Inilah 6 Gejala Serangan Jantung Pada Wanita Yang Sering Terjadi

Gejala Serangan Jantung Pada Wanita – Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat agar tidak membahayakan nyawa penderita. Untuk itu anda perlu mengetahui gejala serangan jantung agar anda dapat segera mengenali dan mendapatkan penanganan yang cepat.

Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

Secara umum, gejala khas serangan jantung adalah nyeri pada dada sebelah kiri secara tiba-tiba yang menjalar ke lengan kiri. Namun masalahnya, gejala ini lebih sering dialami oleh kaum pria. Pada wanita, gejala serangan jantung biasanya sering tidak terdeteksi dan terabaikan.

Baca juga: Gejala Kanker Serviks Stadium Sedang Maupun Lanjut

Jadi, mungkin saja wanita meninggal disebabkan serangan jantung “diam-diam” dikarenakan sering kali gangguan jantung yang serius pada wanita tidak terdeteksi dan tidak ditangani dengan baik. Untuk itu, para wanita perlu lebih berhati-hati agar tidak salah mengenali gejala serangan jantung.

Untuk itu, bagi anda kaum hawa, sebaiknya simak tanda-tanda atau gejala serangan jantung yang terjadi wanita berikut ini.

1. Nyeri pada dada

Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi diseluruh bagian dada selama beberapa menit atau hilang timbul merupakan tanda serangan jantung. Gejala serangan jantung dapat juga berupa sesak, sempit, tertekan disertai rasa nyeri pada bagian dada kiri maupun kanan.

2. Nyeri pada lengan, punggung, leher, atau rahang

Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher, atau rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat. Rasa nyeri tersebut dapat terasa bertahap atau tiba-tiba, dapat muncul kemudian menghilang.

3. Nyeri di perut

Seringkali orang keliru menafsirkan nyeri perut bukan sebagai tanda serangan jantung pada wanita, melainkan menganggapnya sebagai tanda sakit begah, flu atau lambung. Namun anda perlu waspada apabila nyeri terjadi di daerah ulu hati seperti rasa tertekan pada daerah perut bagian atas, bisa jadi itu adalah gejala serangan jantung.

4. Sesak nafas, mual dan pusing

Tanda serangan jantung pada wanita juga bisa berupa sesak nafas tanpa nyeri dada, mual tanpa sebab, pusing, rasa melayang, bahkan sampai pingsan. Jadi jika anda merasa kesulitan bernafas tanpa alasan yang jelas padalah aktivitas tidak begitu berat maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

5. Keringat dingin yang berlebilan

Gejala serangan jantung berupa berkeringan dingin yang berlebihan merupakan gejala umum yang sering terjadi. Jika anda merasa berkeringat tanpa sebab yang jelas, ada baiknya anda patut berhati-hati.

6. Mudah lelah

Seringkali wanita merasa lelah meskipun sedang duduk atau beristirahat. Rasa lelah yang semacam ini dapat menjadi salah satu gelaja serangan jantung pada wanita.

Perlu anda ketahui tidak semua wanita akan mengalami tanda serangan jantung seperti yang telah disebutkan di atas. Beberapa orang justru tidak dapat terdeteksi gejalanya. Jika salah satu gejala tersebut atau beberapa gejala sekaligus terjadi pada anda atau orang di sekeliling anda, sebaiknya segeralah konsultasikan ke dokter. Jangan tunda dan jangan mengabaikan keluhan tersebut untuk menghindari risiko yang lebih parah.

Sayangilah tubuh anda dengan tetap menjaga pola hidup sehat dan makan makanan bergizi. Kurangi asupan makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh untuk menjaga kesehatan anda dari resiko serangan jantung. Untuk anda yang hobi mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok, sebaiknya untuk dikurangi. Hal tersebut selain memicu terjadinya serangan jantung pada wanita, namun bisa membuat anda mandul dan merusak janin pada wanita hamil.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *