Air Kelapa: Isotonik Alami Yang Bersih, steril, dan Kaya Manfaat

Isotonik Alami – Air kelapa muda dikenal sebagai minuman sehat sekaligus isotonik alami yang menyegarkan. Terdapat didalam buah kelapa yang terlindungi oleh tempurung yang sangat keras dan sabut kelapa yang tebal, menjadikan air kelapa sebagai minuman yang steril dan bebas dari segala bentuk kontaminasi, baik secara fisik maupun kimia.
air kelapa isotonik alami
Image courtesy of Iamnee at freedigitalphotos.net
Air kelapa muda layak disebut sebagai minuman isotonik karena komposisi zat gizi yang terkandung didalamnya sangat mirip dengan komposisi cairan tubuh. Komposisi gizi ini sangat bervariasi, tergantung pada jenis dan umur kelapa.
Selain memiliki kandungan vitamin C tinggi dan semua jenis vitamin B kompleks (kecuali vitamin B6 dan B12), air kelapa muda juga kaya mineral kalium, kalsium, magnesium, dan natrium. Vitamin C berperan sebagai zat antioksidan yang berfungsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan vitamin B kompleks dibutuhkan untuk mencerna karbohidrat dan protein menjadi energi, serta mendukung fungsi sistem saraf. Mineral kalium dan magnesium bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskuler termasuk membantu menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, mengatur denyut jantung, mencegah stroke, dan menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.
Disamping mineral, air kelapa muda juga mengandung elektrolit dalam jumlah tinggi, bahkan lebih tinggi daripada kandungan elektrolit dalam minuman isotonic (sport drink). Kandungan elektrolit ini bermanfaat untuk menggantikan mineral dan ion tubuh yang hilang melalui keringat, selama berolahraga maupun aktivitas lainnya. Karena itulah air kelapa bermanfaat untuk mengobati dehidrasi akibat diare dan olahraga yang berlebihan.
Rasa manis air kelapa muda berasal dari kandungan gula dalam bentuk glukosa. Glukosa ini berperan sebagai sumber energi  yang bisa langsung digunakan oleh tubuh tanpa harus dicerna. Karena itu pasien yang baru sembuh dari sakit disarankan untuk minum air kelapa untuk mengembalikan  tenaganya.
Karena sifat air kelapa yang steril, efek isotonik serta nilai pH yang mirip dengan plasma darah manusia, dalam kondisi darurat air kelapa bisa digunakan sebagai cairan infuse yang bisa ditransfusikan langsung kedalam tubuh. Darah manusia terdiri dari 55 persen plasma, karenanya minum air kelapa bisa dikatakan sebagai transfuse darah instan. Faktanya, selama Perang Dunia II, air kelapa sering digunakan dalam terapi intravena untuk mengobati tentara yang terluka dengan kondisi plasma darah rendah. Air kelapa muda juga berkhasiat untuk membersihkan darah.
Dalam prinsip Ayurveda, air kelapa muda disebut dapat membantu mencegah pembentukan gas dalam usus dan meningkatkan kemampuan saluran pencernaan untuk menyerap zat gizi. Manfaat lainnya adalah kemampuannya untuk menetralkan racun dari dalam tubuh, terutama untuk kasus keacunan makanan, logam berat dan efek samping dari obat. Air kelapa muda mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai anti virus, bakteri dan jamur, serta berperan meningkatkan sistem imunitas.
Selain itu air kelapa muda juga memiliki efek diuretik sehingga dapat memperlancar buang air kecil dan mencegah batu ginjal. Dr Eugenio Macalalag, direktur Departemen Urologi dari Chinese General Hospital,
Philipina mengatakan bahwa konsumsi air kelapa muda sebanyak 2-3 kali seminggu dapat mengurangi ukuran batu ginjal sehingga tidak perlu dioperasi.
Konsumsi air kelapa juga bermanfaat untuk mencegah proses penuaan. Menurut Dr Bruce Fife, ahli gizi dan naturopati sekaligus direktur Coconut Research Center, Amerika, air kelapa mengandung cytokinin, hormon pertumbuhan yang berperan meremajakan kembali sel dan mencegah proses penuaan. Karena itu mencuci muka dengan air kelapa secara teratur setiap hari dapat membantu menyembuhkan dan menghilangkan jerawat, noda hitam, mencegah kerutan pada wajah, kulit kering, serta membuat wajah tampak lebih berseri.
Wah!!! selain menyegarkan, ternyata banyak sekali manfaat sehat dari air kelapa. Ayo mulai hidup sehat dengan minum isotonik alami ini secara teratur. Segarnya dapat, sehatnya pun juga dapat!. Semoga bermanfaat.
[Sumber: Nirmala]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *