Bahan Alami Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung

Mengobati penyakit asam lambung dengan menggunakan bahan alami sebenarnya sudah dilakukan sejak jaman dahulu dan telah banyak diajarkan oleh para leluhur kita, namun hal ini banyak yang menyepelekannya. Padahal manfaatnya yang sangat ampuh dan tentunya tanpa efek samping. Penyakit asam lambung atau lebih dikenal dengan penyakit maag adalah suatu kondisi dimana lambung memproduksi zat asam lambung (HCl) secara berlebihan. Bahkan terkadang asam lambung ini naik sampai ke kerongkongan yang menyebabkan rasa sakit yang cukup luar biasa pada tenggorokan.

Baca juga: 5 Gejala Penyakit Lambung Kronis

Untuk mengobati penyakit asam lambung atau maag biasanya penderita selalu menggunakan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik atau yang biasa disebut dengan obat-obatan kimia. Perlu diketahui bahwa obat kimia biasanya memiliki sifat adiktif atau membuat seseorang menjadi kecanduan. Oleh karena itu, sebaiknya, gunakan obat-obatan herbal yang terbuat dari bahan alami. Nah berikut adalah beberapa bahan alami untuk obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit asam lambung Anda.

Jahe

Jahe - obat alami Penyakit Asam Lambung
Image courtesy of condesign at pixabay.com

Jahe memiliki kemampuan dalam menetralisi asam lambung jika dikonsumsi tak lebih dari 2 – 4 gram. Mengonsumsi jahe dengan dosis yang lebih besar bisa membuat penyakit asam lambung yang Anda derita justru akan semakin memburuk. Sejak jaman dahulu jahe telah digunakan sebagai bahan makanan antiinflamasi untuk mengobati kondisi terkait masalah pencernaan.

Permen Karet

permen karet - obat alami Penyakit Asam Lambung
Image courtesy of Hans at pixabay.com

Saat kita sedang mengunyah permen karet, maka produksi air liur menjadi lebih banyak. Air liur akan masuk ke dalam lambung dan menetralisir asam lambung berlebihan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengunyah permen karet dapat memberikan dampak positif untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Sebuah studi klinis juga yang dilakukan oleh R. Moazzez dan timnya menemukan bahwa subyek yang mengunyah permen karet setelah makan selama setengah jam mengalami risiko asam lambung lebih rendah.

Lidah Buaya

Lidah buaya - obat alami Penyakit Asam Lambung
Image courtesy of alsampang at pixabay.com

Lidah buaya ternyata memiliki berbagai macam manfaat, selain untuk rambut, lidah buaya juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan termasuk salah satunya adalah untuk pengobatan penyakit asam lambung. Sari pati lidah buaya mampu membersihkan organ pencernaan dengan baik dan menyegarkan vili-vili usus secara sempurna sehingga mempercepat proses pengobatan. Selain dapat mengobati penyakit asam lambung, lidah buaya juga bisa membantu melancarakan buang air besar.

Pisang

pisang - obat alami Penyakit Asam Lambung
Image courtesy of alsampang at pixabay.com

Bahan alami untuk mengobati penyakit asam lambung selanjutnya yaitu pisang, mengandung banyak nutrisi penting termasuk kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar ph di dalam lambung. Selain itu pisang juga bisa menetralisir kelebihan asam lambung dan melapisi dinding perut serta saluran cerna agar tidak teriritasi oleh asam lambung.

Baking Soda

baking soda - obat alami Penyakit Asam Lambung
Image courtesy of evitaochel at pixabay.com

Baking soda atau dengan nama lain sodium bikarbonat telah digunakan oleh manusia sejak jaman peradaban Mesir kuno. Larutan baking soda bersifat alkali yang mampu menetralkan zat asam. Hal yang sama juga berlaku dalam kasus asam lambung. Baking soda membantu menetralkan asam lambung dan mengobati penyakit asam lambung.

Reaksi yang terjadi antara baking soda dan asam akan menghasilkan karbondioksida. Inilah sebabnya mengapa bersendawa setelah mengonsumsi baking soda untuk mengobati penyakit asam lambung. Dengan bersendawa, karbondioksida dilepaskan dan hal ini menunjukkan bahwa asam lambung telah dinetralisir. Cara menggunakan baking soda untuk mengobati  adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda, kemudian campurkan dengan segelas air dan minum larutan ini.

Kunyit

kunyit - obat alami Penyakit Asam Lambung
Image courtesy of Ajale at pixabay.com

Bahan alami untuk mengobati penyakit asam lambung juga dapat menggunakan kunyit. Kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempah, selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk memberikan cita rasa pada masakan, ternyata kunyit memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan asam lambung.

Hasil penelitian yang dilakukan pada kelinci menunjukan bahwa pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral mampu menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung.

Kupas kunyit, cuci, dan kemudian parut, setelah itu direbus. Rebusan kunyit tentunya memiliki manfaat baik bagi lambung, maka konsumsilah secara rutin dan tidak berlebihan agar Anda terhindar dari yang namanya penyakit asam lambung.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit asam lambung yang Anda derita. Semoga berhasil dengan mencoba pengobatan menggunakan bahan-bahan alami tradisional diatas.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *