Makanan & Minuman Penyebab Gigi Keropos Yang Perlu Anda Ketahui

Makanan & Minuman Penyebab Gigi Keropos – Gigi merupakan bagian awal dari saluran pencernaan, sehingga perawatan terhadap kesehatan gigi sangatlah penting agar proses pencernaan dapat berjalan dengan sempurna. Salah satu hal yang harus dilakukan dalam perawatan gigi adalah pencegahan gigi keropos. Salah satu pemicu gigi keropos adalah makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Lalu Apa saja makanan dan minuman penyebab gigi keropos? Berikut beberapa diantaranya.

Makanan & Minuman Penyebab Gigi Keropos

Makanan Yang Lengket dan Manis
Ketika membeli camilan, sebagian orang cenderung lebih suka memilih buah kering. Cemilan Buah kering biasanya mempunyai struktur yang lengket sehingga dapat merusak gigi. Hal ini disebabkan karena buah kering menempel lebih lama pada gigi dibanding dengan makanan lainnya. Pastikan Anda mengkonsumsi banyak air putih dan menyikat gigi setelah makan makanan tersebut agar terhindar dari yang namanya gigi keropos.

Kopi dan Teh
Kopi dan teh merupakan minuman sehat alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya banyak sekali orang yang lebih suka menikmatinya dengan tambahan gula. Masalahnya, tambahan gula tersebut dapat menjadi pemicu gigi keropos. Jadi, pastikan untuk selalu minum air putih setelah mengkonsumsinya.

Es Batu
Meskipun es batu dibuat menggunakan air putih, dan tidak mengandung pemanis ataupun zat tambahan lainnya, kebiasaan mengunyah es batu dapat merusak gigi. Struktur enamel dan es batu yang sama-sama keras, dapat menyebabkan keretakan pada gigi saat beradu. Keretakan gigi bisa membuat gigi menjadi lebih hipersensitif.

Makanan Ringan atau Snack
Selain dapat memicu penyakit diabetes tipe 2 dan kelebihan berat badan atau obesitas, makanan ringan seperti keripik kentang, juga dapat membuat gigi keropos. Kandungan zat karbohidrat di dalam tepung dipecah oleh bakteri menjadi zat asam sehingga mengikis lapisan luar gigi yang disebut enamel. Jika hal ini terjadi secara terus menerus dapat dipastikan gigi menjadi rusak dan keropos. Untuk itu pastikan menjaga kebersihan gigi dari sisa keripik yang tertinggal dengan menyikat sela-sela gigi sampai bersih.

Permen
Sebagian besar permen terbuat dari zat gula, dan gula mampu menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Namun, permen yang berbahaya sesungguhnya adalah permen asam karena mengandung bubuk asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi menjadi semakin meluas.

Minuman Bersoda dan Jus Buah
Minuman manis dalam jangka panjang dapat membuat plak gigi menjadi sarang bakteri. Bakteri tersebut memproduksi zat asam untuk melunakkan enamel sehingga memudahkan gigi menjadi keropos. Gunakan sedotan untuk meminimalkan terpaparnya gigi dengan minuman tersebut.

Lemon, Jeruk Nipis, dan Stroberi
Ketiga buah tersebut mengandung gula buah (fruktosa) dan zat asam. Meski banyak mengandung vitamin C, namun jika terlalu lama berada di dalam mulut akan berisiko melunakkan enamel dan memicu terjadinya karies gigi. Imbangi dengan minum air putih yang cukup.

Minuman Beralkohol
Alkohol dapat menyebabkan mulut kering karena produksi air ludah yang berkurang. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang, serta penyakit gigi dan gusi lainnya. Berlebihan minum alkohol juga berisiko terhadap kanker mulut.

Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi Dengan Stroberi

Untuk mengatasi atau mencegah terjadinya gigi keropos anda bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Menyikat Gigi Secara Teratur
    Menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berfluoride saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Untuk pembersih tambahan bisa menggunakan dental floss (benang gigi). Menyikat gigi sebelum tidur dapat mengurangi risiko gigi keropos.
  • Pemberian Fluoride
    Fluoride yang terkandung dalam pasta gigi terkadang tidak mencukupi kebutuhan fluoride untuk rongga mulut. Karena itu, perlu memberi asupan tambahan fluoride yang dapat diperoleh dari gel, obat kumur, larutan, dan varnish. Anda bisa mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter gigi.
  • Modifikasi Pola Makan
    Mengatur frekuensi makan, dapat mempengaruhi proses terjadinya karies gigi. Makanan yang mengandung karbohidrat (misalnya keripik kentang, camilan manis) dan asam (misalnya minuman bersoda dan jus buah) memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat bersih dari mulut, sehingga selama waktu tersebut pecahan zat karbohidrat dapat dihidrolisis menjadi gula sederhana, yang akan memberikan sumber makanan bagi bakteri asidogenik di dalam mulut.
  • Melakukan Penambalan Pada Gigi Yang Sudah Berlubang
    Bahan untuk menambal gigi yang berlubang bisanya berbeda-beda untuk setiap kasus. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.
Share:

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *