5 Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Operasi Caesar Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Operasi Caesar – Seperti yang kita tahu, operasi caesar merupakan opsi melahirkan jikalau seorang wanita atau calon ibu tidak bisa melahirkan secara normal. Jadi operasi caesar ini bisa dibilang sebagai tindakan penyelamatan, baik pada ibu maupun sang janin dalam suatu proses persalinan.

Mungkin operasi caesar dapat menyelamatkan sang ibu dan anak saat proses persalinan, namun bukan berarti setelah itu masalah selesai. Operasi caesar akan meninggalakan bekas jahitan yang tak jarang bisa mengurangi rasa percaya diri sang ibu.

Baca juga: 10 Cara Menghindari Kanker Payudara Sejak Dini

cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar

Lantas bagaimana cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar tersebut? Banyak cara yang bisa di lakukan untuk menghilangkannya, mulai dengan cara yang alami dan murah hingga operasi plastik, yang tentunya membutuhkan banyak biaya.

Dan untuk kali ini yang akan kami bahas disini adalah cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar dengan menggunakan bahan alami, yang dengan mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Nah, penasaran bahan alami apa yang dimaksud?

1. Lemon

Lemon merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar yang ampuh. Itu karena lemon mengandung konsentrat yang mampu memperbaharui sel kulit yang telah mati. Caranya gampang, anda cukup peras lemon dan oleskan ekstrak perasan lemon pada bekas jahitan. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian cuci dengan air bersih.

Perlu diingat, jangan sekali-kali anda mengoleskan ekstrak perasan lemon pada bekas jahitan yang masih baru. Hal tersebut akan memiliki efek yang berlawanan, yakni memperlambat dan memperparah bekas jahitan.

2. Lidah buaya

Mungkin sebagian dari anda berfikir bahwa lidah buaya itu hanya bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan rambut saja, bukan untuk luka. Nah, jika anda berpikir seperti itu maka anda salah. Lidah buaya memiliki khasiat dalam kecantikan dan perawatan kulit. Gel pada lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan lignin yang memiliki kemampuan melembabkan dan meregenerasi sel kulit, termasuk mengatasi bekas jahitan operasi.

Caranya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bekas jahitan operasi cesar anda yang sebelumnya telah dicuci. Kemudian, diamkan sekitar 20 menit lalu cuci. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti anda inginkan.

3. Madu

Madu adalah bahan alami yang berkhasiat untuk merawat kulit, terutama dalam membersihkan dan mengurangi bekas-bekas luka pada kulit. Konsentrat yang terdapat pada madu dapat mengangkat dan mengganti sel kulit yang telah mati. Hal ini sangat berguna sekali dalam mengurangi atau menghilangkan bekas jahitan operasi caesar.

Caranya, oleskan madu (yang murni yang diutamakan) pada bekas jahitan dan diamkan selama setengah jam sebelum dibilas oleh air bersih. Anda bisa melakukan hal ini secara rutin setiap hari. Tidak ada batasan berapa kali anda harus melakukannya dalam sehari, tapi disarankan setidaknya 2 hingga 3 kali sehari rutin untuk hasil maksimal.

4. Timun

Sebagai salah satu sayuran yang kaya akan vitamin c , air, dan potassium, timun memiliki khasiat dalam mencegah penuaan dan memperbahari sel kulit yang kusam dan rusak. Kandungan silika yan terdapat pada timun mampu menghilangkan bekas-bekas luka, terutama bekas jahitan operasi caesar. Caranya cukup sederhana, blender timun hingga menjadi bubur dan oleskan pada bekas jahitan anda. Angin-anginkan selama setengah jam dan bilas. Untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan, lakukan hal ini setiap hari, 1-2 kali sehari. Hasilnya mulai akan terlihat setelah 1-2 bulan penggunaan rutin.

5. Daun mint

Bahan yang umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan pasta gigi ternyata bisa menjadi sebuah ramuan penghilang bekas jahitan. Daun memiliki khasiat yang bisa mengatasi masalah-masalah pada kulit seperti luka bakar, bekas luka ataupun bekas jahitan. Caranya adalah dengan menghaluskan daun mint dan tempelkan pada bekas jahitan. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

Lakukan hal ini setiap hari secara rutin, sekitar 2-3 kali sehari sebelum ataupun sesudah mandi. Ingat, oleskan dengan lembut dan hati-hati pada bekas jahitan agar tidak memperparah luka bekas jahitan.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar dengan bahan alami yang mudah didapat. Cara-cara diatas mungkin tidak menghilangkan bekas jahitan secara instan seperti layaknya bila operasi plastic. Namun tentunya, dengan cara alami diatas kita tidak perlu mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah hanya untuk mengatasi masalah tersebut.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *