Olahraga & Aktivitas Fisik: 7 Alasan Anda Melakukannya

Ingin merasa lebih baik, memiliki lebih banyak energi dan bahkan mungkin hidup lebih lama? Nampaknya olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu solusinya. Manfaat olahraga teratur dan aktivitas fisik bagi kesehatan memang sulit untuk diabaikan. Manfaat dari kedua kegiatan tersebut adalah milik Anda yang mau memilikinya, tanpa memandang usia, jenis kelamin ataupun kemampuan fisik. Jika Anda masih belum yakin kalau olahraga itu penting? Berikut 7 alasan mengapa olahraga dan aktivitas fisik dapat meningkatkan kehidupan Anda menjadi lebih baik.

olahraga dan aktivitas fisik
Image courtesy of Marco Bond at flickr.com (CC)

Baca juga: Olah Raga Ringan Dikantor Agar Tubuh Tetap Segar dan Bugar

1. Olahraga & Aktivitas Fisik Dapat Menjaga Berat Badan Anda Tetap Seimbang

Olahraga dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu menjaga berat badan Anda tetap seimbang. Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, banyak kalori dalam tubuh yang Anda bakar. Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berolahraga agar menuai manfaat penurunan berat badan. Jika Anda tak mampu melakukan olahraga yang sebenarnya, Anda dapat lebih aktif sepanjang hari dengan cara yang sederhana, seperti menggunakan tangga dari pada lift saat naik maupun turun.

2. Olahraga & Aktivitas Fisik Memerangi Masalah Kesehatan dan Penyakit Dalam Tubuh Anda

Khawatir dengan penyakit jantung? Berharap untuk mencegah tekanan darah tinggi? Tak peduli berapa berat badan Anda sekarang, menjadi aktif mampu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dan menurun trigliserida yang tidak sehat. Melakukan 1-2 kali latihan pukulan membuat aliran darah Anda mengalir lancar,  sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Faktanya, melakukan aktivitas tubuh secara rutin dapat membantu mencegah atau mengelola berbagai masalah kesehatan, termasuk stroke, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, depresi, kanker, dan arthritis.

3. Olahraga & Aktivitas Fisik Meningkatkan Suasana Hati (Mood) Anda

Membutuhkan dorongan emosional? Atau ingin melepaskan ketegangan emosional setelah hari yang sangat menegangkan? Latihan dipusat kebugaran atau berjalan kaki sebentar selama 30 menit akan dapat membantu mengatasinya. Olahraga dan aktivitas fisik mampu merangsang sel otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai. Anda juga mungkin merasa lebih baik terhadap penampilan Anda dan diri Anda sendiri ketika Anda berolahraga secara teratur, yang mana dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan harga diri Anda.

4. Olahraga & Aktivitas Fisik Meningkatkan Energi Anda

Olahraga dan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan ketahanan tubuh Anda. Olahraga dan aktivitas fisik memberikan asupan oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan sel tubuh Anda dan juga membantu meningkatkan sistem kardiovaskular dapat bekerja lebih efisien. Ketika jantung dan paru-paru bekerja lebih efektif, Anda dapat memiliki banyak energi untuk melakukan beragam aktivitas sepanjang hari.

5. Olahraga & Aktivitas Fisik Membuat Anda Tidur Lebih Berkualitas

Susah tidur? Atau ingin memiliki tidur yang berkualitas? Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Hanya saja, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena akan membuat Anda lebih bersemangat sehingga sulit untuk tidur.

6. Olahraga & Aktivitas Fisik Membuat Kehidupan Seks Anda Lebih Baik

Apakah Anda merasa terlalu lelah atau tak bergairah untuk menikmati keintiman dengan pasangan? Aktivitas fisik secara teratur dapat membuat Anda merasa lebih berenergi dan terlihat lebih baik, yang mungkin memiliki efek positif terhadap kehidupan seks Anda. Tapi ada yang lebih dari itu. Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan gairah bagi wanita. Dan pria yang berolahraga secara teratur cenderung tidak memiliki masalah dengan disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria yang tidak berolahraga.

Baca: 6 Makanan Sehat Bergizi Untuk Meningkatkan Gairah

7. Olahraga & Aktivitas Fisik Membuat Anda Bahagia

Olahraga dan aktivitas fisik dapat menjadi salah satu cara yang sangat menyenangkan untuk menghabiskan banyak waktu. Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk bersantai, menikmati alam bebas atau hanya sekedar melakukan aktivitas yang membuat Anda bahagia. Melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu Anda menjaga hubungan baik dengan keluarga atau teman-teman dalam lingkungan sosial yang menyenangkan. Jadi, Anda bisa mengikuti kelas tari (bagi wanita khususnya) atau bergabung dengan tim sepak bola (untuk laki-laki). Temukan aktivitas fisik yang Anda sukai dan lakukan sesuai kesenangan Anda, jika Anda bosan silahkan untuk mencoba hal yang baru dalam beraktivitas.

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara yang bagus untuk hidup lebih baik, memperoleh manfaat bagi kesehatan dan bisa bersenang-senang dengan teman maupun kerabat lainnya. Agar tetap sehat lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Jika Anda memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan atau mempunyai tujuan kebugaran tertentu, Anda mungkin perlu latihan lebih. Ingat, silahkan periksa ke dokter Anda terlebih dahulu sebelum memulai program latihan baru, terutama jika Anda lama tidak berolahraga, memiliki masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes atau arthritis, atau beberapa keluhan masalah kesehatan lainnya.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *