Gejala dan Cara Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Risiko Penyakit Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ penting yang dimiliki oleh setiap manusia. Meskipun sebagian dari mereka hanya memiliki satu ginjal, sebagian besar lainnya secara normal memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen. Organ ini memiliki fungsi sebagai bagian dari sistem ekskresi yang bekerja menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urin. Selain itu ginjal juga memiliki fungsi lain diantaranya; menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengatur kadar kalium dalam darah, menghasilkan hormon, mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa, mengatur volume cairan dalam darah dan lain sebagainya. Setiap harinya ginjal berfungsi memproses sekitar 200 liter darah untuk disaring dan menghasilkan sekitar 2 liter limbah dan ekstra cairan yang berlebih dalam bentuk urin.
gejala penyakit ginjal
Image courtesy of placidway at google.com
Karena itu sangat penting merawat dan menjaga kesehatan ginjal, sebab saat kesehatan ginjal mulai terganggu maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Jeruk: Turunkan Risiko Berbagai Jenis Penyakit

Gejala Penyakit Ginjal

  1. Sering merasakan sakit pada bagian punggung belakang bawah sekitar pinggang dimana organ ginjal itu berada. Jika tiba-tiba terasa sakit dibagian ini jaganlah diabaikan, apalagi telah diketahui rasa sakit itu bukan karena terjatuh atau hal lain yang membuat disekitar pinggang merasakan sakit. Biasanya sakit pada pinggang akan terjadi berulang-ulang jika ginjal bermasalah.
  2. Perubahan frekwensi buang air kecil yang disertai dengan terjadinya perubahan warna pada urin. Perlu diwaspadai jika frekwensi buang air kecil menjadi lebih sering atau sebaliknya menjadi lebih jarang padahal volume minum kita biasa.  Dan juga perhatikan warna urin, apakah  mengalami perubahan dari biasanya atau tidak, ginjal yang bermasalah biasanya warna urin lebih kecoklatan.
  3. Badan terasa sering letih dan kurang bergairah dalam menjalankan beragam aktivitas sehari – hari. Gejala seperti ini harus diwaspadai juga karena bila ginjal mengalami masalah maka tubuh akan kekurangan oksigen dan sel darah merah sehingga membuat badan merasa lelah dan kurang bergairah.
  4. Terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh,  seperti tangan, lengan, kaki, dan pergelangan kaki, bahkan wajah. Pada dasarnya hal ini bisa terjadi karena penumpukkan cairan dalam organ tubuh mana saja yang disebabkan oleh fungsi ginjal tidak lagi mampu menyaring cairan yang masuk kedalam tubuh.
  5. Gangguan terhadap sistem dan saluran pernafasan, seperti sesak nafas atau merasa sering sulit untuk bernafas. Hal ini perlu diwaspadai karena kemungkinan cairan dalam tubuh yang tidak bisa disaring oleh ginjal menumpuk di organ paru – paru, sehingga menyebabkan kesulitan saat bernafas.
  6. Timbul rasa gatal berlebihan pada bagian tubuh. Hal ini disebabkan terjadinya penumpukan kotoran di dalam tubuh dari cairan yang tidak tersaring oleh ginjal dengan sempurna.
  7. Nafsu makan berkurang. Penumpukkan sisa hasil metabolisme dalam tubuh dapat berakibat pada penurunan nafsu makan. Segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau ahli medis lainnya agar diketahui penyebab sebenarnya dan jika terdapat masalah pada organ ginjal dapat terdeteksi lebih awal.
Setelah kita menyadari betapa pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh, tak ada salahnya kita mencoba untuk menjaganya agar tetap sehat dan berfungsi dengan normal sebagaimana mestinya. Berikut cara yang perlu dilakukan agar terhindar dari risiko penyakit ginjal:

 

Cara Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

  1. Makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan daging segar
  2. Tetap fit dengan berolahraga secara rutin
  3. Jaga keseimbangan kadar gula dalam darah dan selalu tetap terkontrol
  4. Periksa tekanan darah secara teratur dan mencoba menjaganya agar tetap normal
  5. Kurangi asupan garam dan minum banyak air putih sehingga ginjal tetap sehat dan segar
  6. Berhenti merokok untuk menjaga organ tubuh tetap sehat termasuk ginjal
  7. Batasi mengkonsumsi pil dan obat-obatan lainnya, coba gunakan cara alami
  8. Periksa fungsi ginjal secara teratur ke dokter
  9. Jika memiliki riwayat keluarga menderita penyakit ginjal, lakukan pemeriksaan ginjal secara rutin
[Sumber: ideadigezt.com]
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *