Perawatan Kulit: 7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan

Perawatan Kulit – Merawat kulit menjadi lebih sehat dan segar memang menjadi salah satu hal terpenting bagi sebagian wanita, apalagi jaman sekarang yang serba modern dan penuh gaya, seorang wanita pastinya ingin terlihat lebih cantik dan mempesona, serta memiliki kulit yang cerah. Namun, ada kalanya tanpa kita sadari saat melakukan perawatan kulit dengan menggunakan berbagai macam produk dari yang murah sampai yang mahal, terkadang tak mendapatkan manfaat apapun. Hal ini berarti, perawatan yang telah kita lakukan sia-sia. Berikut beberapa hal atau kebiasaan perawatan kulit yang tanpa kita sadari, bahkan malah dapat merusak kulit.

kesalahan-yang-sering-dilakukan-terhadap-perawatan-kulit
Image courtesy of Luke Lehrfeld at flickr.com (CC)

Kesalahan Terhadap Perawatan Kulit

1. Sembarangan Menggunakan Sabun Untuk Muka

Hal ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. Meskipun kelihatannya sabun cuci muka dan sabun mandi mempunyai manfaat yang sama, yaitu mengangkat kotoran dari permukaan kulit. Namun kedua jenis sabun tersebut sebenarnya memiliki kadar PH dan kandungan yang berbeda. Sehingga tak jarang dari kita saat menggunakan sabun mandi sebagai sabun cuci muka, maka kulit wajah kita akan terasa kering dan kasar.

2. Kurang Minum Air Putih

Kekurang mengonsumsi air putih ternyata tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh. Pasalnya kekurangan air ini juga dapat menyebabkan kulit terasa kering, bersisik, dan kelihatan kusam. Tak hanya itu, bakteri maupun virus juga akan lebih mudah menempel pada permukaan kulit yang kering. Jadi, sebaiknya jangan lupa untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari agar kulit terlihat sehat dan segar.

3. Menggunakan Tisu Wajah

Terdapat beberapa jenis tisu wajah yang mengandung bahan-bahan kimia dan alkohol dengan kadar yang cukup tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kulit wajah bagian luar menjadi kering. Pada saat menggosok dengan kuat pada kulit, khususnya di sekitar bagian kulit mata, tisu dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.

4. Malas Untuk Menggunakan Tabir Surya

Mengoleskan tabir surya pada tubuh setiap kali hendak keluar rumah memang menjadi sebuah keharusan bagi seorang wanita akhir-akhir ini. Pasalnya, membiarkan kulit terpapar dengan sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan dari tabir surya akan dapat menyebabkan banyak hal negatif yang akan terjadi pada kulit cantik Anda. Mulai dari kulit kering, terasa terbakar, flek hitam, hingga yang paling cukup berbahaya adalah timbulnya kanker kulit.

5. Salah Menggunakan Pelembap

Selain menggunakan tabir surya ketika hendak keluar rumah, mengoleskan pelembab setiap hari pun dapat menjadi sebuah kewajiban bagi seorang wanita yang ingin terlihat lebih cantik. Karena tak hanya dapat melembabkan, pelembab juga mengandung nutrisi tertentu untuk kulit. Tapi, meskipun produk yang Kita gunakan merupakan produk yang paling mahal dan paling baik sekalipun, jika produk tersebut tak sesuai dengan kebutuhan kulit Kita, maka justru akan merusak kulit. Jadi, menggunakan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan kulit  sangatlah penting untuk dilakukan.

6. Tidak Membasuh Leher Bagian Belakang Sehabis Keramas

Saat keramas, maka cairan sisa shampoo yang kita gunakan akan mengalir turun ke bagian belakang leher. Jika Kita tak membilasnya menggunakan sabun, maka cairan tersebut akan berpotensi menutup pori-pori kulit dan akan menyebabkan munculnya jerawat pada bagian leher dan punggung. Solusi paling tepat adalah dengan melakukan keramas sebelum menggunakan sabun muka maupun sabun mandi.

7. Memegang Wajah Saat Tangan Kotor

Tanpa disadari, seringkali Kita memegang bagian wajah dengan menggunakan tangan yang belum Kita cuci terlebih dahulu. Padahal, jika hal ini dilakukan maka pori-pori wajah kita yang tersentuh akan menjadi kotor. Terlebih lagi jika Kita sedang memiliki jerawat, maka jerawat tersebut dapat dipastikan akan lebih meradang daripada sebelumnya.

Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *