10 Makanan Bernutrisi Yang Mengandung Vitamin E

Makanan Bernutrisi – Vitamin E merupakan vitamin larut lemak yang terdapat pada makanan tertentu, baik berupa buah, sayur, maupun makanan yang bersifat hewani. Vitamin E berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain itu, vitamin E juga dikenal sebagai zat antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Setiap hari asupan vitamin E sangatlah diperlukan, pada orang dewasa dianjurkan sekitar 15 mg. Dosis yang lebih tinggi dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui, yakni sekitar 19 mg per hari. Untuk lebih jelasnya berikut pengelompokan kebutuhan vitamin E harian tubuh berdasarkan kelompok umur:

makanan yang mengandung vitamin E
Image courtesy of Mister GC at freedigitalphotos.net

Bayi
– Umur 0 sampai 6 bulan: 4 mg/hari
– 7 sampai 12 bulan: 5 mg/hari

Anak-anak
– Umur 1 sampai 3 tahun: 6 mg/hari
– Umur 4 sampai 8 tahun: 7 mg/hari
– Umur 9 sampai 13 tahun: 11 mg/hari

Remaja dan Dewasa
– Umur 14 tahun atau lebih : 15 mg/hari
– Remaja & wanita hamil: 15 mg/hari
– Ibu Menyusui : 19 mg/hari

Untuk itu, penting sekali mengetahui jenis makanan bernutrisi apa yang dapat memberikan asupan vitamin E untuk tubuh. Berikut beberapa di antaranya :

1. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu makanan bernutrisi yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, memiliki efek positif terhadap berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan katarak, serta burfungsi sebagai antipenuaan dini. Selain tinggi vitamin E, alpukat juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin penting lainnya seperti potasium, vitamin B, K, dan C.

Baca juga:  8 Manfaat Dahsyat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

2. Telur
Telur merupakan sumber protein dan vitamin yang sangat tinggi, terutama pada bagian kuningnya terkandung beragam vitamin seperti vitamin A, D, dan vitamin E. Terdapat sekitar 1,03 mg atau sekitar 7% vitamin E dari keseluruhan kandungan nutrisi dalam telur.

3. Daging ayam
Selain telur, daging ayam juga mengandung vitamin E yang baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian tubuh. Dibandingkan dengan dada, paha ayam memiliki kandungan vitamin E yang cukup dan bahkan paling tinggi. Meskipun demikian, kandungan vitamin E dalam daging ayam tergolong sangat rendah dibandingkan kandungan vitamin E dalam telur.

4. Kacang tanah
Tiap 100 gram kacang tanah mengandung sekitar 570 kilokalori dengan beragam nutrisi penting seperti vitamin E, vitamin B, serat pangan, dan berbagai macam mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa hasil penelitian menunjukkan, mengkonsumsi kacang tanah secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan.

5. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari juga merupakan makanan bernutrisi yang mengandung vitamin E terkaya, yaitu sekitar 35.17 g per100 g. Selain vitamin E, biji bunga matahari juga mengandung zat besi, folat, dan fitokemikal yang dapat membantu proses pencegahan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Vitamin E dalam biji bunga matahari telah terbukti membantu mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker kandung kemih.

6. Kacang almond
Almond adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin E paling tinggi diantara kacang-kacangan yang lainnya. Kadar vitamin E yang terkandung di dalam kacang almond cukup banyak, yaitu sekitar 26,3 miligram per 100 gram. Selain vitamin E ternyata kacang almond juga mengandung beragam nutrisi penting lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, selenium, niacin, dan fosfor, yang semuanya baik untuk tubuh.

7. Brokoli
Selain memiliki kandungan tinggi kalsium, brokoli ternyata mengandung berbagai vitamin, salah satunya yaitu vitamin E yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Satu genggam brokoli setidaknya mengandung sekitar 1 mg vitamin E. Mengkonsumsi brokoli rutin setiap hari tidak hanya memenuhi asupan vitamin E saja, melainkan asupan nutrisi lain seperti kalsium, serat, dan zat antioksidan untuk keperluan gizi tubuh. Anda dapat mengkonsumsinya menjadi makanan harian sebagai sayur yang sangat enak.

8. Bayam
Bayam memiliki kandungan vitamin E cukup banyak, dalam satu mangkok terdapat sekitar 4 mg vitamin E yang mampu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Selain memperoleh manfaat dari vitamin E tersebut ternyata masih banyak kandungan nutrisi lain dalam bayam yang dapat membantu memenuhi gizi Anda seperti  serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

9. Udang
Udang merupakan sumber vitamin E yang mampu mencukupi sekitar 18 % kebutuhan gizi harian bagi tubuh. Dalam 100g terkandung sebanyak 2.2mg vitamin E. Selain vitamin E udang juga mengandung nutrisi lain yang tentunya baik untuk kesehatan. Tapi perlu diingat bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya mengkonsumsi udang tidak berlebihan.

10. Lobak Sayur
Selain memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, lobak sayur juga mengandung vitamin E hingga 28.8 % dari kebutuhan normal tubuh manusia. Vitamin E pada lobak sayur mampu membantu mencegah secara aktif pertumbuhan sel kanker dan berbagai penyakit lainnya yang disebabkan oleh gangguan oksidasi oksigen pada sel sehat.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *