Kenapa Harus Bangun Pagi? Inilah Beberapa Alasannya

Manfaat Bangun Pagi – Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk mengawali beragam aktivitas sepanjang hari dengan penuh semangat. Menurut para ahli di bidang kesehatan, udara segar pada sepertiga malam yang terakhir sangatlah bermanfaat dalam mengoptimalisasikan metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh. Inilah anugerah yang luar biasa dari Tuhan yang diberikan melalui kesegaran alam di waktu pagi. Berikut beberapa alasan kenapa harus bangun pagi.
bangun pagi
Image courtesy of Faizal Riza at flickr.com (CC)

Baca juga:  6 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

  • Memberikan Ketenangan Jiwa dan Pikiran. Suasana tenang di pagi hari dengan udara yang sangat sejuk dapat menenangkan pikiran dan jiwa Anda. Kicauan burung dan suara ayam berkokok di pagi hari yang terdengar sangat indah mampu memberi ketenangan pikiran dan jiwa sekaligus menurunkan tingkat risiko stres atas berbagai masalah hidup yang setiap saat datang.
  • Dapat Menikmati Udara Yang Segar. Mengapa demikian?, tak dapat di pungkiri bahwa di zaman serba modern ini kebersihan udara semakin berkurang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya polusi yang berasal dari kendaraan bermotor, mesin perusahaan, asap rokok, dan lain sebagainya. Di pagi hari merupakan salah satu waktu yang sangat tepat untuk menikmati udara segar dan bersih yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya organ pernafasan (paru-paru) dan otak. Oleh karena itu, mulailah bangun pagi untuk menikmati udara yang segar, sejuk, dan bersih.
  • Memiliki Waktu Untuk Berolahraga. Membiasakan diri untuk berolahraga setiap pagi selama 30 menit  memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh. Anda akan tetap semangat untuk menjalani hidup setiap hari baik sekarang maupun dimasa mendatang. Shalat subuh bagi seorang muslim merupakan salah satu kewajiban yang sekaligus mengolahragakan tubuh secara jasmani maupun rohani. Jika Anda mau konsisten dalam menjalankanya besar kemungkinan Anda memiliki badan sehat dan pikiran yang tenang.
  • Ada Waktu Untuk Mempersiapkan Diri.  Saat pikiran masih jernih, dipagi hari kita dapat merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan hari ini dengan menyusun agenda satu persatu tanpa ada yang terlewatkan. Sehingga hal ini akan sangat membantu dalam menjalankan aktifitas sepanjang hari khususnya hal-hal penting yang harus dilakukan.
  • Dapat Melihat Keajaiban-Keajaiban Kecil. Berbagai macam keajaiban kecil yang terjadi di lingkungan keluarga hanya dapat di lihat dan disaksikan di waktu pagi hari, seperti melihat suami yang akan berangkat ke kantor, melihat istri mempersiapkan hidangan sarapan pagi maupun melihat dan mempersiapkan segala kebutuhan buah hati untuk berangkat ke sekolah.
  • Tidak Melewatkan Sarapan Pagi. Sarapan pagi merupakan salah satu aktivitas terpenting di pagi hari untuk menunjang kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Sarapan pagi secara rutin dapat menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit pencernaan seperti maag, sakit perut, mual, kembung, serta menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.
  • Menikmati Yang Hangat-Hangat. Pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk menikmati beragam makanan dan minuman yang hangat-hangat seperti teh hangat, kopi hangat dan sarapan yang masih hangat. Selain itu, mengkonsumsi air putih rutin setiap pagi dapat membantu menjaga kesegaran tubuh dan meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

Nah itulah serangkaian alasan kenapa harus bangun pagi. Jangan pernah malas dan awali hari-hari Anda penuh semangat dengan membiasakan diri untuk bangun pagi. Semoga sehat selalu.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *