Kenali Gejala Penyakit Ginjal Akut dan Kronis Ini Agar Tetap Waspada

Gejala Penyakit Ginjal Akut dan Kronis – Banyak sekali orang yang memiliki penyakit ginjal tanpa menyadarinya, hal ini karena gejala penyakit ginjal bisa berlangsung lebih lama. Pada beberapa kasus, gejala penyakit ginjal yang dirasakan dapat hilang begitu saja, bahkan gejala penyakit ginjal tidak akan terasa selama bertahun-tahun, namun ketika penyakit ginjal ini sudah menimbulkan gejala-gejala tertentu biasanya penyakit ginjal tersebut sudah mencapai ke level yang lebih serius yaitu penyakit ginjal akut bahkan hingga gagal ginjal.

Baca juga: Manfaat Rebung Bambu Kuning Untuk Penyembuhan Penyakit Batu Ginjal

Pengetahuan merupakan kekuatan terpenting bagi orang-orang yang menderita penyakit ginjal. Mengetahui gejala-gejala penyakit ginjal sejak dini dapat membantu proses pengobatan lebih cepat dan tuntas. Jika Anda ataupun saudara yang memiliki lebih dari satu gejala penyakit ginjal sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan tubuh anda ke bagian medis. Banyak sekali gejala-gejala penyakit ginjal yang menyerupai dengan gejala penyakit lain, sehingga untuk lebih memastikan segeralah untuk memeriksakan diri Anda ke dokter.

Gejala Penyakit Ginjal Akut dan Kronis
Image courtesy of Karolina vslo at flickr.com (CC)

Gejala Penyakit Ginjal Pada Umumnya

  • Kepala Pusing dan Sulit Konsentrasi
  • Perubahan Urin
  • Urin Bercampur Darah
  • Tubuh Merasakan Lelah dan Lemah Ekstrem
  • Pembengkakan Pada Beberapa Bagian Tubuh
  • Tubuh Merasa Kedinginan
  • Timbul Rasa Gatal Berlebihan
  • Mual dan Muntah
  • Sesak Napas
  • Sakit Pada Bagian Pinggang
  • Intersititial Cystitis

Gejala Penyakit Ginjal Akut

Jumlah Urin Yang Dikeluarkan Sedikit
Gejala penyakit ginjal seperti ini merupakan yang paling utama dialami oleh penderita penyakit ginjal akut. Selain mengeluarkan urin dengan jumlah sedikit, air urinnya juga berwarna lebuh gelap, atau bahkan kemerahan seperti warna darah. Bila gejala penyakit ini disertai dengan dehidrasi, Anda sebaiknya segera meminta pertolongan medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hilang Kesadaran
Biasanya seorang penderita penyakit ginjal menjadi tidak responsif ketika dipanggil ataupun diajak berbicara, bahkan lebih sering melamun. Hilangnya kesadaran ini dapat disebabkan oleh penumpukan toksin (racun) yang berlebihan didalam tubuh, yang tidak terbuang bersama dengan urin.

Pembengkakan Pada Bagian Kaki dan Tungkai
Penumpukan cairan yang berlebihan di bagian kaki akan menyebabkan kaki dan tungkai mengalami pembengkakan. Selain itu, kaki dan tungkai yang bengkak juga bisa disebabkan oleh karena kurangnya kadar protein dalam darah.

Mengalami Sesak Nafas
Mengalami sesak nafas tidak hanya terkait dengan gejala penyakit jantung dan paru-paru, akan tetapi juga bisa merupakan gejala penyakit ginjal akut. Biasanya sesak nafas terjadi secara tiba-tiba dan menyerang mereka yang tidak pernah memiliki riwayat sesak nafas sebelumnya.

Perlu Anda diketahui bahwa, Gejala penyakit ginjal akut bisa juga tidak menimbulkan tanda-tanda. Yang pasti, Anda harus selalu menjaga kebutuhan cairan tubuh agar selalu tercukupi, terutama jika Anda sedang menderita diare, muntah hebat, dan infeksi, serta kondisi kelainan ginjal lainnya.

Gejala Penyakit Ginjal Kronis

Perubahan Pola Buang Air Kecil
Perubahan yang terjadi meliputi lebih sering buang air kecil atau tidak sewajarnya, serta merasakan tekanan saat kencing, dan urin lebih sedikit, berbusa, dan berubah warnanya.

Warna Kulit Menjadi Semakin Gelap
Gejala penyakit ginjal kronis mengakibatkan kulit berwarna gelap, kelihatan kusam, dan redup. Gejala ini disebabkan adanya penumpukan sisa penyaringan darah oleh ginjal yang tidak terbuang bersama dengan urin. Warna kulit yang pucat juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal kronis yang diakibatkan kurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Sulit Untuk Berkonsentrasi
Gejala penyakit ginjal kronis selanjutnya adalah sulit untuk berkonsentrasi. Akibat dari ginjal tidak mampu membuang toksin bersama dengan urin, toksin pun masuk kedalam darah hingga ke otak. Toksin inilah yang kemudian menjadi penyebab sulitnya untuk berkonsentrasi.

Mengalami Sesak Nafas
Penderita penyakit ginjal kronis juga akan mengalami sesak nafas. Gejala ini terjadi secara tiba-tiba dan bisa menyerang mereka yang tidak memiliki riwayat sesak nafas sebelumnya.

Nyeri Pada Tulang
Biasanya penderita penyakit ginjal kronis akan mengalami nyeri pada bagian tulang. Selain terasa nyeri, tulang juga bisa menjadi lebih rapuh, sehingga sedikit saja mengalami benturan dapat menyebabkan patah tulang. Kondisi seperti ini mirip dengan gangguan tulang, Osteoporosis.

Agar Terhindar dari Penyakit Ginjal Akut dan Kronis

Penderita kondisi-kondisi tertentu yang berisiko mengarah pada penyakit ginjal akut dan kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi disarankan untuk selalu tetap waspada terhadap perkembangan penyakit mereka. Perubahan gaya hidup seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur, serta menghindari mengonsumsi obat-obatan yang dapat merusak organ ginjal dan menghindari mengonsumsi minuman keras berlebih akan membantu mencegah terjadinya penyakit ginjal baik akut maupun kronis.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *