Kandungan Gizi Lengkap dan Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Lengkap dan Manfaat Telur – Telur merupakan hasil ternak yang mempunyai peranan besar dalam mengatasi masalah gizi di masyarakat. Hal ini dimungkinkan karena telur mengandung zat-zat gizi yang diperlukan untuk hidup sehat. Zat-zat gizi dalam telur sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Itulah sebabnya telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, wanita yang sedang hamil, ibu-ibu yang sedang menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, dan para lansia (lanjut usia). Ini artinya telur sangat cocok untuk semua kelompok umur dari segala lapisan masyarakat.

manfaat telur
Image courtesy of Liz West at flickr.com (CC)

Kandungan Gizi Dalam Telur

Sebagai bahan pangan, telur memiliki beberapa kelebihan, yaitu mengandung berbagai macam zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh, rasanya enak, mudah dicerna, menimbulkan rasa segar dan kuat pada tubuh, serta dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan.

 

Sebutir telur ayam terdiri atas 11 % kulit telur (cangkang), 58 % putih telur (albumin), dan 31 % kuning telur (yolk). Dalam sebutir telur ayam dengan berat 50 gram mengandung 6,3 gram protein, 0,6 gram karbohidrat, 5 gram lemak, serta sejumlah vitamin dan mineral. Perlu anda ketahui bahwa protein yang terkandung dalam telur merupakan protein yang bermutu tinggi dan mudah dicerna.
Kandungan senyawa protein dalam telur banyak terdapat pada kuning telur, yaitu sekitar 16,5 %, sedangkan pada putih telur sebanyak 10,9 %. Protein telur terdiri atas ovalbumin (pada bagian putih telur) dan ovavitelin (pada kuning telur). Protein telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Oleh sebab itu, dalam penelitian ilmiah telur sering kali digunakan sebagai standar dalam menilai kualitas bahan pangan lainnya.

 

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa telur memiliki nilai kegunaan protein (net protein utilization) sebesar 100 %, sedangkan daging ayam 80 %, dan susu 75 %. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah dan komposisi asam amino pada telur sangat lengkap dan berimbang sehingga hampir seluruhnya dapat bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan penggantian sel-sel yang rusak.

 

Hampir sebagian besar kandungan lemak dalam telur terdapat pada bagian kuningnya, yaitu mencapai 32 %, sedangkan pada bagian putihnya memiliki kandungan lebih sedikit. Lemak dalam telur terdiri atas trigliserida (lemak netral), fosfolipida (umumnya berupa lesitina), dan kolesterol. Trigliserida dan fosfolipida berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. 1 gram lemak menghasilkan 9 kilokalori energi. Lemak dalam telur berbentuk emulsi (bergabung dengan air) sehingga lebih mudah dicerna, baik oleh bayi, anak-anak maupun golongan lanjut usia.

 

Konsumsi lemak terlalu tinggi dalam menu makanan sehari-hari akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol darah yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada fungsi jantung. Hal ini telah tercermin pada pola makan masyarakat barat yang tinggi kadar lemaknya(antara 30-40 % dari jumlah energi per hari). Lemak tersebut umumnya berasal dari produk olahan daging. Dalam pola makan yang baik, dianjurkan agar sumbangan energi dari karbohidrat sekitar 60-70 %, protein 10 %, dan lemak 20-30 %. Jika konsumsi telur dilakukan sesuai dengan pola tersebut sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

 

Kandungan Gizi Berbagai Jenis Telur

Kandungan Gizi Telur Ayam Utuh:
Energi: 162 kkal, Protein: 12.8 g, Lemak: 11.5 g, Karbohidrat: 0.7 g, Kalsium: 54 mg, Fosfor: 180 mg, Besi: 2.7 mg, Vitamin A: 900 SI, Vitamin B1: 0.10 mg, Air: 74.0 g

 

Kandungan Gizi Telur Ayam Bagian Kuning:
Energi: 361 kkal, Protein: 16.3 g, Lemak: 31.9 g, Karbohidrat: 0.7 g, Kalsium: 147 mg, Fosfor: 586 mg, Besi: 7.2 mg, Vitamin A: 2000 SI, Vitamin B1: 0.27 mg, Air: 48.4 g

 

Kandungan Gizi Telur Ayam Bagian Putih:
Energi: 50 kkal, Protein: 10.8 g, Lemak: 0 g, Karbohidrat: 0.8 g, Kalsium: 6 mg, Fosfor: 17 mg, Besi: 0.2 mg, Vitamin A: 0 SI, Vitamin B1: 0 mg, Air: 87.8 g

 

Kandungan Gizi Telur Bebek:
Energi: 189 kkal, Protein: 13.1 g, Lemak: 14.30 g, Karbohidrat: 8 g, Kalsium: 56 mg, Fosfor: 175 mg, Besi: 2.8 mg, Vitamin A: 1230 SI, Vitamin B1: 0.18 mg, Air: 70.8 g

 

Kandungan Gizi Telur Bebek Asin:
Energi: 395 kkal, Protein: 13.6 g, Lemak: 13.6 g, Karbohidrat: 1.4 g, Kalsium: 120 mg, Fosfor: 157 mg, Besi: 1.8 mg, Vitamin A: 841 SI, Vitamin B1: 0.23 mg, Air: 66.5 g

 

Kandungan Gizi Telur Penyu:
Energi: 144 kkal, Protein: 12.0 g, Lemak: 10.2 g, Karbohidrat: 0 g, Kalsium: 84 mg, Fosfor: 193 mg, Besi: 1.3 mg, Vitamin A: 600 SI, Vitamin B1: 0.11 mg, Air: 766 g

 

Kandungan Gizi Telur Puyuh: 
Energi: 1450 kkal, Protein: 10.3 g, Lemak: 10.6 g, Karbohidrat: 3.3 g, Kalsium: 49.0 mg, Fosfor: 198 mg, Besi: 1.4 mg, Vitamin A: 2741 SI

 

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Sebagai sumber protein tinggi.
Telur juga merupakan sumber protein tinggi, selain kalori dan lemak. Protein adalah salah satu nutrisi makro yang paling dibutuhkan oleh tubuh, dan protein itu sendiri berfungsi sebagai blok pembangun dari tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel yang rusak, serta berperan dalam menghasilkan enzim, hormon dan zat kimia tubuh lainnya. Namun hal ini tidak seperti lemak dan karbohidrat, tubuh tidak dapat menyimpan protein. Artinya protein dalam tubuh harus selalu tercukupi setiap harinya dari berbagai sumber makanan, salah satunya adalah dari telur. Dengan demikian, telur dapat menjadi solusi yang baik bagi anda yang sedang mengurangi karbohidrat untuk menurunkan berat badan berlebih.

 

Untuk menjaga kesehatan mata.
Untuk menjaga kesehatan mata dibutuhkan asupan vitamin yang cukup, terutama vitamin A. Telur merupakan sumber tinggi vitamin A yang bermanfaat baik dalam menjaga fungsi penglihatan serta berbagai gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Selain itu, telur juga mengandung berbagai senyawa antioksidan penting bagi mata, seperti Lutein dan Zeaxanthin, yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Asupan dua antioksidan ini sangat diperlukan baik untuk anak-anak, orang dewasa, maupun lansia (lanjut usia).

 

Sumber asam folat dan kolin, perkembangan otak dan jaringan sel yang sehat.
Bagian telur yang berwarna putih atau putih telur ternyata juga sebagai sumber riboflavin dan selenium serta vitamin esensial penting seperti asam folat, B12, niasin betain dan kolin. Asam folat sendiri sangat penting terutama untuk memenuhi asupan gizi selama masa kehamilan. Hal ini bermanfaat untuk perkembangan otak si janin selama dalam kandungan dan mencegah cacat ketika lahir. Sementara kolin bermanfaat untuk perkembangan jaringan sel yang sehat.

 

Membantu menurunkan berat badan.
Telur mengandung protein sangat tinggi, hal ini akan membuat anda merasa lebih kenyang setelah mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan menu yang sehat, anda dapat mencoba mengkombinasikan telur, gandum utuh, dan sayuran sebagai menu makanan harian anda. Hal ini dapat membantu memberikan energi yang cukup untuk melakukan beragam aktivitas sehari-hari. Menu ini cukup populer bagi orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

 

Menjaga kesehatan tulang.
Telur merupakan sumber vitamin D yang baik. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena fungsinya dalam membantu penyerapan kalsium serta menjaga kesehatan tulang. Karenanya, telur juga penting dalam mencegah risiko osteoporosis, tentunya jika dikombinasikan bersama dengan berbagai sumber kalsium lainnya baik sumber hewani maupun nabati.

 

Manfaat telur lainnya.
Dengan kandungan berbagai nutrisinya yang sangat melimpah, tentu saja kita masih bisa mendapatkan banyak manfaat penting lainnya dari telur. Telur mengandung Vitamin A, B-kompleks, dan juga selenium yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan (kekebalan) tubuh.

 

Sumber protein tinggi dalam telur, selain bermanfaat membantu menurunkan berat badan,ternyata juga sangat baik dalam pembentukan jaringan otot tubuh. Selain itu, berbagai nutrisi penting vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya akan memberikan kontribusi baik dalam menjaga kesehatan dari luar termasuk meningkatkan kesehatan kulit, serta mencegah kerusakan jaringan dalam tubuh. Memiliki sistem imun (kekebalan tubuh) yang kuat pastinya akan membantu meningkatkan penampilan dan performa tubuh secara keseluruhan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *