8 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan – Wortel tergolong kedalam jenis sayur-sayuran yang tumbuh di dalam tanah (sejenis umbi-umbian) yang berwarna oranye/jingga dan memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Sebagai sayuran, Wortel dapat diolah ke dalam berbagai macam bentuk olahan makanan, misalnya jus, makanan ringan, hingga dimasak bersamaan dengan sayuran lainnya. Selain itu kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalam wortel dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. Wortel merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika anda memasukkan wortel ke dalam daftar menu diet sehat anda. Selain sumber tinggi vitamin A, wortel memiliki manfaat luar biasa lainnya yaitu:

manfaat wortel

Manfaat Wortel

1. Menjaga kesehatan mata.
Kandungan beta-karoten dalam wortel diubah menjadi sumber vitamin A dalam hati yang selanjutnya ditransformasikan ke dalam retina. Kita tahu bahwa vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu beta-karoten juga bermanfaat melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak pikun. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi banyak beta-karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

2. Anti kanker.
Kandungan senyawa alcarinol dan falcarindiol dalam wortel dipercaya mampu melindungi akar sel dari penyakit jamur. Sehingga hal ini efektif untuk menangkal berbagai jenis kanker yang sangat mematikan seperti kanker payudara, paru-paru, serta usus besar.

3. Memperlambat proses penuaan.
Kandungan senyawa beta-karoten dalam wortel juga bertindak sebagai antioksidan tinggi yang  melindungi sel dari kerusakan. Hal ini membuat sel-sel tubuh tetap dalam kondisi baik sehingga memperlambat proses penuaan.

4. Mencegah infeksi pada luka.
Haluskan wortel mentah atau yang sudah direbus kemudian gunakan untuk menutupi bagian yang luka. Hal ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi. Zat anti-inflamasi yang terdapat pada wortel mampu merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit anda.

5. Membersihkan racun tubuh.
Kandungan Vitamin A pada wortel membantu mengurangi timbunan lemak di hati  dan membersihkan racun dari tubuh. Selain itu serat yang terkandung didalamnya dapat membantu membersihkan usus besar dan mempercepat proses pembuangan limbah secara alami serta efektif.

6. Menjaga kesehatan gigi dan gusi.
Mengunyah wortel dapat membersihkan gigi dan mulut. Wortel merangsang gusi dan memicu produksi air liur yang membuat mulut menjadi basa, menyeimbangkan asam, dan membunuh bakteri penyebab kerusakan jaringan gigi.

7. Mengurangi risiko penyakit stroke.
Rutin mengkonsumsi sayuran-sayuran seperti wortel dapat mengurangi dan mencegah risiko penyakit stroke yang berakibat fatal pada kematian. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak wortel memiliki resiko terkena serangan jantung hanya sepertiga dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi wortel lebih sedikit.

8. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Serat dalam wortel diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 7 ons setiap hari secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol sebesar 11 persen.

[Gambar dipublikasikan oleh: morguefile.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *