Waspadalah Terhadap Gejala Penyakit DBD (Demam Berdarah)

Sebaiknya kita waspada terhadap gejala penyakit demam berdarah. Timbulnya gejala penyakit demam berdarah (DBD) memang tidak terduga-duga. Namun, pada umumnya ada beberapa gejala yang sering di jumpai pada penderita demam berdarah, diantaranya adalah panas tinggi,  pusing,  dan bahkan muntah-muntah. Tetapi gejala ini juga bisa saja mengindikasikan gejala penyakit lain, sehingga untuk mengetahui lebih lanjut apakah seseorang terkena demam berdarah atau tidak harus dilakukan diagnosis terlebih dahulu.
demam berdarah DBD
Dalam diagnosis diperlukan beragam analisa terhadap kondisi seorang pasien dengan melakukan pemeriksaan fisik secara medis dan memahami gejala yang timbul dari penyakit demam berdarah itu sendiri. Tentunya hal ini dilakukan oleh seorang dokter atau ahli medis lainya agar menghasilkan diagnosa yang tepat. Sebagai orang awam tidak ada salahnya kita juga mengetahui dan memahami gejala penyakit ini supaya tidak terlambat pengobatannya jika memang terindikasi penyakit demam berdarah. Berikut untuk memberikan sedikit pengetahuan dan informasi kepada Anda tentang gejala-gejala penyakit demam berdarah yang mungkin terjadi.

Baca juga: Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Hati atau Liver

Gejala Penyakit Demam Berdarah

  • Mendadak mengalami demam bersuhu tinggi selama 2-7 hari, panas badan biasanya mencapai 40ºC atau atau lebih.
  • Kulit mengalami ruam atau binti-bintik merah dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
  • Mengalami perdarahan pada hidung (mimisan) dan gusi.
  • Mengalami sakit kepala tak tertahankan disertai dengan kondisi tubuh yang menggigil.
  • Setelah dilakukan Tes Torniquet hasilnya positif.
  • Timbulnya rasa nyeri pada bagian tulang, sendi, dan juga otot.
  • Kadang-kadang ulu hati terasa nyeri, karena terjadi perdarahan di lumbung.
  • Pada pemeriksaan laboratorium (darah) hari ke 3 – 7 terjadi penurunan trombosit dibawah 100.000 /mm3 (Trombositopeni), dan terjadi peningkatan nilai Hematokrit diatas 20% dari nilai normal (Hemokonsentrasi).
  • Terjadi pembesaran pada organ hati (Hepatomegali).
  • Tekanan darah mengalami penurunan sehingga menyebabkan syok.

 

Nah itulah beberapa gejala penyakit DBD yang umum terjadi. Bagi Anda yang menemukan tanda-tanda gangguan kesehatan tersebut silahkan untuk lebih waspada, dan sebaiknya mengkonsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Masa inkubasi dari penyakit ini adalah sekitar 4-7 hari. Biasanya gejala demam bredarah ini akan muncul pada 13-14 hari setelah masa inkubasi tersebut.
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *