8 Makanan Pembakar Lemak dan Kalori Paling Efektif

Makanan Pembakar Lemak dan Kalori – Jika Anda selama ini sering melihat makanan sebagai salah satu musuh sampai- sampai harus melakukan diet sepanjang hidup Anda, cobalah untuk memanfaatkan 8 makanan pembakar lemak berikut yang mungkin dapat merubah asumsi Anda dan membuat makanan-makanan ini bekerja untuk Anda dalam membakar lemak secara otomatis. Sementara untuk memulainya, Anda tidak perlu merasa harus memilih semua makanan pembakar lemak ini, Anda tidak perlu memfokuskan semua perhatian Anda pada salah satu dari makanan tersebut. Mulailah dengan mencoba beberapa makanan pembakar lemak ini secara bergantian maka Anda akan dapat melihat mana yang lebih cocok untuk membakar lemak dalam tubuh Anda setiap minggunya.

Baca juga: 4 Makanan Tambahan Diet Yang Mengandung Lemak Sehat

Kuncinya adalah pada proses metabolisme tubuh. Tubuh manusia antara satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan dalam proses metabolisme akibat dari perbedaan golongan darah, gaya hidup, serta pola makan setiap harinya. Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak makanan pembakar lemak yang cocok untuk metabolisme tubuh Anda, maka makanan ini tidak akan menjadi musuh bagi Anda, namun sebaliknya justru dapat menjadi sahabat Anda dalam mengurangi lemak tubuh secara alami.

green tea - Makanan Pembakar Lemak
Image courtesy of stu_spivack at flickr.com (CC)

Lalu apa saja makanan-makanan sehat itu? Berikut di antaranya, ada 8 makanan pembakar lemak terbaik untuk membantu membakar lemak tubuh secara alami:

Makanan Pembakar Lemak dan Kalori

1. Susu
Susu merupakan makanan pembakar lemak yang mengandung kalsium yang dapat memacu proses metabolisme. Sebuah penelitian dari University of Tennessee menemukan bahwa orang yang menjalani diet dan mengonsumsi 1200-1300 mg kalsium tiap hari berat badanya akan berkurang hampir dua kali lebih banyak daripada mereka yang diet, tetapi mengonsumsi kalsium lebih sedikit. Untuk membantu diet Anda,pilihlah susu skim yang tidak mengandung lemak. Produk susu seperti yoghurt, keju, butter, dan es krim juga dapat menjadi sumber kalsium yang baik.

2. Oatmeal
Oatmeal mengandung serat larut yang dikenal sebagai betaglucan yangdapat membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam aliran darah. Sarapan dengan oatmeal yang kaya protein sangatlah baik untuk tubuh karena dapat membakar lebih banyak kalori. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dapat membantu meningkatkan metabolisme sebanyak 10%. Dengan tidak sarapan, metabolisme tubuh akan terhambat dan lemak pun menumpuk.

3. Teh Hijau
Teh hijau mengandung EGCG yang membuat otak dan sistem saraf bekerja lebih cepat dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Cobalah untuk mengombinasikan kafein dengan 90 mg EGCG tiga kali sehari, maka Anda akan membakar 80 kalori tambahan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa teh hijau dapat membatu mengurangi berat badan dengan menstimulasi tubuh untuk membakar lemak perut. Untuk mendapatkan efeknya, Anda harus mengonsumsi teh hijau beberapa kali sehari. The hijau juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) disbanding kolesterol jahat (LDL).

4. Daging Ayam
Ayam juga merupakan makanan pembakar lemak yang kaya akan protein sebagai pemicu metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa jumlah kalori yang dibakar meningkat sebanyak 5% pada pria yang mengonsumsi protein seperlima dari porsi makanannya setiap hari. Pilihlah bagian dada dibanding paha ayam karena kandungan lemak dada ayam lebih sedikut, dan tentunya jangan lupa membuang kulitnya.

5. Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar hormone leptin dalam tubuh kita. Semakin rendah hormone leptin, semakin tinggi kalori yang terbakar. Selain itu, omega-3 juga mempunyai efek yang baik bagi kesehatan jantung dan menjaga Anda dari risiko penyakit jantung.

6. Tuna
Makanan pembakar lemak selanjutnya adalah ikan tuna yang dapat membantu menurunkan hormon leptin. Leptin yang rendah berhubungan dengan metabolisme yang semakin cepat. Sebuah studi menemukan bahwa tikus dengan kadar leptin yang rendah metabolisme tubuhnya lebih cepat dan dapat membakar lemak lebih efektif daripada tikus yang kadar leptinnya lebih tinggi.

7. Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi membantu meningkatkan metabolisme karena kaya protein. Tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk mencerna protein daripada lemak atau karbohidrat.

8. Kopi
Makanan pembakar lemak yang terakhir adalah kopi, mengandung senyawa kafein yang dapat mempercepat denyut jantung sehingga mampu membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam tubuh, meskipun efeknya hanya sedikit. Sebaiknya gunakan susu skim atau pemanis rendah kalori dalam mengonsumsinya, hal ini untuk mengurangi jumlah kalori berlebih dalam tubuh.

Beberapa makanan pembakar lemak diatas dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan untuk memiliki berat badan stabil. Jika Anda ingin mengurangi berat badan secara drastis, tentu diperlukan olahraga yang teratur dan juga pengaturan pola diet yang baik.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *