Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Menggunakan Bahan Alami Dengan Cepat

Cara menurunkan tekanan darah tinggi memang penting untuk kita diketahui. Sebab tekanan darah tinggi termasuk salah satu penyebab kematian yang paling sering terjadi. Tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, maupun dewasa. Bahkan hal ini dapat menghampiri seseorang tanpa membuatnya sadar bahwa ia sedang menderita penyakit tersebut. Maka tidaklah heran apabila sejumlah orang kerap menyebut tekanan darah tinggi ini sebagai silent killer.

cara menurunkan tekanan darah tinggi

Secara normal, darah mengalir di dalam pembuluh darah arteri dengan tekanan tertentu. Ketika terjadi perubahan kondisi fisiologis, maka tekanan tersebut dapat meningkat dengan sendirinya yang kemudian bisa menimbulkan kerusakan di bagian dalam pembuluh darah.

Jika kondisi seperti ini tidak segera diatasi, maka secara perlahan memungkinkan akan terbentuk artheroma, sebuah deposit lemak atau tumpukan lemak yang mengeras yang tersimpan di lapisan dalam pembuluh darah arteri. Tumpukan lemak yang telah mengeras tersebut akan menghambat aliran darah sehingga membuat tekanan darah dalam pembuluh menjadi lebih tinggi dari angka normalnya. Jika hal ini dibiarkan, maka kematian akan siap menghampiri penderitanya.

Baca juga: 5 Makanan Super (Superfoods) Pembersih Pembuluh Darah Arteri Anda

Melihat masalah ini, maka sudah sepantasnya jika Anda menyadari bahwa pemeriksaan tekanan darah merupakan hal yang perlu dan wajib untuk dilakukan. Apabila tekanan darah tinggi ini telah terdeteksi, maka segeralah ambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya agar tekanan darah tersebut bisa kembali turun dan normal. Lalu, bagaimana cara agar tekanan darah tinggi bisa kembali turun? Berikut beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat:

 

Bahan Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkudu
Jus mengkudu juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi, sama halnya seperti jus mentimun. Minum jus mengkudu rutin tiga kali sehari mampu membantu memercepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) Anda.

Akar Pule Pandak
Ambil akar pule pandak sebanyak 100 gram kemudian rebus dengan menggunakan dua gelas air putih hingga airnya tersisa hanya satu gelas. Minum air rebusan setiap pagi dan sore hari secara teratur untuk membantu menyembuhkan tekanan darah tinggi yang sedang Anda alami.

Belimbing Manis
Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai cita rasa manis dan segar, serta sedikit asam. Selain rasanya yang enak, ternyata manfaat belimbing manis juga banyak. Salah satu diantaranya adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan makan dua buah belimbing setiap pagi dan sore hari, atau juga bisa dibuat jus.

Mentimun
Menggunakan mentimun merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang paling mudah dan murah. Cukup dengan membuat jus dari mentimun dan diminum sehari tiga kali.

Bawang Putih
Silahkan untuk membuktikan manfaat dari bawang putih ini untuk mengobati masalah tekanan darah tinggi yang Anda alami. Caranya cukup mudah, konsumsi seperti biasa, bisa disambal, dimasak, atau langsung dimakan mentah.

Daun Meniran
Daun meniran ditumbuk hingga halus, kemudian ditambah air secukupnya lalu diminum. Lakukan rutin tiga kali sehari untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Daun Alpukat
Ambil 3 lembar daun alpukat yang sudah hampir tua, kemudian seduh dengan menggunakan 250cc air panas dan biarkan hingga air menjadi hangat, lalu minum ramuan ini secara teratur.

Daun Pegagan
Bahan alami lainnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah daun pegagan. Caranya mudah, siapkan sekitar 20 lembar daun pegagan yang sudah dicuci bersih, lalu rebus 3 gelas air putih dan biarkan hingga mendidih, setelah itu masukan daun pegagan dan rebus hingga airnya menjadi setengah gelas. Setelah tersisa setengah gelas, ambil dan dinginkan, kemudian minum ramuan ini tiga kali minum secara teratur.

Lobak Putih
Lobak putih merupakan sayuran yang kaya akan kandungan gizinya seperti : minyak atsiri, beta carotene, niasin, mangan, kolin, kalsium, zat besi, asam folic, serat kasar, fosfor, asam oksalat, serta vitamin A,B1,B2,C,E. Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda dapat menjadikan 100 gram lobak putih untuk di jus, kemudian diminum 2 kali sehari secara teratur.

Asam Trengguli
Asam trengguli juga efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Caranya mudah: Cuci bersih 3 jari asam trangguli, kemudian remas dengan 2 sendok makan madu. Setelah itu saring hingga mendapatkan campuran madu dan sari asam trangguli. Lalu minum larutan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Kunyit
Selain dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, kunyit juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Kemampuan rempah ini, memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak. Untuk menggunakan kunyit sebagai solusi penurun tekanan darah tinggi cukup dengan memarutnya lalu diperas airnya dan campurkan madu secukupnya. Minum sari kunyit tersebut rutin tiga kali sehari.

Seledri
Seledri telah lama menjadi favorit para pakar pengobatan tradisional untuk mengobati tekanan darah tinggi. Sayuran ini cenderung mempunyai kualitas dalam menurunkan tekanan darah. Caranya adalah cukup dengan merebus 16 batang seledri dengan 2 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1/2 gelas. Minum ramuan ini dalam dua tahap secara teratur. Atau Anda juga bisa membuat jus seledri sebagai alternative lain.

Daun Sirsak
Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang terakhir adalah dengan menggunakan daun sirsak. Caranya hampir sama yaitu dengan merebus daun sirsak, kemudian meminum sisa air rebusanya rutin setiap hari secara teratur.

Itulah beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan menggunakan bahan alami. Perbanyak olahraga dan makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat. Semoga cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan aneka bahan alami ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *