9 Tips Memperlambat Penuaan Dini Pada Kulit

Memperlambat Penuaan Dini – Banyak faktor yang membuat kulit kita kelihatan lebih cepat tua,di antaranya faktor kelembaban udara, pengaruh sinar matahari, radikal bebas, maupun faktor usia. Hal ini merupakan proses alami yang pasti akan dialami oleh setiap manusia yang hidup. Biasanya proses penuaan terjadi pada usia 25 tahun, dimana fungsi-fungsi tubuh mulai berkurang. Sedangkan penuaan dini adalah proses penuaan pada sel-sel tubuh yang terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat tanda-tanda penuaan dini pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Faktor penyebab tersebut mempercepat akselerasi proses penuaan sel-sel tubuh yang seharusnya terjadi secara alami.

Memperlambat Penuaan Dini

Pada dasarnya, penuaan dini kerap terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum sangat kurang. Sebum merupakan kandungan minyak untuk melindungi dari polusi dan menjaga kelembaban kulit. oleh karena itu kadar sebum yang kurang pada kulit dapat membuat kulit kelihatan keriput dan lebih cepat tua.

Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit nampak kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah). Sinar matahari memiliki peran utama dalam proses penuaan dini pada kulit kita. Hal-hal lain yang kita lakukan sehari-hari juga dapat membuat usia kulit kita lebih cepat mengalami penuaan dari pada yang seharusnya. Untuk membantu mengatasi masalah ini, kita harus memiliki kemauan yang kuat untuk menjalankan pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang menyebabkan penuaan dini. Berikut tips untuk memperlambat dan mengatasi penuaan dini pada kulit:

Tips Memperlambat Penuaan Dini Pada Kulit

1. Lindungi kulit anda dari sengatan sinar matahari secara langsung pada siang hari. Hal ini karena paparan sinar matahari yang terjadi selama bertahun-tahun dapat menyebabkan penuan dini pada kulit, tetapi yang paling merusak adalah pemaparan sebelum usia 18 tahun. Kerusakan pada lapisan kulit yang lebih dalam menyebabkan keriput dan perubahan warna menjadi kuning. Sinar matahari juga menyebabkan penipisan kulit dan bisa merangsang pertumbuhan prekanker. Terlalu lama berada dibawah sinar matahari langsung bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

2. Jika anda perokok, berhentilah. Karena merokok dapat mempercepat penuaan dini pada kulit, bahkan menyebabkan kanker kulit. Perlu anda ketahui bahwa bagian kulit yang sering terpapar langsung oleh rokok dan asapnya berpotensi lebih besar terkena kanker kulit.

3. Makanlah makanan yang sehat dengan melakukan diet seimbang. Temuan dari beberapa studi menunjukkan bahwa makan buah-buahan dan sayur-sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang mengarah ke penuaan dini pada kulit. Temuan dari studi lain juga menunjukkan bahwa diet yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan pada sel-sel tubuh.

4. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol. Minuman yang mengandung alkohol justru akan menyebabkan tubuh anda mengalami dehidrasi dan memaksa ginjal bekerja dua kali untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Akibatnya, kulit secara berlahan menjadi benar-benar kering, dan kehilangan kelembapan alaminya. Selain itu, alkohol juga menguras vitamin A antioksidan yang penting untuk elastisitas kulit. Hal ini membuat kulit kering sehingga rentan terhadap kerutan dan kusam.

5. Berolah raga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga aliran darah secara umum akan meningkat ke seluruh jaringan tubuh termasuk kulit. Manfaatnya terhadap kulit adalah dengan meningkatnya aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat dan awet muda. Selain itu, pembuangan sisa metabolisme dan toksin termasuk juga radikal bebas dari sel-sel kulit menjadi lebih baik.

6. Bersihkan kulit Anda dengan lembut. Menggosok kulit secara kasar dengan tidak lembut dapat membuat kulit Anda menjadi iritasi. Iritasi pada kulit mempercepat penuaan dini kulit. Mencuci dengan lembut membantu menghilangkan polusi, make up, dan zat lain tanpa mengiritasi kulit Anda.

7. Cuci wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat. Keringat, terutama ketika memakai topi atau helm, dapat mengiritasi kulit wajah anda. Oleh karena itu cuci kulit wajah anda sesegera mungkin setelah berkeringat.

8. Oleskan pelembab alami pada wajah setiap hari. Pelembab alami bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar air di kulit kita dan memberikan penampilan yang lebih muda.

9. Berhentilah menggunakan produk perawatan kulit yang menyengat atau membakar. Ketika kulit Anda terasa terbakar atau panas menyengat, itu berarti kulit Anda teriritasi. Iritasi kulit dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *