Inilah 15 Cara Hidup Sehat Untuk Mendapatkan Kehidupan Yang Lebih Baik

Cara Hidup Sehat – Memiliki kehidupan dengan kondisi tubuh yang sehat dan kuat merupakan impian dari setiap orang. Namun keinginan tersebut biasanya hanya sekedar keinginan saja karena kurang memperhatikan cara atau pola hidup sehat. Cara hidup sehat adalah bagaimana cara seseorang berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Melihat kondisi saat sekarang, banyak orang yang sibuk dengan kegiatan setiap hari sehingga mereka kurang bisa menjaga kesehatannya. Tanpa disadari banyak hal yang mereka lupakan seperti kehilangan waktu untuk makan atau sekedar mengistirahatkan badan. Kehidupan seperti ini sebenarnya tidaklah baik untuk kesehatan. Akhirnya tubuh tak mendapat asupan gizi yang cukup serta istirahatpun kurang.

Cara Hidup Sehat
Image courtesy of Amanda Mills at freestockphotos.biz

Pada dasarnya cara hidup sehat dapat dilakukan dengan mudah asalkan kita mampu melakukan pola hidup sehat yang mencakup berbagai hal seperti asupan makanan, minuman, olahraga, dan yang lainnya. Untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan berkualitas berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Cara Hidup Sehat

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih
Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi tubuh. Berdasarkan fakta, seluruh organ tubuh pada manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup sebagai penunjang berbagai aktivitas yang dilakukan setiap hari.

2. Miliki Tidur dan Istirahat yang Cukup
Tidur dan istirahat yang cukup merupakan salah satu kunci dari kebiasaan pola hidup yang sehat. Hal ini sangat beralasan karena tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Namun jika Anda tidak memiliki waktu untuk beristirahat dengan baik, Anda bisa mengkompensasinya dengan makan lebih banyak, akan tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Memiliki tidur dan istirahat yang cukup juga dapat mencegah penuaan dini.

3. Lakukan Meditasi
Meditasi adalah salah satu cara efektif untuk menenangkan pikiran dan juga jiwa Anda. Ketenangan sendiri sangatlah bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkan diri kita dari risiko stress yang menjadi sumber dari berbagai penyakit serta gangguan kesehatan.

4. Olahraga Secara Teratur
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga setiap hari dapat memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, termasuk peningkatan rentang hidup, penurunan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi, serta penurunan berat badan menjadi lebih ideal. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, cobalah untuk berjalan kaki atau melakukan aktifitas sehari-hari yang ringan seperti naik tangga, bersepeda dilingkungan, atau buka lift. Hal tersebut akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

5. Konsumsi Banyak Buah-buahan
Konsumsilah buah yang banyak dan kurangi mengkonsumsi vitamin sintetis. Ada banyak sekali jenis buah yang dapat Anda konsumsi, selain menyehatkan juga rasanya segar dan enak.

6. Konsumsi Banyak Sayur-sayuran
Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berbagai nutrisi dan vitaminnya sangat diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat. Saran para ahli setidaknya mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian tubuh secara maksimal.

7. Pilih Makanan Berwarna Cerah Sebagai Antioksidan
Buah maupun sayuran dengan warna yang cerah biasanya mengandung tinggi zat anti-oksidan. Anti-oksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghilangkan dan menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel penting dalam tubuh.

8. Kurangi Makanan Olahan dan Dalam Kaleng
Makanan olahan atau kalengan sebaiknya Anda hindari. Hal ini karena berbagai alasan seperti; nilai gizi yang sering tidak sempurna, adanya zat pengawet yang ditambahkan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

9. Jalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki
Ada banyak manfaat yang telah terbukti positif dari berjalan tanpa alas kaki, mulai dari memperbaiki postur tubuh, mengurangi stress kaki, bahkan pada sendi Anda. Hal ini karena berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat memberikan efek pijatan yang bisa menciptakan rasa nyaman ke seluruh bagian tubuh.

10. Jauhi Orang Yang Memiliki Pola Pikir Negatif
Sikap mental positif merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Hal ini tentunya membuat Anda untuk tidak perlu mendekati orang-orang yang memiliki pikiran negatif yang dapat meracuni pikiran Anda dengan berbagai pemikiran yang dapat menyebabkan stres dan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

11. Jahui Berpikiran Negatif
Menjadi sehat adalah suatu pilihan, selain Anda menolak faktor eksternal Anda juga harus mampu untuk menetralisir segala pikiran negatif dalam diri Anda yang dapat menjadikan Anda tidak bahagia dan bahkan stres.

12. Kendalikan Asupan Gula dan Garam
Mengkonsumsi zat gula dan garam secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan, meskipun demikian konsumsi gula dan garam dengan kadar yang tepat sangatlah diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

13. Makanlah Dalam Jumlah Porsi Yang Kecil
Makanlah sedikit tapi sering, hal ini akan membuat tubuh Anda merasa lebih baik. Karena dengan demikian tubuh Anda akan mampu mencerna makanan dalam proses metabolisme dengan lebih baik dan sempurna. Ini tentunya bukan berarti sebuah pembenaran untuk memiliki kebiasan mengemil yang tidak sehat.

14. Berhenti Makan Sebelum Kenyang
Makan itu bukan untuk menjadi kenyang, melainkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kalau makan hanya sekadar untuk menjadi kenyang, ada dua kerugian yang bisa timbul. Badan menjadi gemuk, dan belum tentu tubuh terpenuhi seluruh zat gizinya. Menjadi gemuk sendiri sudah menjadi wabah dunia, ketakutan yang sebetulnya tidak harus terjadi, antara lain kalau mau mengendalikan makan. Salah satunya berhenti makan sebelum kenyang.

15. Hindari Makanan Berminyak
Mengurangi konsumsi makanan cepat saji, gorengan, serta makanan berminyak lainnya akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *