Gejala Kanker Serviks Stadium Sedang Maupun Lanjut

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada bagian leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk dari vagina menuju rahim. Kanker serviks memang bukanlah jenis penyakit asing yang sering kita dengar. Penyakit ini cenderung menyerang wanita dan menjadi salah satu momok berbahaya bagi para wanita masa kini.

Penyakit kanker serviks umumnya terjadi karena gaya hidup yang kurang baik, salah satunya adalah seks bebas dengan berganti-ganti pasangan. Tindakan tersebut akan meningkatkan resiko terhadap virus HPV (Human Papilloma Virus) sebagai penyebab penyakit kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks
Image courtesy of Cancer Research UK at commons.wikimedia.org

Lalu seberapa bahaya jenis penyakit ini terhadap kehidupan kita? Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa penyakit kanker serviks merupakan penyakit yang menduduki peringkat pertama sebagai jenis kanker yang menyebabkan kematian bagi wanita yang tersebesar di seluruh dunia. Dari 15.000 kasus setidaknya sebanyak 8.000 orang mengalami kematian. Untuk mendeteksi penyakit ini sejak dini, sebaiknya Anda perlu mengenali beberapa gejala yang sering terjadi.

Gejala Kanker Serviks Stadium Sedang

Gejala kanker serviks stadium sedang terdiri dari 6 gejala, cermati tanda berikut dan lakukan konsultasi lebih lanjutan jika Anda mengalaminya.

1. Pendarahan Pada Vagina, (ini tanda paling umum)
Pendarahan pada bagian vagina yang terjadi secara tidak teratur atau tidak normal (bukan haid) merupakan ciri yang paling umum dari kanker serviks. Pendarahan dapat terjadi antara periode menstruasi, setelah berhubungan badan, atau kapan pun selama tidak berhubungan dengan masa atau siklus mens Anda. Kadang-kadang pendarahan pada bagian vagina menunjukkan timbulnya keputihan yang sedikit bercampur dengan darah, selain itu pendarahan saat haid juga akan berlangsung sedikit lebih lama dibandingkan dengan biasanya. Pendarahan pada vagina juga dapat terjadi pada wanita menopause yang tak lagi memiliki periode menstruasi. Ini merupakan tanda peringatan utama kanker serviks atau masalah lain yang harus anda konsultasikan dengan ahlinya.

Ciri ciri pendarahan pada bagian vagina yang disebabkan oleh kanker serviks:

  • Pendarahan tidak pada periode haid
  • Terjadi pada saat berhubungan dengan pasangan
  • Terjadi setelah masa menopause
  • Terdapat campuran keputihan pada darah
  • Masa haid yang jauh lebih lama dari pada biasanya.

Jika hal ini terjadi langsung saja konsultasikan pada dokter untuk mengetahui lebih detil mengenai masalah ini yang timbul.

2. Rasa Sakit Selama Berhubungan Suami Istri
Jika Anda tidak merasakan “seperti biasanya” saat melakukan hubungan suami istri dan cenderung terasa sangat sakit tanpa sebab yang jelas. Pastikan Anda langsung berkonsultasi dengan dokter terkait agar memeriksa masalah yang sedang Anda alami. Kecenderungan rasa sakit yang timbul selama berhubungan juga menjadi salah satu faktor yang paling tinggi terhadap risiko kanker serviks.

3. Nyeri Di Sekitar Pinggul
Nyeri sekitar pinggul juga dapat menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam hubungannya dengan gejala penyakit kanker serviks.

4. Pendarahan Setelah Menopause
Pendarahan setelah menopause seharusnya diperiksa oleh dokter spesialis kandungan (Spog) untuk mengetahui apa penyebab pasti yang timbul. Jika tidak, hal ini pasti dapat menjadi sesuatu yang mungkin berdampak serius, salah satunya adalah kanker serviks. Ciri pendarahan setelah menopause merupakan salah satu gejala yang sangat umum terjadi pada penderita kanker serviks.

5. Keputihan Yang Abnormal (diluar biasanya)
Apakah Anda sering mengalami keputihan? mungkin hal ini tidak menjadi masalah karena memang bukan gejala penyakit tertentu. Namun jika jumlahnya yang sangat besar dan tidak sewajarnya sehingga sangat mengganggu tentu ada sesuatu yang mungkin terjadi. Salah satu yang mungkin Anda alami adalah kanker serviks.

6. Pendarahan Menstruasi Yang Lebih Panjang dan Berat Dari Biasanya
Anda mungkin mengalami menstruarsi yang banyak pada hari pertama sampai dengan hari ketiga. Namun Jika Anda menstruasi terus dengan jumlah yang banyak sampai beberapa hari bahkan berminggu-minggu, Anda sudah harus merasa curiga dengan penyakit yang mematikan ini, setidaknya Anda mulai melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah itu adalah salah satu gejala kanker serviks atau bukan.

Gejala kanker serviks stadium sedang di atas haruslah Anda konsultasikan pada dokter Anda, agar dapat diambil tindakanyang tepat untuk proses penyembuhan. Penyembuhan di tahap awal akan jauh lebih mudah dibanding dengan jika telah terinfeksi pada stadium lanjut. Kenali juga gejala kanker serviks stadium lanjut berikut agar Anda lebih berhati-hati.

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

Gejala-gejala yang timbul dari penderita kanker serviks stadium lanjut biasanya sangat terlihat mulai dari gejala fisik sampai dengan bentuk tubuh serta perasaan yang muncul. Berikut adalah gejala-gejalanya :

  1. Sakit Punggung
  2. Nyeri tulang atau patah tulang
  3. Kelelahan
  4. Keluarnya urin atau feses dari vagina
  5. Nyeri pada kaki
  6. Kehilangan nafsu makan
  7. Nyeri panggul
  8. Kaki bengkak
  9. Menurunnya berat badan

9 gejala-gejala di atas merupakan tanda jika kanker serviks yang dialami telah menuju stadium lanjut pada tahap paling berbahaya.

Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti yang telah disebutkan diatas, maka sebaiknya Anda melakukan tindakan yang lebih serius untuk mencegah risiko kanker serviks yang mematikan.

Agar terhindar dari kanker serviks Anda dapat melakukan berbagai cara seperti olahraga rutin, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, memeriksakan organ intim secara rutin dan jangan berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Untuk pencegahan secara medis, Anda bisa memberikan vaksin kanker serviks untuk mencegah infeksi virus papiloma. Wanita yang memiliki kebiasaan merokok juga memiliki resiko terhadap penyakit kanker serviks dengan persentase sebanyak 30% karena rokok mengandung zat kimia yang sangat berbahaya dan dapat memicu terjadinya kanker serviks.

Ketika penyakit kanker serviks masih berada pada stadium awal, mungkin masih bisa diobati dengan mudah. Namun jika kondisinya sudah parah misalnya sampai pada stadium 4, maka kanker serviks yang diderita dapat menjadi pembunuh yang sangat berbahaya. (Sumber: faktakanker.com)

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *