9 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya – Lidah buaya merupakan tanaman asli padang pasir gersang Afrika, dan sering dikenal sebagai lili padang pasir (lily of dessert). Nama ilmiah Aloe bagi lidah buaya berasal dari bahasa arab alloeh, yang artinya pahit, karena lendir pada daging daunnya memang terasa pahit. Lendir alias gel tak berwarna ini dapat dibuat jus dan dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang tinggi seperti vitamin A, B, C, E, betakaroten, serta mineral seng, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, dan fosfor, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sel-sel tubuh, oleh karena itu lidah buaya sering dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk pengobatan jenis penyakit tertentu.

manfaat lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya

1. Memperlambat penuaan.
Ekstrak lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan, pemulihan, dan memperbaiki elastisitas kulit yang rusak. Mempertahankan kelembapan kulit dan meningkatkan kelenturanya, sehingga menghambat proses penuaan.

2. Meningkatkan sistem imun.
Kandungan nutrisi lidah buaya yaitu polisakarida B 1-3 glucomannan dan B 1-4 glucomannan yang dapat merangsang macrophage, yang bermanfaat membantu sistem kekebalan tubuh dengan mengidentifikasi secara dini adanya mikroorganisme dan sel tumor berbahaya, serta membantu memusnahkannya. Senyawa glucomannan tersebut mempunyai sifat menggenjot kekebalan tubuh, termasuk meningkatkan produksi sel dan menggiatkan aktifitas sel darah putih.

3. Menghilangkan rasa sakit.
Senyawa yang mempunyai aktifitas antiradang dalam lidah buaya ternyata juga bersifat analgesic. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa nyeri otot dan nyeri pada persendian, tak terkecuali nyeri akibat radang sendi pada arthritis, dapat diredam dengan mengkonsumsi lidah buaya atau tablet suplemen lidah buaya.

4. Menyembuhkan luka.
Minum jus lidah buaya atau suplemen lidah buaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada pengidap diabetes dan nondiabetes. Lidah buaya mengandung beberapa faktor penumbuh lapisan kulit dan peningkat fungsi sel-sel untuk membentuk lapisan kolagen pengenyal kulit.

5. Sebagai antiradang.
Senyawa fitosterol yang terkandung didalam lidah buaya memiliki kemampuan kuat sebagai zat antiradang, sama seperti obat cortisone, tetapi cortisone alami dalam lidah buaya tidak memiliki efek samping, sehingga aman dikonsumsi.

6. Memperbaiki sistem pencernaan.
Mengkonsumsi lidah buaya secara teratur dapat meningkatkan kerja fungsi pencernaan, meningkatkan penyerapan asupan protein, menyusutkan bakteri dan ragi usus yang tidak bersahabat, serta menigkatkan kadar air dalam kotoran (feses) sehingga memudahkan buang air besar.

7. Meringankan sesak napas pada penderita asma.
Minum jus lidah buaya dapat membantu meringankan penderita pasien asma yang tidak tergantung pada obat-obatan.

8. Sebagai obat batuk.
Lendir atau gel lidah buaya yang dicampur dengan madu kemudian diminum, dapat mengobati batuk. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antibakteri untuk memerangi infeksi sekaligus anti radang alami.

9. Manfaat alami lainnya.
Manfaat lainnya yang didapat dari mengkonsumsi lidah buaya antara lain membantu fungsi sirkulasi darah, limpa, ginjal, hati, dan kantung empedu. Memperkuat kulit dan pori-pori, sehingga mencegah masuknya bakteri penyebab kerusakan pada jaringan sel kulit.

[Gambar dipublikasikan oleh: morguefile.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *