Kanker Payudara: Hindari Dengan Cara Berikut Untuk Pencegahan Sejak Dini

Cara Menghindari Kanker Payudara – Data hasil penelitian menunjukan bahwa kanker payudara merupakan salah satu kanker yang sangat berbahaya serta pembunuh no dua setelah kanker serviks. Sembilan dari sepuluh wanita bersedia melakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Sebenarnya, masih banyak penelitian yang diperlukan untuk mengetahui dan memahami tentang risiko penyakit kanker payudara dan penyebabnya . Tapi berikut ada cara-cara tertentu bagi setiap wanita yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker payudara yang membahayakan ini.

Cara Menghindari Kanker Payudara

Hentikan Kebiasaan Merokok
Banyak para peneliti yang menghubungkan antara proses merokok dengan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal ini bahkan lebih diutamakan bagi kaum wanita yang berada dalam masa premenopause. Karena hal itulah untuk menghindari munculnya resiko terkena penyakit kanker payudara, maka hentikanlah kebiasaan merokok yang memang tidak baik untuk kesehatan. Karena selain berpengaruh terhadap resiko penyakit kanker, rokok juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Berolahraga Secara Rutin dan Teratur
Olahraga adalah salah satu bentuk aktifitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini tentunya berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya yang juga mampu mengurangi tingkat resiko terhadap penyakit kanker. Bagi mereka yang sudah berusia dewasa kegiatan olahraga ini sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur. Lakukanlah olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda, push up, peregangan, dan masih banyak lainnya untuk menjaga tubuh Anda agar tetap fit sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit, termasuk kanker. Berolahraga dengan melakukan kegiatan angkat beban 2 minggu satu kali juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Menyusui
Menyusui merupakan aktifitas yang dilakukan oleh seorang ibu kepada anaknya. Kegiatan yang satu ini juga bisa menjadi cara untuk pencegahan terhadap kanker payudara yang cukup efektif. Beberapa penelitian menyebutkan, semakin banyak menyusui, maka semakin besar pula perlindungan terhadap bagian payudara dari penyakit kanker.

Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang
Memiliki berat badan tubuh yang tidak ideal, khususnya kelebihan berat badan ternyata bisa menjadi pemicu penyakit kanker. Terutama hal ini berlaku bagi para wanita yang telah memasuki tahap menopause. Bahkan dalam salah satu acara di televisi sempat disebutkan bahwa seorang wanita yang memiliki berat badan dengan ukuran lebih dari 175 pon, akan sangat mungkin untuk terkena jenis penyakit kanker termasuk kanker payudara.

Baca juga: Makanan Pembakar Lemak dan Kalori Paling Efektif

Kurangi Mengonsumsi Alkohol
Semakin banyak Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, maka semakin besar pula resiko untuk terkena penyakit kanker payudara. Bagi Anda yang sudah kecanduan atau bahkan tidak bisa untuk tidak mengonsumsi jenis minuman beralkohol, seperti halnya bir, anggur, dan jenis minuman keras lainnya. Maka biasakanlah untuk segera mengurangi kadar minuman tersebut. Hal ini berkaitan dengan adanya kandungan zat karsinogen yang dimilikinya, yang mana dapat memicu perkembangan dari sel kanker dalam tubuh, terutama di bagian payudara.

Menjaga Pola Makan Sehat
Memiliki pola makan yang sehat juga dapat membantu Anda terhindar dari penyakit kanker payudara. Hal ini erat kaitannya dengan penyakit kanker yang juga seringkali disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit kanker payudara ini, maka biasakanlah untuk selalu mengkonsumsi berbagai makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, atau bahkan makanan protein tanpa lemak. Selain itu hindari juga mengonsumsi minuman yang terlalu manis, karbohidrat olahan, atau bahkan makanan lainnya yang memiliki kandungan lemak tinggi di dalamnya.

Mengonsumsi Obat Herbal
Beberapa dari produk suplement diantaranya banyak yang menawarkan bentuk pencegahan terhadap penyakit kanker, khususnya kanker payudara. Hal ini biasa Anda jadikan sebagai salah satu solusi yang tepat untuk menghindari risiko penyakit tersebut dari tubuh Anda, terutama untuk bagian payudara. Namun untuk memilih produk suplement yang tepat, pastikanlah dengan memilih suplement yang terbuat dari bahan alami atau herbal. Selain itu, perlu Anda ketahui juga bentuk zat aktif yang terkandung didalamnya. Sehingga usaha pencegahan pun bisa Anda lakukan dengan lebih baik dan menyeluruh.

Waspadai Bentuk Perubahan Payudara
Perubahan bentuk yang terjadi pada bagian payudara perlu Anda curigai. Hal ini karena banyak diantaranya kasus risiko kanker maupun tumor yang justru terdeteksi oleh penderitanya sendiri. Karena itulah waspadai untuk setiap bentuk perubahan yang terjadi pada bagian payudara Anda.

Hindari Mengonsumsi Makanan Yang Dibakar
Beberapa makanan yang diolah dengan cara dibakar juga perlu Anda hindari, agar tidak terkena resiko dari penyakit kanker payudara yang berbahaya. Beberapa jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar tersebut diantaranya seperti steak, sate, dan beberapa makanan lainnya. Makanan yang disajikan dengan cara dibakar wajib untuk Anda hindari karena makanan tersebut mengandung zat karsinogen, yang pada dasarnya bisa memicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

Periksakan Benjolan Yang Ada Dibagian Payudara
Ketika Anda menemui di bagian payudara Anda terdapat sebuah benjolan, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan pada ahlinya. Karena banyak diantaranya para wanita yang suka menunda pemeriksaan saat mengetahui adanya benjolan di bagian payurdara mereka. Hal ini terjadi karena kekhawatiran dan perasaan takut terhadap munculnya penyakit kanker pada payudara mereka. Padahal tak semua benjolan timbul di bagian payudara tersebut adalah kanker. Kalau pun itu kanker, maka Anda bisa melakukan pengobatan sejak dini, sehingga kanker tersebut dapat diatasi dengan lebih mudah sebelum berbahaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *