7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Brokoli adalah sejenis tanaman sayuran yang dapat dikonsumsi sebagai bahan makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Tanaman brokoli ini berasal dari Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak masa Yunani Kuno. Pada sekitar tahun 1970-an tanaman sayuran ini masuk ke Indonesia dan cukup populer sebagai bahan pangan.

Manfaat Brokoli

Brokoli memiliki manfaat gizi yang mengesankan bagi kesehatan tubuh manusia, Mengandung berbagai macam vitamin seperti  vitamin C, A, E, B, dan K yang dibutuhkan oleh semua organ dan struktur tubuh untuk menjalani fungsinya masing-masing serta menjaga sistem kekebalan terhadap penyakit. Selain itu kandungan mineral  seperti Kalsium, Kalium, Besi, Fosfor, Zinc, Mangan, dan Magnesium  yang berguna bagi metabolisme tubuh, mengatur keseimbangan kadar air, dan kesehatan tulang.

Brokoli juga kaya akan zat antioksidan dan fitokimia yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Fitokimia merupakan segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan, termasuk sayuran dan buah-buahan. Penelitian menunjukkan bahwa  Fitokimia dalam brokoli baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Mereka diantaranya termasuk glucobrassicin; karotenoid, seperti zeaxanthin dan beta -karoten; dan kaempferol, flavonoid.

Antioksidan adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh atau ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Antioksidan dapat membantu menangkal dan menetralisir radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh manusia. Radikal bebas adalah sebuah molekul tidak stabil yang dihasilkan selama proses metabolisme  tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel yang berakibat buruk menjadi kanker.

Brokoli adalah sumber yang baik dari lutein, senyawa antioksidan, dan sulforaphane, yang merupakan antioksidan yang sangat ampuh. Berikut adalah fakta-fakta kesehatan tentang manfaat alami nutrisi yang terkandung di dalam brokoli:

Manfaat Brokoli

1. Menurunkan kolesterol.
Sayuran hijau satu ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena brokoli mengandung serat tinggi yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Anda bisa mengkonsumsi brokoli dengan mudah, bisa dengan menumisnya dan membuat sup brokoli atau lainnya.

2. Menjaga kesehatan jantung.
Selain menurunkan kolesterol, brokoli baik untuk kesehatan jantung dengan membantu melindungi dan menjaga pembuluh darah agar tetap kuat. Sulforaphane dalam brokoli juga merupakan zat anti – inflamasi dan memungkinkan dapat mencegah kerusakan lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh masalah gula darah yang kronis. Dan vitamin B kompleks pada sayuran ini dapat membantu mengatur atau mengurangi homocysteine yang berlebihan. Homocysteine merupakan asam amino yang terbentuk setelah seseorang makan daging merah, hal ini memicu risiko penyakit arteri koroner.

3. Mencegah Kanker.
Mungkin manfaat kesehatan yang paling umum di ketahui terhadap brokoli adalah kemampuannya yang dapat membantu mencegah kanker.  Brokoli merupakan sayuran cruciferous, dan semua sayuran dalam kelompok ini dapat melindungi dan mencegah kanker, termasuk kanker payudara. Cruciferous memiliki substansi yang dikenal dengan glukosinolat. ketika diproses di dalam mulut, glukosinolat itu terpecah menjadi banyak sub-subtansi, yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kanker.

4. Menjaga Kesehatan mata.
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa wortel baik untuk kesehatan mata, dan itu karena wortel sumber dari lutein yang baik. Lutein adalah senyawa antioksidan yang benar-benar baik untuk kesehatan mata, dan brokoli juga merupakan sumber nutrisi yang baik. Antioksidan lain yang terkandung dalam brokoli yang disebut zeaxanthin juga sama menguntungkan. Kedua bahan kimia ini dapat membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula, suatu kondisi yang tak tersembuhkan yang mengaburkan penglihatan sentral, dan katarak, kekeruhan lensa mata.

5. Baik untuk pencernaan.
Kandungan serat yang tinggi pada brokoli baik untuk proses pencernaan. Brokoli memiliki sekitar 1 gram serat per 10 kalori. Serat memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.

6. Anti – inflamasi.
Brokoli memiliki peran besar sebagai sumber zat anti- inflamasi dan bermanfaat memperlambat kerusakan sendi yang berhubungan dengan osteoarthritis.  Osteoarthritis adalah suatu radang sendi yang banyak dijumpai pada orang berusia 65 tahun keatas. Kandungan senyawa antikanker sulforaphane pada brokoli dapat membantu orang yang menderita arthritis karena bahan kimia, mengeblok enzim yang menyebabkan kerusakan sendi dengan menghentikan molekul utama yang diketahui sebagai penyebab peradangan.

7. Detoksifikasi.
Kandungan senyawa nutrisi glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin membuat brokoli baik digunakan untuk detoksifikasi.  Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Secara alami proses ini dilakukan oleh tubuh melalui buang air besar dan air kecil. Manfaat detoks lainnya adalah menghilangkan radikal bebas, menjaga sel sel sehat, dan membersihkan lender dalam tubuh.

Itulah 7 Manfaat Alami brokoli Bagi Kesehatan yang dapat membantu anda dalam upaya menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Anda dapat memilih brokoli sebagai salah satu sayuran untuk kebutuhan pangan sehari-hari demi mendapatkan manfaat hebat yang terkandung di dalamnya.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *