Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Bahan-Bahan Alami

Cara mengobati sakit gigi yang berlubang sebenarnya tidak begitu sulit dan tentunya juga tidak selalu harus melibatkan obat-obatan kimia. Obat sakit gigi yang terbuat dari bahan-bahan kimia terkadang tidak cocok untuk sebagian gejala. Bahkan sebagian orang terkadang lebih memilih untuk datang langsung ke dokter untuk mengatasi masalah sakit gigi mereka. Dan pastinya tidak cukup hanya datang sekali langsung sembuh jika ke dokter. Cara mengobati sakit gigi yang dilakukan oleh dokter cukup lama karena butuh beberapa kali kontrol untuk memastikan kesembuhan gigi yang diderita. Nah, bagi Anda yang ingin mengobati sakit gigi dengan metode yang berbeda. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya tidak menimbulkan efek samping. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi Anda karena gigi berlubang:

cara mengobati sakit gigi berlubang

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Baca juga: Tips Merawat Gigi Dan Gusi Agar Tetap Sehat

Es batu
Es batu merupakan bahan alami yang mudah didapat, selain untuk membuat minuman dingin, es batu juga bisa digunakan untuk membantu meringankan sakit gigi. Caranya menggunakannya cukup mudah, ambil sepotong es batu kecil dan letakkan disela-sela jari telunjuk dan ibu jari, sehingga membentuk huruf ‘v’ . Pijat perlahan di bagian yang sakit, rasakan perlahan maka rasa sakit itu akan mulai hilang. Hal ini di sebabkan karena es batu mampu mengirimkan sinyal dingin melalui saraf, yang efektif dapat meredakan rasa sakit. Jangan lupa menggosokan es batu pada tangan di sisi yang sama dengan bagian gigi yang sakit. Jika Anda mengalami sakit gigi pada bagian sisi sebelah kanan maka anda harus mengosok es batu pada tangan kanan Anda, begitu juga sebaliknya.

Bawang putih
Bawang putih, merupakan obat yang paling ampuh dan mujarab untuk mengobati sakit gigi berlubang Anda, karena bawang putih mengandung senyawa antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih sebenarnya mudah sekali, ambil satu siung bawang putih dan potong halus. Setelah itu taburkan sedikit garam, lalu kunyah di bagian gigi yang sakit selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih tersebut dan bilas dengan air hangat. Maka tak lama rasa sakit di gigi Anda akan menghilang secara perlahan. Anda juga boleh juga menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang dan gigi Anda.

Bawang Merah
Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga bisa digunakan untuk meringankan sakit gigi berlubang. Kandungan senyawa antiseptik dan antimikroba dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut penyebab sakit gigi. Cara menggunakannya, ambil satu siung bawang merah mentah, kemudian kunyah hingga beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi Anda hilang. Tapi jika Anda tidak bisa mengunyahnya, Anda bisa menggosokan pada bagian gigi yang sakit. Hal ini akan membantu membunuh bakteri di mulut penyebab infeksi.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga ampuh untuk mengobati sakit gigi yang disertai dengan gusi bengkak. Selain kaya akan kandungan vitamin C-nya, sari jeruk nipis juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda. Cara menggunakannya, siapkan satu buah jeruk nipis dan peras pada sebuah tempat. Kemudian ambil air perasanya, lalu tambahkan air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan untuk berkumur dan jangan sampai airnya tertelan karena mengandung banyak bakteri. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

Minyak Cengkeh
Anda mungkin tahu bahwa cengkeh merupakan salah satu komponen untuk pembuatan rokok. Namun berbeda dengan fungsi cengkeh pada rokok, sari minyak cengkeh sangat manjur untuk mengobati sakit gigi Anda dan menyelamatkan gigi Anda dari serangan rasa ngilu. Caranya mudah, tuangkan minyak cengkeh secukupnya pada kapas lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Usahakan dijepit atau digigit agar tidak lepas. Biarkan dalam waktu beberapa menit dan ganti bila sudah terasa kurang efeknya.

Garam
Dibalik rasanya yang asin, garam mengandung zat yodium yang sangat tinggi yang juga dapat meringankan ngilu pada gigi. Caranya cukup mudah, campurkan garam kedalam segelas air hangat. Aduk hingga larut, kemudian gunakan untuk berkumur setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terasa rasa sakitnya. Tidak dianjurkan memakan garam secara langsung, karena selain rasanya yang pasti asin, juga tidak bisa merata di sela-sela gigi.

Tepung Lada
Jagalah kebersihan gigi Anda dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada ditambah ¼ sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur bisa mencegah gigi berlubang, gusi berdarah, sakit gusi, sakit gigi, dan membuat nafas Anda tetap segar dan tidak bau. Untuk mengobati sakit gigi berlubang, Campurkan tepung lada dengan minyak cengkeh pada sebuah kapas, kemudian letakkan kedalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.

Cabe Hijau
Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan cabe hijau sangatlah mudah, ambil cabe hijau secukupnya dan potong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, tempelkan cabe pada bagian gigi yang sakit. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Buah Tomat
Cara mengobati sakit gigi berlubang yang terakhir adalah dengan buah tomat. Selain rasanya yang asam manis, tomat bisa juga digunakan sebagai penghilang rasa sakit pada gigi berlubang. Caranya, ambil buah tomat muda yang masih berwarna orange kemerahan, kemudian belah menjadi dua bagian, lalu masukkan buah tomat yang telah dibelah tadi ke dalam gigi yang sakit. Mengunyah tomat sehabis gosok gigi sebelum tidur juga efektif mencegah sakit gigi.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *