggannti nasi putih. Beras merah kaya akan kalori yang membuat ibu hamil tidak mudah merasa lapar. Selain itu, beras merah juga mengandung Vitamin B yang berfungsi membantu perkembangan syaraf dan pembentukan sel darah merah.

8. Kacang Polong
Kacang polong juga sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil tua. Zat besi yang terkandung dalam kacang polong dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan bayi setiap harinya. Kacang polong baik dikonsumsi sebayak 3 kali dalam sehari. Selain mengandung zat besi, kacang polong juga mengandung Asam Folat yang berguna bagi si bayi. Kekurangan Asam Folat dapat menyebabkan kelainan pada bayi setelah lahir.

9. Susu
Makanan sehat haruslah terdiri dari empat sehat lima sempurna. Susu merupakan hal yang wajib dikonsumsi, karena mengandung kalsium, asam folat, zat besi, serta gizi lainnya yang menunjang kesehatan ibu dan bayi. Mengonsumsi susu sebelum tidur pada malam hari dapat membuat ibu hamil lebih santai dan tenang. Susu juga dapat mencegah Anda insomnia.

10. Air Putih
Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan, apalagi Anda tengah hamil tua. Selain mengonsumsi susu, air putih merupakan hal yang wajib untuk dikonsumsi. Anda setidaknya mengonsumsi 2 liter air putih setiap harinya, untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, dapat membantu memperlancar proses kelahiran.

Itulah 10 makanan sehat untuk ibu hamil tua. Semoga informasi yang kami jabarkan diatas, bisa bermanfaat.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *