5 Gejala Penyakit Lambung Kronis Yang Sering Terjadi

Gejala Penyakit Lambung Kronis – Penyakit lambung merupakan gangguan kesehatan terkait dengan organ pencernaan yang tepatnya di bagian lambung. Penyakit lambung dapat bersifat kronis atau akut tergantung dari kondisi penyakit tersebut dan berapa lama hal itu terjadi. Penyakit lambung kronis umumnya terjadi akibat pembengkakan di bagian selaput dinding lambung yang diakibatkan oleh virus dan bakteri yang hidup memakan bakteri baik di dalam lambung dan usus. Oleh karena itu mereka yang menderita penyakit lambung kronis ini sering kali mengalami berbagai macam keluhan mulai dari nyeri yang menyayat di ulu hati, bahkan sampai terkadang beberapa diantaranya ada yang hilang kesadaran atau pingsan.

Penyakit lambung kronis ini sering dialami oleh mereka yang selalu disibukkan dengan berbagai pekerjaan setiap harinya, bahkan tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, waktu atau jam makan sering dilewatkan hingga banyak energi yang telah dikeluarkan dari tubuh tanpa mendapat asupan yang seimbang.

Gejala Penyakit Lambung Kronis
Image courtesy of vimeo at vimeo.com

Jika penyakit lambung kronis ini dibiarkan semakin lama, hal ini akan membawa efek negatif terhadap timbulnya penyakit lainnya, seperti :

  • Hepatitis A
  • Sistem imunitas tubuh menurun
  • Mengalami sembelit, bahkan hingga perdarahan
  • Mudah mengalami masuk angin
  • Risiko terbesar yang timbul adalah gejala dari kanker lambung.

Penyakit lambung kronis sering dikenal juga dengan istilah tukak lambung atau maag akut. Penyakit lambung bukanlah suatu penyakit tunggal. Penyakit lambung kronis lebih mengacu pada kumpulan berbagai kondisi kesehatan yang mengalami gangguan sehingga menyebabkan terjadinya peradangan di bagian lambung. Dan biasanya peradangan ini terjadi karena suatu akibat dari adanya serangan infeksi oleh bakteri Helicobacter Pylori (H. pylori) yang menyebabkan peradangan lapisan lambung yang kronis. Namun ada juga faktor lain yang bisa memicu penyakit lambung seperti stress, pola hidup tak sehat dan juga pola makan yang tak teratur. Namun secara medis, penyakit lambung adalah salah satu sindrom dari rasa nyeri atau rasa kurang nyaman yang terasa di bagian ulu hati, dan saluran cerna bagian atas serta bagian di sekitarnya.

Baca juga: Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Hati atau Liver

Penyakit lambung biasanya memiliki beberapa tahapan yang dimulai dari gejala ringan hingga gejala yang kronis atau akut dan jika hal ini dibiarkan terus menerus, tidak melakukan pengobatan maka akan menyebabkan risiko kanker lambung yang merupakan salah satu tahapan dari penyakit lambung kronis. Lalu apa saja gejala-gejalanya yang sering terjadi? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

5 Gejala Penyakit Lambung Kronis

1. Mual dan Muntah
Gejala penyakit lambung kronis yang pertama dan yang paling membuat resah adalah merasakan mual dan muntah. Gejala penyakit lambung kronis yang seperti ini akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman bagi penderita, bahkan nafsu makan pun akan hilang. Oleh karena itu, jika Anda punya penyakit lambung dan mengalami mual dan muntah yang tidak biasa sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih dini sebelum penyakit Anda semakin parah.

2. Mulut Terasa Pahit
Selain merasakan mual dan muntah, gejala penyakit lambung kronis pun bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Hal ini karena asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan sampai dengan mulut yang menyebabkan rasa pahit ini muncul. Dan biasanya juga asam lambung yang naik ke bagian mulut akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, serta apabila terlalu sering kambuh bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi.

3. Rasa Terbakar Pada Tenggorokan
Gejala penyakit lambung kronis yang kondisi asam lambungnya naik bisa menyebabkan rasa terbakar atau panas pada bagian tenggorokan dan maupun ulu hati. Rasa panas yang diakibatkan asam lambung naik ini memungkinkan juga menyebabkan peradangan pada tenggorokan, sehingga sakit tenggorokan bisa dialami oleh penderita penyakit lambung kronis.

4. Nyeri Pada Bagian Perut
Jika penyakit lambung sedang kambuh, maka gejala penyakit lambung kronis yang juga bisa dirasakan adalah rasa nyeri pada bagian perut. Nyeri di perut disebabkan karena lambung yang telah terinfeksi oleh virus dan bakteri. Infeksi pada bagian lambung akan menyebabkan luka sehingga perut terasa sakit atau nyeri.

5. Perut Kembung
Tak hanya nyeri di perut, tetapi gejala penyakit lambung kronis pun bisa menyebabkan perut Anda terasa kembung. Hal ini disebabkan karena banyak gas atau udara yang terjebak di dalam perut atau di dalam lambung sehingga menyebabkan perut menjadi kembung.

Nah itulah 5 gejala-gejala yang sering terjadi dan dialami oleh penderita penyakit lambung kronis. Jika Anda sendiri yang mengalaminya, silahkan untuk segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *