Air Kelapa Ijo: 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Air kelapa ijo dipercaya sangat berguna bagi kesehatan dan pencegahan dari berbagai macam penyakit. Sebenarnya air kelapa ijo bukan hanya menyegarkan untuk diminum, tapi juga memiliki banyak manfaat terhadap  kesehatan tubuh manusia. Air kelapa ijo merupakan minuman yang banyak mengandung vitamin, mineral, protein, antioksidan, asam amino, & enzim penting yang semuanya sangat dibutuhkan oleh sel tubuh manusia . Selain itu juga air kelapa ijo mengandung rendah lemak dan hanya memiliki seperlima dari zat gula yang ditemukan pada sebagian besar jus buah segar. Zat antioksidan yang terkandung di dalam air kelapa ijo dapat bermanfaat menghambat penuaan pada sel-sel tubuh manusia. Seseorang yang mengkonsumsi air kelapa ijo secara rutin akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dan kemungkinan besar akan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

manfaat air kelapa ijo

1. Menetralisir racun dalam tubuh.
Meskipun tidak semua jenis racun yang dapat dinetralisir , Air kelapa ijo telah dipercaya sebagian masyarakat untuk mengobati keracunan yang terjadi pada tubuh manusia. Air kelapa ijo memiliki zat antioksidan yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam lambung dengan cara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun tersebut sudah terlanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui ginjal.

2. Mencegah terjadinya dehidrasi.
Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Pada keadaan yang demikian, pemberian air putih saja tidak cukup. Air kelapa ijo yang kaya akan  kandungan elektrolit, bisa menolong tubuh  anda dari dehidrasi. Hal ini karena tingkat kesamaan air kelapa ijo dengan cairan tubuh manusia membuatnya dapat dengan mudah diserap, dan sekaligus dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa ijo dapat mempertahankan tingkat cairan tubuh dan kandungan potasium yang membantu menjaga tekanan air dalam sel dan darah.

3. Memperbaiki sistem imunitas tubuh.
Air kelapa ijo mengandung asam laurat yang merupakan  zat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Dalam jumlah kecil air kelapa ijo juga mengandung glutamin dan arginin yang mampu membantu melawan virus. Jadi air kelapa ijo juga bisa di andalkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh kita.

Baca juga: 8 Manfaat Tersembunyi Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

4. Menangkal radikal bebas.
Di zaman industri sekarang ini perlu diwaspadai efek berbahaya dari radikal bebas yang ditimbulkan. Hal ini karena limbah industri yang banyak menyebabkan polusi baik udara, air, & tanah. Tubuh manusia tidak akan mampu menampung polutan-polutan berbahaya yang disebabkan oleh polusi tersebut.  Air kelapa ijo dipercaya mengandung  zat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mampu membantu tubuh manusia melawan efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Usahakan anda memilih air kelapa ijo murni yang langsung dari buahnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih sempurna.

5. Pengganti ion tubuh / menambah energi.
Air kelapa ijo dapat mengganti ion tubuh yang hilang seusai melakukan aktivitas yang melelahkan dan bisa menambah energi dalam tubuh. Untuk anda yang memiliki beberapa masalah kesehatan, air kelapa ijo bisa menormalisasi dan memberikan tambahan energi bagi tubuh.

6. Mencegah batu ginjal.
Air kelapa ijo memiliki daya larut yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk mencegah terjadinya penyumbatan saluran kencing anda. Suatu penelitian pernah dilakukan kepada pasien penderita batu ginjal yang sembuh setelah mengkonsumsi air kelapa . Ternyata air kelapa yang berfungsi sebagai diuretik ini dapat mengeluarkan batu ginjal pada pasien tersebut. Tentunya batu tersebut berukuran sangat kecil. Tapi jika batunya sudah lebih besar dari saluran kencing, air kelapa tidak bisa Anda andalkan.

7. Menstabilkan tekanan darah.
Salah satu manfaat dari air kelapa ijo adalah membantu mencegah tekanan darah tinggi /hipertensi. Selain itu air kelapa ijo juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium, yang keduanya membantu untuk menurunkan tekanan darah anda secara alami.

8. Menjaga tubuh agar tetap sehat.
Kandungan nutrisi yang terkandung dalam air kelapa ijo seperti vitamin C, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin dan biotin dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Itulah beberapa  manfaat air kelapa ijo untuk kesehatan tubuh manusia, dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Dan disarankan juga banyak minum air putih agar cairan tubuh seimbang sehingga bisa lebih sehat dan bugar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *