6 Cara Ampuh Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh

Cara Ampuh Membersihkan Nikotin – Nikotin adalah salah satu bahan adiktif yang terkandung dalam rokok dan produk tembakau lainnya. Nikotin merupakan zat candu yang bisa membuat perokok menjadi ketagihan untuk terus-menerus menggunakannya. Nikotin menyebabkan kecanduan fisik yang bisa bertahan selama bertahun-tahun, sehingga usaha untuk berhenti merokok menjadi sesuatu yang amat sangat sulit dilakukan. Salah satu cara menghentikan kecanduan adalah dengan melakukan upaya pembersihan nikotin yang mengendap di dalam tubuh. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk membersihkan nikotin secara alami:

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Sempurna

Cara Ampuh Membersihkan Nikotin

Cara Ampuh Membersihkan Nikotin

1. Banyak Minum Air Putih
Banyak minum air putih dapat membantu melancarkan proses metabolisme serta bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Agar tubuh tetap sehat, setiap orang diharuskan untuk minum air setidaknya 1,8 – 2,0 liter/hari. Namun, zat nikotin yang mengendap didalam tubuh dapat dibersihkan lebih cepat jika mengkonsumsi setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Rutin mengonsumsi air putih ternyata tak hanya baik untuk menghindarkan tubuh dari racun rokok (zat nikotin) melainkan juga menjadi salah satu cara ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda.

2. Lakukan Olahraga Secara Teratur
Selain banyak minum air putih, berolahraga juga merupakan cara yang ampuh untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan kotoran melalui keringat, termasuk membersihkan nikotin.
Jalan santai, joging, maupun olahraga lainnya (seperti tenis, badminton, bersepeda, dll) baik untuk membersihkan nikotin yang mengendap di dalam tubuh. Olahraga setidaknya dilakukan selama 30 menit setiap sesi dengan frekuensi rutin hingga 5 kali perminggu. Sebaiknya juga jangan berlebihan melakukan olahraga karena justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh khususnya paru-paru dan jantung.

3. Perbanyak Makan Buah dan Kurangi Makanan Cepat Saji
Kandungan vitamin, terutama vitamin C yang bersifat asam dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel mampu bekerja dengan baik untuk membersihkan tubuh dari endapan zat nikotin. Selain itu, Anda juga harus mengurangi makanan cepat saji dan makanan berat setidaknya beberapa hari selama periode upaya membersihkan nikotin dalam tubuh. Makanan-makanan berat bisa Anda ganti dengan biskuit, buah, sayur, dan makanan rendah kalori yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Mengonsumsi Teh Hijau
Tak hanya air putih namun ternyata teh hijau juga bisa digunakan sebagai minuman sehat penghilang nikotin. Teh ini banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan terutama bagi mereka yang perokok pasif. Teh hijau mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi yang dapat digunakan sebagai penghilang racun dalam tubuh. Tak hanya itu, manfaat teh hijau juga mampu digunakan untuk meningkatkan fungsi hati serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Hindari Mengkonsumsi Alkohol
Hindari mengkonsumsi alkohol, gula, dan kopi selama periode upaya pembersihan nikotin. Alkohol dapat memperlambat nikotin keluar dari dalam tubuh dan juga memicu keinginan untuk merokok kembali.

6. Berhenti Merokok
Berhenti merokok membuat kandungan zat nikotin serta karbon monoksida dalam tubuh secara perlahan menghilang. Pada proses berhenti merokok ini biasanya seseorang akan merasa tak nyaman dengan keadaan emosi yang tidak stabil akibat kehilangan kebiasaan rutinnya. Namun, cara yang satu ini terbilang cukup ampuh jika dibandingkan cara lainnya meskipun terbilang susah.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *